Piala Indonesia: PSM vs Madura United, Dihantui Masalah Kebugaran

Bentrok dua raksasa yang kelelahan?

Minggu 30 Juni 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 16:30 WITA

Makassar, IDN Times - Duel leg pertama semi final Piala Indonesia 2018/19 antara PSM dan Madura United ini sejatinya dihantui masalah kebugaran. Juku Eja selaku tuan rumah baru saja kembali dari Jakarta, jalani pemusatan latihan leg kedua fase gugur AFC Cup 2019 Zona ASEAN kontra Becamex Binh Duong. Meski agregat akhir imbang 2-2, sang wakil Vietnam berhak melaju ke final berkat agresifitas gol tandang.

Madura United bahkan lebih mepet. Laskar Sapeh Kerrab baru rampungkan perempat final pada Kamis (27/6) kemarin setelah tundukkan tim tetangga, Persebaya, di Pamekasan. Istirahat sehari, mereka baru tiba di Makassar pada Sabtu (29/6) siang. Pelatih Madura United, Dejan Antonic, langsung menyoroti jadwal padat. Ia menyebut jika Greg Nwokolo dan kawan-kawan bukan robot yang selalu bermain tanpa merasakan lelah sedikit pun.

Baca Juga: FOTO: Persiapan Terakhir PSM Makassar Jelang Bersua Madura United

1. Opsi rotasi mungkin saja tengah dipertimbangkan Darije Kalezic, pelatih kepala PSM

Piala Indonesia: PSM vs Madura United, Dihantui Masalah KebugaranInstagram.com/psm_makassar

Darije Kalezic, kepala dapur taktik PSM, rupanya enggan permasalahkan potensi skedul dempet dengan performa anak asuhnya. Tampil baik sepanjang dua laga terakhir disebutnya jadi bukti sahih performa Wiljan Pluim cs akan selalu berada dalam kondisi terbaik, termasuk jelang bersua Madura United.

Namun, ia tak menutup kemungkinan rotasi akan dilakukan. Nama Bayu Gatra, --eks winger Madura United 2016-2018-- langsung mengemuka. "Apa yang ditunjukkan Bayu selama latihan tentu untuk PSM. Saya senang ia berada dalam tim. Dia sudah bekerja keras demi adaptasi," papar sosok berpaspor Swiss itu dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu (29/6).

Kalau rotasi benar-benar dilakukan, Bayu hanyalah satu dari beberapa pemain yang berpotensi turun sebagai starter. Beberapa opsi yang tersedia antara lain bek kanan Hasyim Kipuw, bek tengah Munhar, gelandang M. Arfan ditambah winger muda Saldy Amiruddin.

2. Dejan Antonic, juru taktik Madura United, telah siapkan pengganti Zulfiandi dan Andik Vermansyah yang absen

Piala Indonesia: PSM vs Madura United, Dihantui Masalah KebugaranInstagram.com/maduraunited.fc

Dari kubu tamu, Madura United melawat tanpa kekuatan penuh. Tidak ada winger lincah Andik Vermansyah akibat cedera saat MU bersua Persebaya yang memaksanya menepi minimal dua pekan. Zulfiandi pun harus absen lantaran akumulasi kartu kuning. Akan tetapi coach Dejan tak merisaukan skuad timpang.

"Tidak ada Zulfiandi karena (akumulasi) kartu kuning dan Andik karena cedera. Saya pun komplain dengan jadwal. Tapi Puji Tuhan semua baik-baik saja. Ada beberapa pemain yang sudah kembali dalam tim. Mereka siap bekerja keras, karena besok kedua kesebelasan akan bermain bagus," tukas sosok kelahiran Serbia itu dalam kesempatan yang sama.

Lini serang boleh saja kehilangan Andik, akan tetapi komposisinya tetap berisi sejumlah nama "menakutkan". Ada Beto Goncalves, Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic, Engelberd Sani dan bahkan Marckho Meraudje yang bisa diplot sebagai winger dadakan.

3. Duel di Mattoanging pada Minggu (30/6) sore adalah yang pertama dari tiga pertemuan beruntun Juku Eja dan Laskar Sapeh Kerrab sepanjang pekan ini

Piala Indonesia: PSM vs Madura United, Dihantui Masalah KebugaranPSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-3-3) :

Rivky Mokodompit; Hasyim Kipuw, Munhar, Abdul Rahman Sulaeman, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim; Saldy Amiruddin, Ferdinand Sinaga, Bayu Gatra

Madura United (4-3-3) :

Muhammad Ridho; Marckho Meraudje, Fachrudin Aryanto, Jaimerson Xavier, Alfath Fathier; Slamet Nurcahyo, Syahrian Abimanyu, David Laly; Engelberd Sani, Beto Goncalves, Greg Nwokolo

Baca Juga: Catatan Pertemuan PSM vs Madura United, Bentrok Sengit Dua Raksasa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya