Ogah Pindah Klub Lain, Wiljan Pluim Perpanjang Kontrak di PSM Makassar

Apa Willy akan memilih pensiun bersama Juku Eja?

Makassar, IDN Times - Saat mayoritas legiun asing memilih hengkang dari Indonesia akibat ketidakpastian jadwal Liga 1, Wiljan Pluim justru kembali mempertegas loyalitas untuk klubnya. Playmaker andalan PSM Makassar tersebut resmi meneken perpanjangan kontak.

"Benar, kontrak Pluim diperpanjang sampai 2024," demikian pernyataan Sulaiman Abdul Karim, Media Officer PSM Makassar, saat dimintai konfirmasi oleh IDN Times pada Kamis (14/1/2021) pagi.

1. Durasi kontrak kedua Wiljan Pluim sebelumnya hanya sampai tahun 2021

Ogah Pindah Klub Lain, Wiljan Pluim Perpanjang Kontrak di PSM MakassarPesepak bola PSM Makasar Willem Jan Pluim (kanan) dibayangi pesepak bola Persita Tangerang Aditia Gigis Hermawan (kiri) menggiring bola pada pertandingan putaran pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (6/3/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sebelumnya, sosok berpostur 1,94 meter tersebut sudah lebih dulu menyepakati perpanjangan kontrak hingga 2021 pada medio November 2017 silam. Langkah tersebut ditempuh lantaran Willy, sapaan akrabnya, jadi buruan klub Indonesia dan luar negeri.

"Banyak klub yang menginginkannya. Ada dari Indonesia, Malaysia, Thailand, bahkan Korea Selatan. Tapi Willy senang bersama PSM. Saya hanya bisa mengikuti keinginannya karena dia bahagia. Hatinya memilih di sini (Makassar)," ungkap sang agen, Robert Postma, dalam jumpa pers perpanjangan kontrak sang pemain pada 13 November 2017.

2. Sang playmaker asal Belanda datang di bursa transfer tengah musim ISC 2016

Ogah Pindah Klub Lain, Wiljan Pluim Perpanjang Kontrak di PSM MakassarPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (dua kanan) berusaha melewati pesepak bola Tira Persikabo M Guntur Triaji (kanan) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/9/2019). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Gelandang kelahiran Zwolle, Belanda tersebut pertama kali menginjakkan kaki di Kota Daeng pada Juli 2016. Ia datang sebagai rekrutan anyar Juku Eja di bursa transfer tengah musim Indonesia Soccer Championship (ISC).

Pluim sempat berstatus tanpa klub sejak Februari 2016 sejak dilepas oleh klub Vietnam, Becamex Binh Duong. Semusim jadi pemain Becamex, ia tak sekalipun mendapat kesempatan tampil. Saat Robert Rene Alberts diserahi pos juru taktik PSM, Pluim masuk dalam rencana perombakan besar-besaran sekaligus awal dari Dutch Connection.

Baca Juga: Cerita Wiljan Pluim Main di Papua: Melihat Ular hingga Banyak Berdoa

3. Pluim satu-satunya pemain asing PSM dalam pemusatan latihan di Yogyakarta, September silam

Ogah Pindah Klub Lain, Wiljan Pluim Perpanjang Kontrak di PSM MakassarGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, saat berlatih bersama rekan-rekan setimnya di Stadion Dwi Windu Bantul, DI Yogyakarta, pada Sabtu (3/10/2020), (Instagram.com/psm_makassar)

Bersama PSM, ayah dua putra tersebut sejauh ini telah tampil 99 kali di laga resmi atau 1.344 menit. Ada 25 gol yang berhasil ia ciptakan. Turut pula 30 asis telah dibuat untuk rekan-rekan setimnya.

Empat setengah tahun dalam balutan seragam merah marun, prestasi tertinggi Pluim bersama PSM adalah gelar juara Piala Indonesia 2018-19. Trofi tersebut jadi yang pertama sejak ia mulai berkarier sebagai pemain profesional pada 2008. Adapun capaian individualnya yakni masuk dalam 11 Terbaik Liga 1 2017 dan 2018.

Pluim pun jadi satu-satunya legiun asing dalam pemusatan latihan di Yogyakarta jelang restart Liga 1 2020, yang ternyata kembali ditunda, pada September 2020 sila

Dengan usia kini telah mencapai 32 tahun dan kontrak hingga 2024, apakah Willy akan pensiun bersama PSM?

Baca Juga: Dua Sepakan Roket Wiljan Pluim Antarkan PSM Perpanjang Derita Persib 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya