Melawat ke Kandang Bhayangkara FC, Pelatih PSM Tanpa Target Tinggi

Berkaca dari catatan tandang, sikap realistis pun dipilih

Makassar, IDN Times - Jelang dua partai tandang dalam Shopee Liga 1 2019, PSM Makassar ternyata tak mematok target menang. Memboyong 20 pemain, pelatih PSM yakni Darije Kalezic ternyata tidak mematok target tinggi alih-alih kembali memancang misi menang. Misi di kandang Bhayangkara FC (BFC) pada Selasa (29/10) esok pun cukup sederhana: tampil maksimal. 

"Tak ada target untuk dua laga away, kami fokus berjuang dan bermain maksimal. Keadaan ini normal, kami hampir menghadapi ini setiap waktu. Saya yakin pemain lain selalu siap memberikan yang terbaik," ucap coach Kalezic seperti dikutip dari laman Liga-Indonesia.id pada Senin (28/10).

1. Pelatih PSM, Darije Kalezic, tak memberi tekanan pada anak asuhnya saat bersua Bhayangkara FC

Melawat ke Kandang Bhayangkara FC, Pelatih PSM Tanpa Target TinggiInstagram.com/psm_makassar

Target muluk-muluk rupanya enggan dipasang saat Wiljan Pluim dan kawan-kawan menantang Bhayangkara FC. Alasannya pun mudah ditebak, yakni momok bernama laga tandang. Sepanjang sepuluh pertandingan away sejak awal musim 2019, PSM tak kunjung berpesta ketika jauh dari rumah. Tiga hasil imbang jadi pencapaian maksimal, selain tujuh kali bertekuk lutut.

"Semua orang tahu hasil-hasil apa yang selama ini kami dapatkan pada pertandingan-pertandingan tandang. Jadi kami menyiapkan diri tanpa pressure apapun untuk pertandingan besok," ungkap Kalezic dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta Selatan, pada Senin (28/10) petang.

2. Kemenangan tipis 1-0 atas Madura United di pekan sebelumnya jadi bekal saat bertamu ke Stadion PTIK Jakarta Selatan

Melawat ke Kandang Bhayangkara FC, Pelatih PSM Tanpa Target TinggiANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Akan tetapi, realistis tentu berbeda dari rasa pesimis. Juku Eja melawat ke ibu kota berbekal kemenangan tipis atas Madura United pekan silam. Selain itu, BFC tak pernah menang atas PSM di ajang Liga 1 sejak musim 2017. Rinciannya, empat laga berakhir dengan kemenangan PSM ditambah sekali seri.

"Perasaan kami sebelum pertandingan ini sangat bagus. Kami tahu bahwa Bhayangkara sangat sulit dikalahkan. Namun, saya percaya besok kami akan tampil bagus," lanjut eks pelatih De Graafschap tersebut.

Sayang, sejumlah pemain tak ikut serta dalam rombongan tim yang bersua Bhayangkara FC dan Persebaya (Sabtu, 2/11). Mereka antara lainwinger Bayu Gatra palang pintu Abdul Rahman Sulaeman dan kiper Hery Prasetyo akibat cedera.

Ada juga Asnawi Mangkualam dan Firza Andika yang penuhi panggilan Timnas U-23 untuk persiapan SEA Games 2019 Manila. Meski sudah terlihat berlatih bersama tim sejak Kamis pekan lalu (24/10), nama Guy Junior rupanya belum tercantum.

Baca Juga: Preview Bhayangkara FC Vs PSM: Juku Eja Wajib Tiga Poin!

3. The Guardian belum sekalipun menang atas Pasukan Ramang di ajang Liga 1 sejak 2017

Melawat ke Kandang Bhayangkara FC, Pelatih PSM Tanpa Target TinggiANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Sementara itu Rizky Pellu, gelandang pekerja milik PSM, menatap partai versus BFC dengan serius. "Kami semua para pemain siap untuk pertandingan besok. Kami akan bekerja keras untuk mendapat hasil yang bagus," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

"Pasti para pemain berpikir untuk mendapatkan kemenangan, apalagi kita sudah sering menang lawan Bhayangkara. Itulah yang saya bilang tetap berpikir positif," tandas pemain asal Kota Ambon tersebut.

Menilik papan klasemen sementara, Pasukan Ramang bertengger di posisi ke-8 setelah kantongi 33 poin dari 22 pertandingan yang sudah dijalani. Jika berhasil memetik poin penuh, PSM akan menyalip PSS Sleman di peringkat 7, dengan syarat Super Elja kalah di kandang Persebaya pada hari yang sama.

Baca Juga: Bhayangkara FC Vs PSM, Duel Para Pelatih Anyar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya