Persebaya vs PSM, Ada Celah untuk Juku Eja

Kedua tim saling jajal dengan kondisi skuad seadanya

Kamis 14 November 2019, Stadion Batakan - Balikpapan, 16.30 WITA

Makassar, IDN Times - Krusial, itu yang diutarakan pelatih kepala PSM Makassar Darije Kalezic ketika menggambarkan partai tunda pekan-24 Shopee Liga 1 2019 ini. Meski masih dibayangi tren tandang negatif, ada celah yang bisa dimanfaatkan Juku Eja. Berlangsung di tempat netral tanpa penonton jadi keuntungan untuk tim tamu.

Akan tetapi, Persebaya Surabaya tengah merengkuh rasa percaya diri setelah sekian lama. Di bawah kendali juru taktik anyar Aji Santoso, mereka memetik satu poin di kandang PS TIRA-Persikabo pekan lalu. Dengan kondisi demikian, siapa yang bakal tancap gas di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Kamis (14/11) sore?

Baca Juga: Berjumpa di Batakan, Pelatih PSM Sebut Duel Kontra Persebaya Krusial

1. Status laga di venue netral tak serta-merta jadi keuntungan untuk PSM Makassar

Persebaya vs PSM, Ada Celah untuk Juku EjaDok. PSM Makassar

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu (13/11), coach Darije bersimpati dengan Persebaya. Akan tetapi, pelatih berpaspor Swiss tersebut enggan menganggap venue netral akan serta-merta jadi keuntungan bagi Marc Klok beserta kolega. Kemenangan tetap direbut melalui proses jibaku selama 90 menit.

"Tentu saja venue netral (punya arti) krusial bagi kedua tim. Tim tuan rumah tanpa dukungan, dan itu bukan sebuah keuntungan. Tapi untuk memenangkan sebuah pertandingan, tak ada hubungannya dengan status laga," ujarnya.

PSM sendiri tak diperkuat sejumlah sejumlah pilar penting di laga ini. Guy Junior, Bayu Gatra, Abdul Rahman Sulaeman dan Wiljan Pluim masih berkutat dengan pemulihan cedera. Sementara Asnawi Mangkualam Bahar dan Firza Andika masih bergabung dengan pemusatan latihan Timnas U-23.

2. Dua bek tengah Persebaya harus absen, sementara tiga penggawa lainnya masih dipantau oleh dokter tim

Persebaya vs PSM, Ada Celah untuk Juku EjaDok. Istimewa (Persebaya.id)

Dalam kesempatan terpisah, Aji Santoso mewanti-wanti agar Ruben Sanadi dkk tetap percaya diri demi merengkuh hasil positif kendati meski tak didampingi dukungan Bonek. Persebaya sedang jalani sanksi berlaga tanpa penonton hingga akhir musim 2019 yang dijatuhkan Komite Disiplin PSSI pasca rusuh pasa 29 Oktober silam.

"Saya sudah sampaikan kepada seluruh pemain untuk siap mental. Jujur, kehadiran Bonek sangat kami perlukan karena bisa menjadi motivasi bagi kami. Tetapi dengan situasi ini, kami akan tetap berusaha untuk menang," tutur eks penggawa PSM musim 1999/2000 tersebut.

Dua palang pintu andalan Bajul Ijo, Hansamu Yama Pranata dan Otavio Dutra terpaksa absen. Sementara tiga nama lain yakni David da Silva, Miswar Saputra dan Irfan Jaya masih menunggu lampu hijau dari tim dokter.

3. Juku Eja dan Bajul Ijo sama-sama membidik poin penuh demi lepas dari papan tengah klasemen sementara

Persebaya vs PSM, Ada Celah untuk Juku EjaPersebaya.id

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Persebaya (4-3-3)

Imam Arief Fadillah (GK); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Ruben Sanadi; Rendi Irwan, Aryn Williams, Muhammad Hidayat; Oktafianus Fernando, Diogo Campos, Elisa Basna

PSM (4-4-2)

Rivky Mokodompit (GK); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Hasyim Kipuw, Taufik Hidayat; Raphael Maitimo, Rizky Pellu, Marc Klok, Muhammad Arfan; Ezra Walian, Ferdinand Sinaga 

Baca Juga: Jauh dari Rumah dan Tanpa Dukungan Bonek, Persebaya Yakin Libas PSM

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya