Liga 1 2019: Bali United vs PSM, No Pluim No Problem!

Tanpa beberapa pilar inti, tuan rumah dalam kondisi timpang

Kamis 1 Agustus 2019, Stadion Kapten I Wayan Dipta - Gianyar, 19:30 WITA

Makassar, IDN Times - Tak ada waktu terbuang untuk skuad PSM. Pasca penundaan leg kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19, mereka langsung alihkan fokus ke laga pekan ke-12 Shopee Liga 1 2019. Melawat ke Gianyar, Juku Eja masih berusaha merangsek ke papan atas klasemen sementara. Jalani 6 laga, PSM baru kantongi 13 poin dan tercecer di peringkat 10.

Sementara itu, tim tuan rumah bertekad terus menempel PS TIRA-Persikabo dari posisi runner-up. Dengan selisih sebiji poin, Bali United enggan melepas momentum pacuan gelar juara. Namun saat menjamu tamu dari Makassar, sejumlah pilar penting harus absen. Mulai dari Willian Pacheco (hukuman komdis), Stefano Lilipaly (cedera) dan Paulo Sergio (akumulasi kartu).

1. Darije Kalezic tak ambil pusing dengan absennya Pluim

Liga 1 2019: Bali United vs PSM, No Pluim No Problem!Instagram.com/psm_makassar

Dalam konferensi pers pra-pertandingan pada Rabu (31/7), Darije Kalezic selaku pelatih kepala PSM mengamini bahwa anak asuhnya jadi tim dengan pertandingan paling sedikit di Liga 1. Apalagi setelah partai pamungkas Piala Indonesia, Marc Klok cs harus lakoni enam laga tunda alias bermain 7 hingga 8 kali dalam sebulan. Namun ia yakin timnya sudah terbiasa dengan skedul padat.

Menyoal absennya Wiljan Pluim, sosok berpaspor Swiss itu yakin Pasukan Ramang masih tetap kuat. "Kami sudah biasa bermain tanpa Pluim. Entah di Piala Indonesia dan AFC Cup. Jadi bukan masalah. Pemain absen itu perkara lumrah," pungkasnya.

Tanpa sang kapten sekaligus playmaker, opsi di lini tengah hanya sisakan empat nama yakni Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri dan Muhammad Arfan. Rasyid kemungkinan kembali diplot sebagai pengganti Pluim, seperti yang dilakukan PSM kala menantang Persija di leg pertama Piala Indonesia.

2. Tak diperkuat sejumlah pemain inti, Stefano Cugurra bakal putar otak menyusun strategi

Liga 1 2019: Bali United vs PSM, No Pluim No Problem!BaliUtd.com

Dalam kesempatan terpisah, juru taktik Bali United yakni Stefano Cugurra siratkan percaya diri. Dua partai terakhir Serdadu Tridatu berakhir dengan kemenangan, termasuk skor 0-2 di kandang Persib pada Jumat (26/7) silam. Tren positif coba dijaga, meski tak diperkuat sejumlah pemain inti dengan berbagai sebab. Nah, eks pelatih Persija dipastikan bakal putar otak menyusun starting eleven.

Perihal komposisi tim, ia yakin kualitas pemain pelapis tak jauh beda dengan para langganan starter. "Kami harus melihat kondisi para pemain yang berlatih. Saya pikir tidak banyak masalah. Semua pemain sudah tahu strategi dan taktik meski tak bermain, termasuk tanggung jawab saat bertahan atau menyerang," pungkas pria yang akrab disapa Teco itu.

Menengok materi Bali United, Melvin Platje sudah mendapat lampu hijau dari dokter tim. Penyerang asal Negeri Kincir Angin itu terpaksa absen di markas Maung Bandung lantaran alami gangguan pencernaan. Sedang pos Paulo Sergio yang kosong berpotensi diisi oleh gelandang veteran Muhammad Taufiq.

Baca Juga: Gelar Leg Kedua, PSSI Wajibkan Hal-hal Ini ke Panpel PSM Makassar

3. Juku Eja bertekad memetik poin penuh di kandang Serdadu Tridatu

Liga 1 2019: Bali United vs PSM, No Pluim No Problem!ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Bali United (4-3-3)

Wawan Hendrawan; Dias Angga Putra, Gunawan Dwi Cahyo, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin; Fadhil Sausu, Brwa Nouri, Muhammad Taufiq; Irfan Bachdim, Ilija Spasojevic, Fahmi Al-Ayyubi

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Marc Klok, Rasyid Bakri; Guy Junior, Eero Markkanen, M Rahmat

Baca Juga: Imbas Jadwal Padat, Ini Daftar Laga Tunda PSM Makassar di Liga 1 2019

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya