PSM Cuma Rayakan Juara Liga 1 di Parepare, Tidak di Makassar

Manajemen tidak ingin berlebihan merayakan gelar juara

Makassar, IDN Times - PSM Makassar cuma mengagendakan konvoi perayaan gelar juara BRI Liga 1 2022-23 di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, sebagai homebase mereka musim ini. Tidak ada rencana perayaan di Kota Makassar.

Manajemen klub menyatakan rencana perayaan di Makassar tidak masuk dalam rencana, seperti isu yang beredar di media sosial.

"Tidak ada agenda membawa tim yaitu pemain, pelatih dan ofisial untuk konvoi juara keliling Makassar. Kalau ada informasi yang mengatasnamakan manajemen, itu hanya sepihak. Kami malah tidak tahu menahu soal itu," ungkap Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Kamis malam (13/4/2023).

Baca Juga: PSM dan Bali United Bersaing untuk Tiket Liga Champions Asia

1. Selebrasi gelar juara hanya diadakan di Kota Parepare

PSM Cuma Rayakan Juara Liga 1 di Parepare, Tidak di MakassarPesepak bola PSM Makassar Yacob Sayuri melakukan selebrasi di hadapan suporter usai mencetak gol ke gawang Rans Nusantara FC pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Senin (30/1/2023). ANTARA FOTO/Erick Didu/ABHE/foc.

Sulaiman menyebut bahwa kebijakan manajemen meniadakan konvoi di Kota Makassar demi menghormati kepentingan para pemain. Alhasil, pesta buka puasa gelar 23 tahun cuma berlangsung di Bandar Madani, tepatnya Stadion Gelora BJ Habibie Parepare.

"Kasihan juga pemain, pelatih dan ofisial kalau konvoi lagi di Makassar. Pasti sudah capek, ada juga yang sudah mau pulang ke kampungnya halamannya masing-masing. Apalagi ini kan juga bulan puasa," sambung Sulaiman.

2. Manajemen merasa kurang elok melakukan perayaan secara berlebihan

PSM Cuma Rayakan Juara Liga 1 di Parepare, Tidak di MakassarPesepakbola dan official PSM Makassar dan diikuti suporternya melakukan pawai kemenangan di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (7/8/2019). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Di sisi lain, pihak manajemen tetap mengapresiasi niatan warga Makassar untuk mengarak Wiljan Pluim dkk serta trofi BRI Liga 1 2022-23 yang sudah lama diidam-idamkan. Tapi, perayaan disebut sudah cukup di Parepare. Dan juga mereka tak ingin larut dalam euforia lantaran musim 2023-24 disebut akan segera bergulir.

"Kurang elok juga jika kita berlebihan merayakan sebuah kemenangan. Apalagi kompetisi berikutnya segera bergulir, yang justru memerlukan persiapan yang jauh lebih matang. Apalagi dengan beban mempertahankan kinerja dan gelar juara," pungkas Sulaiman.

3. Sebelumnya, sejumlah kelompok suporter rencanakan konvoi pada 17 April

PSM Cuma Rayakan Juara Liga 1 di Parepare, Tidak di MakassarSuporter PSM Makassar menyalakan flare usai nonton bareng pertandingan BRI Liga 1 antara PSM Makassar melawan Madura United di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (31/3/2023). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom.

Sebelumnya, sejumlah kelompok suporter sudah merencanakan arak-arakan juara akan berlangsung pada Senin pekan depan (17/4/2023). Rutenya bahkan sudah ditentukan, yakni dimulai dari Kabupaten Gowa yang menjadi tempat latihan Pasukan Ramang musim ini.

Selepas laga pekan penutup kontra Borneo FC Samarinda pada hari Minggu mendatang (16/4/2023), PSM sudah ditunggu agenda play off perebutan tiket ke fase kualifikasi AFC Champions League. Mereka akan melawan Bali United, juara Liga 1 musim lalu.

Baca Juga: Rasyid Bakri, Loyalitas Sang Pangeran Bawa PSM Makassar Juara Liga 1

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya