Comscore Tracker

Liga 1: Antar Lini Persita vs PSM, Unjuk Gigi Para Pemain Lokal

Siapa berhak atas tiga poin dalam duel di Jumat (6/3) sore?

Makassar, IDN Times - Tren positif hendak dilanjutkan oleh PSM Makassar saat bertandang ke markas Persita Tangerang dalam laga pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Dihelat di Stadion Utama Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, pada Jumat (6/3) sore, ini jadi kali pertama kedua kesebelasan saling jajal sejak Indonesia Super League musim 2008/09.

Usai sukses mengimbangi Bali United, Pendekar Cisadane membidik poin penuh. Mereka enggan menjadi sekadar tim penggembira di kasta tertinggi sepak bola nasional. Selain itu, kemenangan akan menjadi awalan penuh kesan bagi para suporter Hamka Hamzah dkk yang sudah tak sabar merasakan atmosfer Liga 1.

Sementara itu, jadwal padat di liga dan AFC Cup membuat Wiljan Pluim dkk berpotensi mengalami rotasi. Kebugaran jadi harga yang tak bisa ditawar-tawar sekaligus cara menyiasati keadaan.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times menyajikan sosok-sosok penting di seluruh lini milik kedua kubu.

Baca Juga: Persita vs PSM: Dua Alumnus Perserikatan Berambisi Merebut Poin Penuh 

1. Kiper : Annas Fitrianto - Hilman Syah

Liga 1: Antar Lini Persita vs PSM, Unjuk Gigi Para Pemain LokalInstagram.com/persita.official - Instagram.com/psm_makassar

Annas Fitranto tampil memukau saat Persita berhasil menahan imbang Bali United. Sejumlah peluang emas Serdadu Tridatu berhasil ia mentahkan. Usaha Lerby Eliandry, Sidik Saimima dan Melvin Platje berujung buntu. Kiper asal Malang, Jawa Timur ini siap melanjutkan performa gemilang.

Hilman Syah sendiri tak banyak bekerja saat PSM berhasil menekuk PSS Sleman. Semua serangan yang disusun oleh barisan penyerang Super Elja buntu sebelum masuk kotak penalti. "Hari ini dia tak banyak berkeringat, saya akan beri dia porsi latihan lebih banyak," ucap pelatih kepala, Bojan Hodak, selepas laga pekan perdana pada Minggu (1/3).

Nah, agaknya Hilman akan lebih banyak jam terbang alias tampil sebagai starter sejak penampilan Miswar Saputra mendapat sorotan dari suporter.

2. Belakang : Hamka Hamzah - Serif Hasic

Liga 1: Antar Lini Persita vs PSM, Unjuk Gigi Para Pemain LokalInstagram.com/persita.official - Instagram.com/psm_makassar

Tak ada yang mengenal PSM sangat baik di kubu Persita kecuali Hamka Hamzah. Sempat berseragam merah marun pada musim 2017, Hamka jelas sudah hafal benar dengan gaya bermain mantan rekan-rekan setimnya dulu. Mulai dari Wiljan Pluim, Asnawi Mangkualam Bahar, Muhammad Arfan hingga Ferdinand Sinaga. Usianya memang telah menginjak kepala tiga, namun pengalaman adalah senjata terbaik Hamka saat ini.

Serif Hasic terlihat sangat pede saat pertama kali melakoni laga kandang pertama di Mattoanging. Pada babak kedua, palang pintu asal Bosnia tersebut tampil menggigit. Beberapa kali aksi individunya sanggup merepotkan para pemain PSS berkat keberaniannya melakukan penetrasi. Tak sampai di situ, ia lihai dalam bola udara dan tak ragu berduel satu lawan satu. Evgeniy Budnik, ujung tombak Persita, jadi ujian Serif selanjutnya.

3. Tengah : Eldar Hasanovic - Muhammad Arfan

Liga 1: Antar Lini Persita vs PSM, Unjuk Gigi Para Pemain LokalInstagram.com/persita.official - Instagram.com/psm_makassar

Baru pertama kali merantau ke Asia Tenggara, Eldar Hasanovic rupanya tidak canggung ketika terjun di kompetisi sepak bola nasional yang keras dan mengandalkan kecepatan. Gelandang berpaspor Bosnia itu sanggup menjalani peran sebagai jembatan penghubung antara lini belakang dan depan. Sebagai motor serangan, coach Widodo C. Putro sangat bertumpu pada kemampuan Eldar.

Muhammad Arfan "didapuk" sebagai pengganti Marc Klok di pos gelandang bertahan oleh Bojan Hodak. Pemuda 22 tahun ini punya hal penting yang dibutuhkan oleh seorang pemutus serangan: ngotot. Dirinya tak malu-malu melayangkan tekel atau menghadang langsung pemain lawan yang sedang membawa bola. Kendati demikian, Appang --sapaan akrabnya-- harus lebih taktis dalam membaca permainan serta lebih hati-hati dalam "mengganggu" pemain yang dikawalnya.

4. Depan : Samsul Arif - Ferdinand Sinaga

Liga 1: Antar Lini Persita vs PSM, Unjuk Gigi Para Pemain LokalInstagram.com/persita.official - Instagram.com/psm_makassar

Setelah dua tahun bersama Barito Putera, Persita jadi tempat baru Samsul Arif melanjutkan karier. Ia masih bertaji kendati sudah berusia 35 tahun. Gerakannya masih gesit, umpannya pun masih terukur. Saat penyerang lainnya cenderung panas dan mungkin tak sabaran, Samsul memiliki visi bermain taktis tak tergesa-gesa. Ibarat serigala, sosok kelahiran Bojonegoro, Jawa Timur itu siap menghukum setiap kesalahan dan celah yang didapat.

Sementara itu, Ferdinand Sinaga masih sanggup tampil lebih agresif ketimbang para penyerang PSM lain yang berusia lebih muda. Jika digabung dengan pramusim, The Dragon berhasil mengemas 7 gol dalam 8 laga yang dijalani. Selain itu, ia jadi aktor utama keberhasilan Pasukan Ramang mendulang poin penuh di pekan pertama berkat satu gol dan sebiji asis.

Baca Juga: Jelang Jumpa Persita, Pelatih PSM Siap Rotasi Pemain di Tim Utama

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya