PS TIRA-Persikabo vs PSM: Berebut Status Penguasa Pakansari

Kedua tim sama-sama mengincar poin penuh demi tren positif

Rabu 29 Mei 2019, Stadion Pakansari Cibinong - Bogor, 21:30 WITA (Live O Channel)

Makassar, IDN Times - Pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 mempertemukan PS TIRA-Persikabo dan PSM Makassar. Duel ini termasuk menarik lantaran status kedua kesebelasan yang sama-sama "menghuni" Pakansari, arena berkapasitas 30 ribu penonton yang terletak di Cibinong. Saat TIRA-Kabo memang berkandang di situ untuk kali kedua, PSM menggunakannya sebagai markas kala melakoni helatan AFC Cup.

Kandang rasa tandang bagi Pasukan Ramang? Mungkin saja. Akan tetapi, sang empu Cibinong tak bisa dipandang sebelah mata. Usai menekuk Badak Lampung FC tiga gol tanpa balas di pekan pertama, mereka melewatkan pekan kedua lantaran partai kontra Persib harus dipindahkan ke hari lain. Alhasil mereka jeda selama sepekan lebih, memberi banyak waktu untuk persiapan khusus jelang bersua PSM.

Baca Juga: Perbandingan Antar Lini PS TIRA-Kabo dan PSM: Parade Para Legiun Asing

1. PS TIRA-Persikabo siap turun dengan amunisi penuh

PS TIRA-Persikabo vs PSM: Berebut Status Penguasa PakansariLiga-Indonesia.id

Menghadapi laga kontra sang runner-up klasemen sementara, pelatih TIRA-Kabo, yakni Rahmad Darmawan menegaskan, anak asuhnya sudah siap 100 persen. Dia tak menepis bahwa 'mesin tempur' PSM sudah panas berkat AFC Cup. Namun, coach RD berjanji akan mengatasi perlawanan tim tamu di kandang sendiri.

"PSM adalah tim yang sudah dibangun sejak tiga tahun lalu. Kami akan berusaha mengatasi mereka di sini (Bogor). Butuh kerja yang lebih kuat lagi, motivasi yang lebih tinggi lagi, dan kemauan yang lebih keras lagi. Karena penting bagi kami untuk merebut tiga poin di kandang sendiri," pungkas eks pelatih Sriwijaya FC tersebut dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Selasa (28/5) kemarin.

Lebih jauh, RD memastikan Loris Arnaud sudah bisa tampil di laga ini pasca jalani sanksi 'warisan' musim kemarin. Juru gedor asal Prancis itu bahkan sudah terlihat dalam sesi latihan Laskar Loreng pada Selasa sore. Berarti, mereka akan tampil dengan trisula andalan Osas Saha - Arnaud - Ciro Alves yang sudah menjadi andalan sejak kompetisi Piala Presiden.

2. Bagi PSM, berlaga di Stadion Pakansari ibarat tampil di rumah sendiri

PS TIRA-Persikabo vs PSM: Berebut Status Penguasa PakansariLiga-Indonesia.id

Sementara itu dari kubu PSM, Darije Kalezic selaku pelatih menyebut bahwa anak asuhnya sudah akrab dengan atmosfer Pakansari lantaran sudah menggunakannya sebanyak tiga kali. Ia menyebut Juku Eja ibaratnya bak tampil di rumah sendiri. Tentu saja ini menjadi sebuah keuntungan bagi Marc Klok dkk yang hendak meneruskan tren positif yang sudah direngkuh selama dua laga.

"Persiapan kami berjalan bagus. Kami sudah main tiga kali di Pakansari. Besok yang keempat. Sudah terasa seperti kandang sendiri. Persiapan kami berjalan dengan bagus. Kami memainkan pertandingan terakhir dengan kemenangan 4-0 serta memiliki waktu cukup untuk pertandingan besok," ujar juru taktik asal Swiss tersebut.

Tanpa sang kapten Wiljan Pluim yang jalani pemulihan cedera lutut di Belanda, Kalezic bakal sedikit mengubah susunan di lini tengah. Rasyid Bakri menjadi salah satu opsi lantaran tengah dalam kondisi on fire. Sebiji gol yang dilesakkan gelandang 28 tahun itu pekan lalu jadi bukti sahih.

3. Rasyid Bakri siap mengganti peran sang kapten Wiljan Pluim di lini tengah Pasukan Ramang

PS TIRA-Persikabo vs PSM: Berebut Status Penguasa PakansariLiga-Indonesia.id

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PS TIRA-Persikabo (4-3-3) :

Angga Saputra; Vava Mario Yagalo, Khurshed Beknazarov, Andy Setyo Nugroho, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Parfait Essengue, Rezky Ikhwan; Osas Saha, Loris Arnaud, Ciro Alves

PSM (4-2-3-1) :

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Beny Wahyudi; Marc Klok, Rizky Pellu; Zulham Zamrun, Rasyid Bakri, M Rahmat; Eero Markkanen

Nah, kepada siapa status penguasa Pakansari sesungguhnya akan tersemat?

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya