Comscore Tracker

Menang Telak Lawan OTP37, Pelatih PSM Makassar Sebut Timnya Kian Padu

Pujian turut disematkan pada striker anyar Anco Jansen

Makassar, IDN Times - PSM Makassar panen gol di uji coba keduanya. Menjamu tim amatir OTP37 Mamuju di lapangan Bosowa Sport Center pada Minggu sore (4/7/2021), Zulkifli Syukur dkk menang dengan skor telak 8-1.

Striker baru Anco Jansen tampil moncer dengan sepasang gol dan dua asis. Lima gol datang dari lima pemain berbeda yakni Ilham Udin Armaiyn, Rizky Eka Pratama, Muhammad Rafly Asrul, pemain trial Melcior Majefat dan Aji Kurniawan.

Gol bunuh diri lahir dari kesalahan kiper OTP37, Assyura Al-Faqih, saat mengantisipasi sepakan Rasyid Bakri. Sementara gol hiburan tim tamu datang dari eksekusi penalti Jasman Madun di menit ke-79.

1. PSM memberi kesempatan 25 pemainnya unjuk gigi dalam pertandingan ini

Menang Telak Lawan OTP37, Pelatih PSM Makassar Sebut Timnya Kian PaduTangkapan layar siaran langsung laga uji coba PSM Makassar kontra OTP37 Mamuju di Bosowa Sport Center pada Minggu 4 Juli 2021. (Dok. Istimewa/KiosTix.com)

Caretaker PSM, Syamsuddin Batolla, menyebut permainan Juku Eja sudah mulai padu. Ia pun menyebut OTP37 cukup memberi perlawanan.

"Saya lihat anak-anak sudah mendapat ritmenya. Pertandingan ini cukup menarik. Lawan pun mampu menekan di menit-menit awal," ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

Yang menarik, ia memberi menit bermain kepada 25 pemain untuk unjuk gigi di lapangan. Minus pemain trial Dolly Gultom, plus pemain yang cedera yakni Wiljan Pluim dan Yakob Sayuri. Batolla rupanya hendak melihat sejauh mana kemampuan anak asuhnya usai sebulan lebih lakukan persiapan.

"Target saya mau lihat lagi kemampuan mereka. Kita lihat uji coba kemarin (lawan tim PON Sulsel) kita masih meraba-raba. Tapi setelah kita rotasi terus, semua pemain dapat menit bermain. Itulah gunanya rotasi di pertandingan ini," lanjutnya.

Salah satu yang merumput adalah bek tengah Abdul Rahman Sulaeman. Bermain di 10 menit akhir, ini adalah penampilan pertamanya usai absen selama dua tahun akibat cedera lutut.

2. Anco Jansen diminta terus tingkatkan komunikasi dengan rekan-rekan setim

Menang Telak Lawan OTP37, Pelatih PSM Makassar Sebut Timnya Kian PaduPemain anyar PSM Makassar, Anco Jansen, dalam sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center pada Kamis 17 Juni 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Lebih jauh, coach Batolla melihat peningkatan dari segi permainan. PSM diakuinya sempat tertekan di awal-awal babak pertama, sebelum tampil trengginas selepas turun minum. Skema serangan balik dan aliran bola di sektor tengah pun kian lancar.

"Kalau untuk skema, kita memang dalam latihan selalu latihan taktik. Kita arahkan bagaimana cara menyerang, bagaimana bertahan, bagaimana transisi. Ini yang selalu saya tekankan pada pemain," jelasnya.

"Adapun beberapa kesalahan itu kan biasa di sepak bola. Tapi di satu organisasi bermain, saya kira sudah banyak peningkatan," imbuh Batolla.

Di sisi lain, penggawa PSM dekade 1990-an itu turut memuji penampilan Anco Jansen. Sepasang gol dan asis di laga ini seolah jadi bukti bahwa ia makin nyetel.

"Saya lihat kemampuannya semakin meningkat. Jika dilihat dari aksi-aksinya, gerakannya. Cuma perlu adaptasi dengan teman-temannya agar dia paham dan mereka memahami keinginan Anco," papar pria kelahiran Maros tersebut.

Baca Juga: Tiba di Makassar, Suporter PSM Antusias Sambut Milomir Seslija

3. Batolla menyebut Juku Eja masih punya agenda latih tanding ketiga

Menang Telak Lawan OTP37, Pelatih PSM Makassar Sebut Timnya Kian PaduPelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batolla, dalam sesi jumpa pers daring pra-pertandingan semifinal Piala Menpora pada Sabtu 17 April 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Saat ditanya apakah akan ada agenda uji tanding ketiga, Batolla menyebut sudah ada beberapa tim yang dijajaki sebagai calon lawan selanjutnya.

"Pasti diagendakan. Banyak tim yang mengajukan diri. Kita juga pasti memilih lawan kita berikutnya. Apalagi coach Milo sudah datang. Agar dia tahu karakter pemain di latihan dan pertandingan," pungkas eks juru taktik Persim Maros itu.

Tiba di Makassar pada Sabtu kemarin (3/7/2021), Milomir Seslija mengamati dengan saksama aksi Pasukan Ramang selama 90 menit dari area bench pemain. Pelatih berpaspor Bosnia-Herzegovina itu didampingi langsung Direktur PSM, Munafri Arifuddin.

Baca Juga: Disaksikan Milomir Seslija, PSM Makassar Lumat OTP37 dengan Skor 8-1

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya