Pelatih PSM Makassar Kembali Gemas dengan Kinerja Wasit Liga 1

Kepemimpinan wasit David Son Sasube dianggap kontroversial

Makassar, IDN Times - Meski timnya melibas Barito Putera 4-1 pada Kamis kemarin (9/2/2023), masih ada yang mengganjal di hati jajaran tim pelatih dan ofisial PSM Makassar. Kinerja wasit lagi-lagi menjadi sorotan.

Dalam laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, David Son Sasube selaku pengadil pertandingan tersebut melakukan beberapa keputusan kontroversial.

Kontroversi pertama terjadi pada menit ke-14. Saat itu, gelandang bertahan Barito Putera yakni Nazar Nurzaidin melanggar laju Wiljan Pluim dari belakang. Tapi, wasit David Son Sasube dan asisten wasit sama sekali tak bereaksi.

Baca Juga: Libas Barito Putera, Pelatih PSM Sebut Timnya Layak Menang

1. Ada beberapa keputusan David Son Sasube yang menjadi sorotan PSM

Pelatih PSM Makassar Kembali Gemas dengan Kinerja Wasit Liga 1Momen kontroversial saat gelandang Barito Putera Nazar Nurzaidin (kiri) melanggar pemain PSM Makassar Wiljan Pluim dalam laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 9 Februari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

"Kalau kita lihat di tayangan televisi memang jelas. Tapi wasit biarkan. Pemain atau pelatih mungkin tidak protes karena bisa saja wasit malah mengeluarkan kartu kuning," ujar Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Kamis (9/2/2023) malam.

Momen kedua adalah keputusan untuk cuma memberi satu menit tambahan waktu di penghujung babak pertama. Menurut Sule, sapaan akrabnya, harusnya injury time lebih dari 60 detik sebab pertandingan sering terhenti akibat pelanggaran.

"Terutama saat kiper Barito Putera, Joko Ribowo, mendapatkan perawatan karena cedera. Joko sendiri kemudian ditarik keluar karena tidak sanggup melanjutkan pertandingan," jelas Sule. Eks penjaga gawang PSIS Semarang itu kemudian langsung diganti oleh Nor Halid.

2. Bernardo Tavares tak habis pikir dengan kinerja pengadil pertandingan

Pelatih PSM Makassar Kembali Gemas dengan Kinerja Wasit Liga 1Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sementara itu, pelatih kepala PSM Makassar yakni Bernardo Tavares enggan berkomentar banyak tentang kinerja David Son Sasube. Tapi ia tetap merasa gemas dengan sejumlah kontroversi yang terjadi dan dilihatnya secara langsung.

"Sebenarnya saya tidak mau terlalu bicara terlalu banyak, tapi kinerja wasit bisa ditingkatkan. Banyak insiden yang bisa berbuah kartu kuning di pertandingan tadi, tapi sayangnya tidak terjadi (memberi hukuman, red.). Ayolah, bung," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan.

Dari data yang dihimpun, David Son Sasube pernah bertugas di babak 16 besar Liga 3 Putaran Nasional 20202. Ia juga sempat dipercaya memimpin beberapa pertandingan Liga 2 musim lalu.

3. David Son Sasube sempat membuat kontroversi di laga Persib versus RANS FC

Pelatih PSM Makassar Kembali Gemas dengan Kinerja Wasit Liga 1Persib mengalahkan RANS Nusantara di Liga 1 2022/23. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

David Son Sasube sebelumnya menjadi buah bibir di laga pekan ke-8 antara Persib Bandung versus RANS Nusantara FC yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 4 September 2022.

Ia menghadiahi tim tuan rumah hadiah penalti setelah gelandang Rahmat Irianto dianggap dilanggar oleh salah satu bek RANS FC. Tapi, dalam tayangan ulang terlihat bahwa Rahmat justru melakukan diving.

Tak tinggal diam, The Prestige Phoenix mengadukan beberapa keputusan kontroversial David ke Komisi Disiplin Wasit PSSI. Hasilnya, ia mendapat sanksi dilarang bertugas memimpin delapan pertandingan Liga 1.

Baca Juga: Tampil Ganas, PSM Makassar Bekuk Barito Putera dengan Skor 4-1

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya