Comscore Tracker

Pimpin Uji Coba, Milo Sebut PSM Makassar Belum Kompak

PSM menang  4-0 atas tim amatir Khaka FC

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menghelat laga uji coba ketiganya pada Sabtu sore (10/7/2021). Bertempat di Lapangan Yonsipur 8/SMG Moncongloe, Kabupaten Maros, mereka menang atas tim amatir Khaka FC dengan skor 4-0.

Memimpin Juku Eja untuk kali pertama, pelatih Milomir Seslija tidak mengutak-atik susunan tim utama. Hasyim Kipuw dan Erwin Gutawa diplot sebagai palang pintu. Bek muda Edgard Amping dipercaya turun sejak menit pertama.

Tak ada nama Wiljan Pluim di sektor tengah lantaran masih dibekap cedera. Rasyid Bakri diplot sebagai pengatur serangan, bersama Sutanto Tan serta Muhammad Arfan. Sektor depan masih dipercayakan pada trio Ilham Udi Armaiyn-Anco Jansen-Rizky Eka Pratama.

Baca Juga: Resmi Jadi Pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija Ungkap Target di Liga

1. Penyerang anyar Anco Jansen mencetak dua gol

Pimpin Uji Coba, Milo Sebut PSM Makassar Belum KompakPenyerang PSM Makassar, Anco Jansen, dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center pada Rabu 7 Juli 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Anco Jansen kembali tampil moncer. Ia mencetak gol pembuka di menit ke-37 lewat tendangan penalti. Hanya semenit berselang, penyerang asal Belanda itu menggandakan keunggulan setelah menerima asis Rasyid Bakri.

Jika ditotal sejak uji coba pertama, Anco sudah menjebol gawang tim lawan sebanyak enam kali, atau rata-rata dua gol di tiap pertandingan.

Dua gol lain PSM Makassar dicetak oleh Rizky Eka Pratama di menit ke-41, serta Saldy Amiruddin (76') mengganti Anco di pertengahan babak kedua.

Abdul Rahman Sulaeman kembali mendapat menit bermain. Bek tengah 33 tahun tersebut masuk pada babak kedua, mengisi pos Erwin Gutawa yang ditarik keluar.

2. Para pemain PSM Makassar disebut harus lebih mengasah kekompakan

Pimpin Uji Coba, Milo Sebut PSM Makassar Belum KompakPemain PSM Makassar Rasyid Bakri (kiri) dan Junius Bate (kanan) dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center pada Jumat 9 Juli 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara selepas waktu normal rampung, coach Milo mengatakan laga kontra Khaka FC jadi kesempatan melihat potensi timnya. Secara umum, ia menyebut Zulkifli Syukur cs masih harus membenahi banyak hal. Salah satunya mengasah kekompakan.

"Banyak hal harus dikerjakan. Dari segi intensitas kita harus menaikkannya perlahan. Mulai dari penyerangan, bertahan, serta kreativitas. Hari ini mereka tidak terlalu bermain seperti tim," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

"Untuk saya, hasilnya tidak terlalu penting. Saya cuma ingin melihat bagaimana mereka bereaksi, melakukan usaha di lapangan, saat menyeran dan bertahan. Masih banyak yang perlu diperbaiki," lanjut pelatih berpaspor Bosnia-Herzegovina tersebut.

3. Milomir Seslija menyebut Juku Eja beruntung bisa tetap menggelar uji coba di masa PPKM

Pimpin Uji Coba, Milo Sebut PSM Makassar Belum KompakPelatih PSM Makassar Milomir Seslija saat memimpin latihan tim di Bosowa Sport Center pada Kamis 8 Juli 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Lebih jauh, Milo menyebut PSM beruntung masih berkesempatan menggelar uji coba di masa gelombang kedua pandemik COVID-19. Ia berharap Pasukan Ramang selanjutnya mendapat lawan tangguh.

"Semoga kita melawan tim tangguh di laga selanjutnya. Karena kita bisa melihat sejauh mana kemampuan mereka. Kita cukup beruntung bisa beruji coba sekarang. Tidak banyak tim yang bisa melakukannya di situasi sekarang," tutup juru taktik 56 tahun itu.

Berikut susunan pemain PSM Makassar (4-3-3) :

Hilman Syah (Syaiful Syamsuddin, 46'); Zulkifli Syukur (Muhammad Fahri, 62'), Hasyim Kipuw (Renaldi, 69'), Erwin Gutawa (Abdul Rahman Sulaeman, 46'), Edgard Amping (Abdul Rachman, 46'); Rasyid Bakri (Yakob Sayuri, 46'), Muhammad Arfan (M. Farhan Rahman, 69'), Sutanto Tan (M. Rafly Asrul, 62'); Ilham Udin Armaiyn (Reza Abdillah, 70'), Anco Jansen (Saldy Amiruddin, 62'), Rizky Eka Pratama (Friska Womsiwor, 62')

Baca Juga: Profil dan Rekam Jejak Milomir Seslija, Pelatih Baru PSM Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya