Comscore Tracker

Moncer di Piala Menpora, Yakob Sayuri Kembali Dipanggil Timnas

Dari kubu PSM turut pula bek tengah Nurhidayat Haji Haris

Makassar, IDN Times - PSSI pada Senin (26/4/2021) mengumumkan daftar pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas. Dari total 34 nama, terselip dua penggawa PSM Makassar yakni Yakob Sayuri dan Nurhidayat Haji Haris. Sebelumnya, mereka juga mengikuti TC medio Februari silam.

"Sebanyak 34 pemain timnas Indonesia yang dipanggil pada TC ini merupakan pilihan dari pelatih Shin Tae-yong. Mereka akan berlatih di Jakarta dari tanggal 1 hingga 10 Mei mendatang sebelum bertolak ke UEA," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

1. Meski tak tampil di pramusim akibat cedera, Nurhidayat Haji Haris tetap terpilih perkuat Timnas

Moncer di Piala Menpora, Yakob Sayuri Kembali Dipanggil TimnasNurhidayat Haji Haris dalam sesi latihan bersama PSM Makassar untuk turnamen pramusim Piala Menpora di Bosowa Sport Center pada Jumat 12 Maret 2021. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Yakob Sayuri sukses mencuri perhatian di turnamen Piala Menpora. Winger lincah kelahiran Kepulauan Yapen, Papua, itu termasuk salah satu dari segelintir pemain PSM yang bermain penuh sepanjang tujuh pertandingan.

Menempati sayap kanan, sang saudara kembar Yance Sayuri menunjukkan performa impresif. Tampil selama 630 menit, pemuda 23 tahun tersebut mengemas sepasang gol dan dua asis. Semua ia ciptakan di babak penyisihan grup.

Nurhidayat Haji Haris memang diboyong ke Malang, tetapi tak dimainkan lantaran masih dibekap cedera lutut. Namanya tak tercantum dalam susunan tim untuk fase gugur. Palang pintu jebolan tim PON Sulsel tersebut harus ke Jakarta demi lanjutkan pemulihan.

2. Yakob dan Nurhidayat masuk dalam proyeksi Timnas untuk SEA Games dan AFF Cup

Moncer di Piala Menpora, Yakob Sayuri Kembali Dipanggil TimnasSelebrasi pemain PSM Makassar Yakob Sayuri saat mencetak gol ke gawang Bhayangkara Solo FC dalam pertandingan Grup B Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, Jawa Timur, Sabtu 27 Maret 2021. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sebelum terjun dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas kombinasi senior-junior bakal lakoni dua laga uji coba terlebih dulu. Yakni kontra Afghanistan (25/5/2021) dan Oman (29/5/2021).

Mochamad Iriawan berharap pemusatan latihan sepanjang Mei bisa dimanfaatkan dengan baik. Terlebih ini dirangkaikan persiapan AFF Cup dan SEA Games yang dihelat akhir tahun ini.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih hasil maksimal pada tiga laga melawan Thailand, Vietnam, dan UEA. PSSI terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia," tambah Iriawan.

Baca Juga: Uji Coba, Gol Tunggal Yakob Sayuri Antar PSM Bekuk Bhayangkara FC

3. Di Uni Emirat Arab, anak asuh Shin Tae-yong bakal jalani lima pertandingan

Moncer di Piala Menpora, Yakob Sayuri Kembali Dipanggil TimnasShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

AFC menunjuk Uni Emirat Arab (UEA) sebagai tuan rumah tiga laga sisa Kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022. Di sana mereka dijadwalkan melawan Thailand pada 3 Juni, berjumpa Vietnam si pemuncak klasemen tanggal 7 Juni, lalu dijamu UEA empat hari berselang (11 Juni).

Menilik klasemen sementara Grup G, skuad Garuda terjerembap di peringkat 5 atau berstatus juru kunci klasemen. Jika mampu menyapu bersih tiga pertandingan tersebut, Indonesia bisa finis dengan raihan 9 poin.

Baca Juga: Jadi Penyelamat, Pelatih PSM Makassar Puji Penampilan Yakob Sayuri

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya