Liga 1 Terhenti, PSM Liburkan Pemain hingga Awal November

Pemain tetap diberi program latihan mandiri

Makassar, IDN Times - Agenda latihan PSM Makassar dipastikan berhenti selama dua pekan lebih. Wiljan Pluim dkk akan jalani libur panjang seiring nasib kompetisi yang terhenti untuk memberi jalan pada proses investigasi Tragedi Kanjuruhan.

"Setelah mendapat gambaran kapan liga akan dimulai, yakni akhir November, maka manajemen dan tim pelatih sepakat untuk meliburkan latihan bersama tim," demikian kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Jumat sore (14/10/2022).

1. Kepastian kapan liga dilanjutkan datang dari Ketum PSSI Mochaman Iriawan

Liga 1 Terhenti, PSM Liburkan Pemain hingga Awal NovemberKetum PSSI Mochamad Iriawan ungkap alasan Bangladesh gagal jadi lawan Timnas Indonesia. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Meski belum diumumkan secara resmi, kepastian tentang kelanjutan kompetisi datang dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada Kamis kemarin (13/10/2022). Hal tersebut ia utarakan dalam konferensi pers setelah bertemu perwakilan FIFA dan AFC di Hotel Fairmont Jakarta.

Dari paparan linimasa yang disepakati, mereka akan lebih dulu mengadakan sejumlah laga uji coba untuk mengevaluasi masalah keamanan pada 15-18 November 2022. Jika berjalan lancar, Liga 1 2022-23 akan kembali digulirkan secara penuh di tanggal 25-26 November, dimulai dari dua partai penutup pekan ke-11.

2. Para pemain tetap berlatih mandiri, di bawah pemantauan tim pelatih

Liga 1 Terhenti, PSM Liburkan Pemain hingga Awal NovemberSuasana latihan PSM Makassar di Stadion Kalegowa Pallangga pada Rabu 5 Oktober 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Meski tak ada latihan bersama, tim pelatih sudah menyiapkan program latihan yang wajib dijalani. Ini untuk menjaga level kebugaran selama masa libur. Tentu situasi ini mengingatkan pada masa pandemi, minus kepastian kapan liga digulirkan.

"Pemain dipersilahkan untuk kembali ke rumahnya masing-masing. Yang diliburkan adalah latihan bersama, karena semua pemain diwajibkan untuk tetap berlatih di rumah masing-masing, dengan diberikan program dan dipantau oleh tim pelatih," ungkap Sulaiman.

3. Bernardo Tavares ingin memulihkan mental pemain setelah Tragedi Kanjuruhan

Liga 1 Terhenti, PSM Liburkan Pemain hingga Awal NovemberPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan final Zona ASEAN AFC Cup 2022 kontra Kuala Lumpur City FC, Selasa 23 Agustus 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, sebelumnya sudah menyelipkan beberapa hari libur dalam masa latihan selama kompetisi dihentikan. Baginya, ini salah satu cara menjaga mental para pemainnya yang terpukul akibat Tragedi Kanjuruhan.

"Kita semua tahu kompetisi dihentikan (untuk sementara waktu) dan tidak ada yang tahu kapan akan kembali dimulai. Ini jelas akan memengaruhi sisi psikologis para pemain saya," ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima oleh IDN Times, Rabu lalu (12/10/2022).

Baca Juga: Profil Ronald Fagundez, Asisten Pelatih Anyar PSM Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya