Piala Indonesia: PSM Vs Bhayangkara FC, Saatnya Menjaga Momentum

PSM akan bermain di kandang, suporter jadi salah satu kunci

Jumat 3 Mei 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 16:30 WITA (Live Jawa Pos TV)

Makassar, IDN Times - PSM baru saja pastikan diri lolos ke fase gugur AFC Cup setelah menang dramatis atas Home United, Selasa (30/4) dengan cara sensasional. Sempat tertinggal 0-2, mereka bangkit membalikkan skor menjadi 3-2 saat waktu normal hanya menyisakan 30 menit.

Kini, fokus langsung dialihkan pada leg kedua babak perempat final Piala Indonesia. Menjamu Bhayangkara FC di Mattoanging, sang tuan rumah punya misi wajib menang jika ingin merebut satu tiket ke babak semifinal. Di atas kertas, itu bukan tugas mudah mengingat mereka ditekuk 4-2 kala bertamu ke Stadion PTIK, sepekan silam.

Meski begitu, publik Kota Daeng berharap tim kesayangan mereka sanggup balikkan keadaan, mengulang epic comeback di Bogor beberapa hari lalu. Intinya, ada momentum yang harus dijaga. PSM minimal harus menyarangkan dua gol tanpa kebobolan sebab mengantongi bekal dua gol tandang.

Baca Juga: PSM Keok, Kalezic: Kami Tak Bermain dengan Baik

1. Darije Kalezic, pelatih PSM: Saya percaya kami bisa mencapai semifinal

Piala Indonesia: PSM Vs Bhayangkara FC, Saatnya Menjaga MomentumInstagram.com/psm_makassar

Dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan pada Kamis (2/5), pelatih PSM Darije Kalezic berujar jika dirinya banyak belajar hasil leg pertama. Saat itu timnya keteteran sepanjang 20 menit pertama, samakan kedudukan 2-2, kemudian kembali tertinggal. Wiljan Pluim cs diminta mengulang performa apik saat menekuk Home United di AFC Cup.

"Sekarang jika kami ingin menang, semua harus berubah sejak 20 menit pertama. Kemenangan di Bogor (AFC Cup) sudah lewat, saya mengatakan hal demikian kepada para pemain di ruang ganti," ujar Darije.

Dia mengakui, persiapan timnya singkat, namun harus bisa digunakan sebaik mungkin. Meski tak mudah, Darije yakin timnya bisa mencapai semifinal. "Memang bukan tugas mudah, tapi dukungan suporter bisa berarti banyak," imbuhnya,

Menyoal jadwal padat lantaran hanya ada interval dua hari, pelatih berpaspor Swiss ini siap melakukan rotasi. Sejumlah nama yang tak diboyong ke Bogor bakal turun sebagai starter. Semua agar Pasukan Ramang tetap fokus mengejar agregat gol. Leg kedua juga punya makna krusial bagi Rizky Pellu.

"Kami akan berusaha, apalagi ini kandang kita. Saya yakin kami akan meraih hasil maksimal," kata Rizky, gelandang kelahiran Maluku itu.

2. Juru taktik Bhayangkara FC, Alfredo Vera, siap turun dengan amunisi penuh

Piala Indonesia: PSM Vs Bhayangkara FC, Saatnya Menjaga MomentumInstagram.com/bhayangkarafc

Dari kubu lawan, Alfredo Vera selaku juru taktik Bhayangkara FC menegaskan timnya datang dengan amunisi penuh. Meski gelandang Adam Alis dan bek Wahyu Subo Seto tak termasuk dalam rombongan 21 pemain yang melawat ke Makassar, dirinya tetap yakin dengan peluang The Guardian mempertahankan keunggulan.

"Kami sudah siap untuk leg kedua. Bisa jadi laga ini berlangsung seru seperti pertemuan kemarin. Tuan rumah sudah pasti akan lebih ofensif, mereka tertinggal dua gol. Yang penting kami bermain seperti biasa. Saya tak terbiasa berpikir banyak tentang lawan. Lebih baik fokus kepada tim sendiri," ungkap eks pelatih Persebaya tersebut dalam kesempatan yang sama.

Lebih jauh, pria asal Argentina itu mengaku takkan mengutak-atik susunan tim inti. Selain itu, Indra Kahfi dkk disebut sudah terbiasa bermain di bawah tekanan suporter tuan rumah. Sementara itu penyerang Dendy Sulistyawan siap berjibaku pertahankan keunggulan. "Kami tahu laga takkan berjalan mudah. Tapi kami semua siap kerja keras untuk menuai hasil positif," tutur pemuda 22 tahun tersebut.

Baca Juga: Kerap Berakhir Nihil, Ini Cerita Perjalanan PSM di Piala Presiden

3. Tertinggal agregat 4-2, Juku Eja harus menang minimal dua gol tanpa kebobolan

Piala Indonesia: PSM Vs Bhayangkara FC, Saatnya Menjaga MomentumANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-2-3-1) :

Rivky Mokodompit, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Aaron Evans, Reva Adi Utama; Marc Klok, M. Arfan; M Rahmat, Wiljan Pluim, Bayu Gatra; Eero Markkanen

Bhayangkara FC (4-3-3) :

Awan Setho Raharjo; I Putu Gede Juni Antara, Anderson Salles, Indra Kahfi Ardhiyasa, M. Fatchu Rochman; Dendy Sulistyawan, M. Hargianto, Sani Rizky Fauzi; Vendry Mofu, Herman Dzumafo Epandi, M. Nur Iskandar

Catatan empat pertemuan terakhir :

27/04/2019 Bhayangkara FC 4-2 PSM (Piala Indonesia)

03/12/2018 Bhayangkara FC 0-0 PSM (Liga 1)

15/07/2018 PSM 2-1 Bhayangkara FC (Liga 1)

19/10/2017 Bhayangkara FC 0-2 PSM (Liga 1)

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya