Comscore Tracker

Masa Peminjaman Habis, Firza Andika Umumkan Hengkang dari PSM 

Sinyal Juku Eja menggunakan pemain akademi turut menguat

Makassar, IDN Times - Setelah kiper Miswar Saputra pamit dari skuad PSM Makassar, kini menyusul Firza Andika. Si bek kiri langganan Timnas mengonfirmasi kabar tersebut melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @firzaandika11, pada Senin (1/3/2021) siang.

"Saya, Firza Andika, mengucapkan terima kasih untuk @psm_makassar atas kerja samanya selama 2 musim berturut-turut, dari 2019-2021 ini. Tidak lupa juga saya sangat-sangat berterima kasih kepada manajemen, staf dan semua jajaran ofisial PSM Makassar," tulis pemilik nomor punggung 11 tersebut.

Ucapan terima kasih juga diucapkan pemuda 21 tahun tersebut kepada suporter yang sudah mendukung. "Kalian sangat luar biasa bagi saya. Insyaallah kalau diberi kesempatan lagi, pasti saya akan kembali ke sini," tutupnya.

1. Firza Andika bergabung dengan status pinjaman dari AFC Tubize pada Agustus 2019

Masa Peminjaman Habis, Firza Andika Umumkan Hengkang dari PSM CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin (kiri), saat meresmikan peminjaman Firza Andika dari AFC Tubize pada Agustus 2019. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Dikonfirmasi terpisah, Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim mengatakan manajemen tak memperpanjang masa peminjaman alumnus Akademi Semen Padang tersebut.

Firza bergabung pada Agustus 2019 dengan status pinjaman setengah musim dari klub Belgia, AFC Tubize. Kontraknya sempat diperbaharui untuk masa tambahan satu tahun pada Februari 2020 silam.

"Jadi yang bersangkutan memutuskan untuk barangkali bisa cari klub yang bisa tampung untuk berkompetisi di tempat lain," ujar Sule, sapaan akrabnya, Senin (1/3/2021) sore. Namun belum diketahui apakah pemuda asal Medan itu akan kembali ke Belgia atau tetap bertahan di Indonesia.

2. Satu setengah tahun bersama PSM, Firza cuma tampil sebanyak tiga kali

Masa Peminjaman Habis, Firza Andika Umumkan Hengkang dari PSM Firza Andika saat mengikuti sesi latihan bersama PSM Makassar, Maret 2020. (Instagram.com/firzaandika11)

Sejak resmi dipinjamkan AFC Tubize pada Agustus 2019, Firza Andika lebih banyak duduk di bangku cadangan. Tercatat ia hanya tampil sebanyak tiga kali untuk Pasukan Ramang. Rinciannya, dua kali jadi starter dan sekali sebagai pengganti. Total waktu bermain hanya 185 menit.

Konsentrasi Firza juga terpecah. Ia sempat absen dari klub selama dua bulan untuk persiapan Timnas U-22 yang terjun ke SEA Games Filipina 2019. Di pesta olahraga Asia Tenggara itu, Garuda Muda asuhan Indra Sjafri meraih medali perak.

3. Sinyal manajemen menggunakan pemain akademi di Piala Menpora 2021 semakin kuat

Masa Peminjaman Habis, Firza Andika Umumkan Hengkang dari PSM Sejumlah pemain akademi PSM saat mengikuti sesi latihan bersama PSM Makassar jelang restart Liga 1 2020 di Bosowa Sport Center pada hari Senin (21/9/2020). (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Dengan Piala Menpora yang kian dekat, manajemen harus bergerak cepat menentukan komposisi tim. Dengan hengkangnya sejumlah pemain, sinyal bahwa Juku Eja bakal menggunakan penggawa binaan akademi semakin kuat.

"Kami berikan kesempatan lain untuk pemain-pemain di akademi milik kita, kalau pun nantinya ada kekurangan pemain," jelas Sule.

Sepeninggal Firza, pos bek kiri kemungkinan besar bakal dioper ke Rony Beroperay yang masih bertahan. Di sisi lain masih ada nama pemain junior yakni Muhammad Adrian, minus Edgard Amping yang sedang mengikuti program Garuda Select di Inggris.

Baca Juga: Profil Singkat Firza Andika, Penggawa Baru PSM Makassar

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya