PSM Bisa "Hadiahi" Tiket AFC Champions League untuk Juara Liga 1

Berkat keberhasilan Wiljan Pluim dkk lolos ke fase gugur

Makassar, IDN Times - Siapa sangka, keberhasilan PSM Makassar lolos ke fase gugur AFC Cup 2022 bisa berdampak positif ke pemenang Liga 1 musim 2022/23. Dalam ranking kompetisi terkini, PSM dan Bali United menyumbang 5,85 poin berkat keikutsertaan mereka di ajang antarklub Asia level kedua.

Wiljan Pluim dkk bahkan mengantongi 3,09 poin di klasemen koefisien, berkat sekali imbang dan menang sepanjang fase penyisihan Grup H. Sedangkan Serdadu Tridatu asuhan Stefano Cugurra hanya memetik 2,76 poin saja.

1. PSM dan Bali United mengantar Indonesia ke peringkat 25 kompetisi klub AFC

PSM Bisa Hadiahi Tiket AFC Champions League untuk Juara Liga 1Salah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Menurut FootyRankings.com, PSM dan Bali United membawa Indonesia bertengger ke ranking 25 kompetisi klub AFC, dan peringkat 11 wilayah Asia Timur. Cuma terpisah 3,5 poin dari Australia yang duduk setingkat lebih tinggi. Tapi, ini sudah cukup untuk membawa salah satu tim Liga 1 langsung lolos ke fase grup AFC Champions League.

"Tim asal Indonesia bisa langsung tampil, jika klub-klub asal Korea Utara tak bisa mengantongi lisensi AFC. Ini adalah kesempatan besar, dan kita bisa saja melihat hal tersebut," demikian cuitan mereka di akun Twitter @FootyRankings pada Jumat lalu (1/7/2022).

2. Peluang semakin besar jika klub Korea Utara tidak berhasil mendapat lisensi AFC

PSM Bisa Hadiahi Tiket AFC Champions League untuk Juara Liga 1Salah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 Tampines Rovers melawan PSM Makassar di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Korea Utara, yang berada di peringkat 23 kompetisi AFC, sudah tak mengirim wakil ke kompetisi kontinental sejak tahun 2020. AFC Cup 2022 Zona Asia Timur bahkan cuma diikuti klub-klub asal Taiwan dan Hong Kong. Tak jelas alasan kenapa federasi sepak bola negara pimpinan Kim Jong-un itu cenderung "adem ayem."

Jumlah poin Indonesia berpotensi masih bisa bertambah, jika skuat Juku Eja mampu melaju lebih jauh di fase knock-out. Laga semifinal Zona ASEAN melawan utusan Malaysia, Kedah Darul Aman FC, dilangsungkan dalam format single match pada 9 Agustus mendatang.

Baca Juga: Borneo FC Vs PSM di Piala Presiden, Tavares Akui Kekuatan Pesut Etam 

3. Pasukan Ramang akan berhadapan dengan Kedah Darul Aman FC pada Agustus mendatang

PSM Bisa Hadiahi Tiket AFC Champions League untuk Juara Liga 1Selebrasi para pemain Kedah Darul Aman FC dalam laga babak penyisihan Grup G AFC Cup 2022 versus Visakha FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis 30 Juni 2022. (the-afc.com)

Terakhir kali klub tanah air berkompetisi di babak penyisihan grup AFC Champions League yakni pada edisi 2011. Saat itu, Arema FC berhak tampil otomatis lantaran saat koefisien kompetisi Indonesia pada awal dekade 2010-an masih yang tertinggi se-ASEAN.

Di sisi lain, poin Indonesia di ranking kompetisi Asia berpotensi masih akan bertambah. Dengan catatan Pasukan Ramang mampu menekuk Sang Kenari, dan sanggup melaju lebih jauh dalam fase knock-out AFC Cup 2022.

Baca Juga: Dibekuk Borneo FC, Pelatih PSM: Kita Ternyata Lawan Dua Tim

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya