Pelatih PSM Protes, Laga Penentuan Juara Tidak Disiarkan Langsung

Tavares khawatir dengan potensi keanehan wasit

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares geram jelang timnya bermain melawan Madura United, Jumat malam (31/3/2023). Sebab laga yang jadi penentuan juara bagi PSM itu justru tidak disiarkan secara langsung di televisi.

Hari ini ada tiga pertandingan Liga 1 yang digelar bersamaan pada pukul 20.30 WIB. Selain Madura vs PSM, dua laga lainnya mempertemukan Persija dengan Persib serta Persikabo 1973 dengan Barito Putera. 

"Saya tidak tahu mana yang lebih penting. Menayangkan tim yang bisa menjadi juara dalam pertandingan ini, atau memilih wasit yang sebelumnya melakukan banyak kesalahan saat memimpin pertandingan kita dan tidak menayangkannya," kata Tavares pada sesi jumpa pers jelang pertandingan, Kamis malam (30/3/2023). 

Pertandingan PSM melawan Madura bakal dipimpin wasit Thoriq Alkatiri.

Baca Juga: Polisi Bersiap Amankan Pesta Suporter jika PSM Juara Liga 1

1. Tavares heran duel Madura United versus PSM tak disiarkan secara langsung

Pelatih PSM Protes, Laga Penentuan Juara Tidak Disiarkan LangsungPelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares saat memberi instruksi dalam laga pekan ke-8 kontra Persik, 2 September 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Tavares rupanya khawatir jika timnya kembali mendapat keputusan aneh dari sang pengadil di lapangan, saat pertandingan tersebut tak disiarkan secara langsung. Ia bahkan menyebut jika keanehan banyak terjadi bahkan saat laga Wiljan Pluim dkk disiarkan melalui situs streaming resmi.

"Kita sudah mengalaminya, saat laga kita tayang hanya di situs streaming resmi dan bukan stasiun televisi. Sangat banyak kesalahan terjadi. Jadi, saya berharap agar Madura United dan kami bisa menyuguhkan performa terbaik, termasuk tim wasit agar bisa adil. Tapi jujur saja, saya tetap merasa heran," katanya.

2. "Liga Jawa" jadi sindiran Tavares untuk keanehan ini

Pelatih PSM Protes, Laga Penentuan Juara Tidak Disiarkan LangsungSalah satu momen pertandingan pekan ke-15 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Madura United di Stadion Maguwoharjo Sleman, 15 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Tavares turut mengkritik keputusan pemilik hak siar yang lebih memilih laga big match Persija Jakarta versus Persib Bandung yabg dihelat dalam waktu bersamaan. Pangeran Biru juga masih menjadi kandidat terdepan persaingan gelar juara selain PSM.

"Apakah ini Liga Jawa atau Liga Indonesia? Kita tahu PSM bukan dari Jawa. Padahal kami punya peluang mengunci gelar juara. Tapi pertandingan kami yang dibuat tidak live, malah pertandingan lain," ujarnya.

"Bayangkan kalau ini adalah Madura United, dan kalian sedikit lagi meraih gelar juara. Malah pertandingan kalian yang disiarkan secara tunda. Bagaimana perasaan suporter kalian? Suporter kami menunggu 23 tahun untuk momen ini," lanjut eks juru latih IFK Helsinki tersebut.

3. Status pertandingan yang tak bisa dihadiri penonton turut dipertanyakan

Pelatih PSM Protes, Laga Penentuan Juara Tidak Disiarkan LangsungSalah satu momen pertandingan pekan ke-15 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Madura United di Stadion Maguwoharjo Sleman, 15 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Tavares juga mempertanyakan status pertandingan yang berlangsung tanpa penonton. Baginya, suporter kedua tim berhak datang ke Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan untuk mendukung kesebelasan masing-masing. 

"Saya pikir bahwa suporter Madura United juga layak berada di stadion untuk menyaksikan pertandingan tim mereka, termasuk suporter kita juga. Tapi saya tidak tahu apa yang menjadi alasan keputusan ini. Saya cuma berharap bahwa suporter bisa menyaksikan laga dipimpin dengan adil," tegas pelatih kepala asal Portugal tersebut.

Baca Juga: Madura United Vs PSM Makassar, Juku Eja di Ambang Pesta Juara

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya