Milo Siapkan Pemain Muda Jadi Amunisi PSM Makassar di Liga 1

Jadi opsi jika tak banyak pemain baru yang direkrut

Makassar, IDN Times - Jelang Liga 1 musim baru, pelatih PSM Makassar Milomir Seslija masih merancang komposisi pemain yang pas untuk tim utama. Salah satu hal penting yakni apakah ia akan mengizinkan sejumlah lulusan akademi untuk "naik kelas."

Milo mengaku masih butuh sekitar 6 hingga 7 pemain baru. Tapi dengan masa penjajakan pemain yang singkat, ia membuka potensi memberi kesempatan kepada beberapa anak muda mendapat jam terbang.

"Saya bicara tentang tim yang lengkap ini, saya tidak ingin cuma ada beberapa orang saja. Tapi banyak dari mereka (pemain muda) belum pernah main di Liga 1," ujarnya seperti dilansir LigaIndonesiaBaru.com pada Rabu malam (11/8/2021).

Baca Juga: Lini Mana Saja yang Masih Harus Diperkuat PSM Makassar?

1. Jika tak banyak merekrut pemain baru, Milo siap maksimalkan lulusan akademi

Milo Siapkan Pemain Muda Jadi Amunisi PSM Makassar di Liga 1Pelatih PSM Makassar Milomir Seslija saat memimpin latihan tim di Bosowa Sport Center pada Kamis 8 Juli 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Bursa transfer Liga 1 masih terbuka hingga 11 September. Tapi dengan masa berburu pemain tinggal tiga pekan lebih, seluruh klub termasuk PSM harus bergerak cepat dalam mengamankan tanda tangan rekrutan anyar.

Sementara itu untuk legiun asing, aturan karantina selama delapan hari bisa jadi poin krusial. Jika didatangkan tepat sebelum masa registrasi pemain usai, pemain dari luar Indonesia ini terpaksa melakukan adaptasi di masa kompetisi.

Dengan semua kemungkinan, Milo mau tak mau harus lebih jeli mengamati siapa saja pemain muda yang layak ke tim utama.

"Kalau misalnya kita tidak punya pilihan juga, apa boleh buat. Jadi yang ada akan kita pilih," lanjut pria 56 tahun tersebut.

2. Terdapat banyak pemain muda di skuad Juku Eja sejak turnamen Piala Menpora

Milo Siapkan Pemain Muda Jadi Amunisi PSM Makassar di Liga 1Pemain PSM Makassar Yakob Sayuri (kiri) berusaha melewati hadangan pemain PSS Sleman Derry Rachman (kedua kiri) pada Pertandingan perebutan tempat ke tiga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Juku Eja, di bawah komando Syamsuddin Batolla, memboyong banyak pemain muda pada Piala Menpora lalu. Contohnya Yakob Sayuri, Hilman Syah serta Muhammad Arfan yang jarang absen dari tim utama selama kejuaraan tersebut.

Masih ada beberapa nama lain seperti pemain winger Yance Sayuri, gelandang serang Adji Kurniawan, Rizky Eka Pratama, palang pintu Muhammad Fahri, Renaldi di sektor belakang, kiper Reza Arya Pratama plus gelandang M. Farhan Rahman.

Di masa persiapan jelang liga sejak awal Juni, bergabung juga sejumlah wajah baru. Mulai dari Muhammad Fitrah (bek), Rian Firmansyah (gelandang), Reza Abdillah (penyerang) ditambah duo lulusan Garuda Select III yaitu Rafly Asrul dan Edgard Amping.

3. Intensitas latihan Wiljan Pluim cs ditingkatkan secara bertahap usai masa latihan mandiri

Milo Siapkan Pemain Muda Jadi Amunisi PSM Makassar di Liga 1Pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (depan) menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021). Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Dari total 14 pemain yang berusia 23 tahun ke bawah, coach Milo punya segudang stok pemain muda. Kini tinggal mengamati siapa yang menonjol selama latihan dan internal game. Jumlahnya tentu menyesuaikan dengan kebutuhan tim, serta siapa saja pemain yang berhasil direkrut.

Bicara persiapan latihan, Wiljan Pluim dkk diberi intensitas latihan cukup tinggi setelah diberi libur pada Minggu (8/8/2021). Coach Milo sejak jauh hari mengatakan bahwa ini bertujuan membantu pemain meningkatkan level kebugaran mereka usai latihan mandiri.

Pelatih berpaspor Bosnia-Herzegovina itu yakin kondisi anak asuhnya mencapai kondisi terbaik tepat sebelum Liga 1 2021/22 dimulai pada 27 Agustus mendatang.

"Iya, itu bagian dari program, setelah satu hari libur pasti akan naik selanjutnya," pungkas Milo.

Baca Juga: PSM Makassar Harap Jadwal Liga 1 Mulai 20 Agustus Tidak Berubah Lagi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya