Comscore Tracker

Lawan Barito Putera, Pemain PSM Diminta Tak Buang Peluang 

Pelatih PSM merasa sedikit lega berkat jeda panjang

Makassar, IDN Times - Setelah jeda selama sepekan lebih, PSM kembali melanjutkan perjuangan mendaki klasemen. Di pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/22, mereka akan menantang Barito Putera, pada Jumat besok (28/1/2022). Duel ini akan berlangsung di Stadion Kompyang Sujana Denpasar.

Berbicara dalam sesi jumpa pers virtual pada Kamis pagi (27/1/2022), pelatih kepala PSM Joop Gall mengaku bisa bernapas lega berkat panjangnya waktu pemulihan. Satu pekan memang amat berharga di tengah jadwal padat. Alhasil, ia lebih leluasa mematangkan taktik dan strategi.

"Karena timnas main malam ini, kita jadi punya banyak waktu persiapan. Saya juga jadi bisa sedikit menerapkan materi gaya permainan yang saya mau ke sesi latihan. Semuanya berlaku untuk positional play," ungkapnya.

Baca Juga: Klub Myanmar Mundur dari AFC Cup 2022, PSM Batal Bertemu Shan United

1. Joop Gall mengasah "positional play" selama masa persiapan

Lawan Barito Putera, Pemain PSM Diminta Tak Buang Peluang Pelatih kepala PSM Makassar, Joop Gall, saat memimpin sesi latihan tim di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya, Denpasar, 7 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Positional play, atau membangun serangan lewat permainan dari kaki ke kaki, jadi solusi Gall untuk paceklik gol barisan depan. Ia mengakui bahwa anak asuhnya masih sulit terapkan build up. Selain itu, para penyerang disebut perlu lebih agresif.

"Pada saat ada peluang, kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Kita masih mudah kehilangan bola. Ini yang coba kita perbaiki dalam latihan, termasuk meningkatkan ball possessions," tutur juru taktik asal Belanda itu.

Saat imbang 0-0 lawan Persik Kediri, memang terlihat lini depan PSM kurang leluasa bergerak akibat penjagaan ketat. Serangan sporadis kerap berakhir nihil. Apalagi selama 90 menit, mereka tak sekalipun mendapat shot on target.

"Ketika menguasai bola, kita harus mencari solusi cara mengirim bola ke Ferdinand atau para pemain sayap. Kita harus memanfaatkan peluang, sekecil apapun,Saya harap kita juga bisa memainkan sepak bola yang lebih baik," ujar coach Gall.

2. Golgol Mebrahtu belum bisa dipastikan kembali merumput

Lawan Barito Putera, Pemain PSM Diminta Tak Buang Peluang Pemain PSM Makassar Golgol Mebrahtu dalam sesi pemanasan jelang laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/22 kontra Persik Kediri di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, 18 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Lebih jauh, ia belum bisa memastikan apakah Golgol Mebrahtu akan bermain besok. Striker berpaspor Australia itu diketahui sedang dibekap cedera otot saat lakukan pemanasan di laga kontra Persik, 18 Januari silam.

"Kita akan coba lihat di latihan hari ini. Kita akan melakukan tes, dan setelahnya baru betul-betul mempertimbangkan siapa yang siap dan tidak untuk pertandingan lawan Barito," pungkas juru taktik 58 tahun itu.

3. Muhammad Arfan siap bekerja keras demi hasil maksimal

Lawan Barito Putera, Pemain PSM Diminta Tak Buang Peluang Gelandang PSM Makasar Muhammad Arfan dalam sebuah sesi latihan pada Desember 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, gelandang Muhammad Arfan siap bekerja keras di laga besok. Terlebih sang lawan juga punya ambisi yang sama.

"Semua pemain tahu kita harus bekerja keras melawan Barito Putera. Kita tahu mereka punya pemain-pemain bagus," ujarnya.

"Karena itu, kami memohon dukungan dari teman-teman suporter di Makassar agar kita bisa meraih hasil maksimal," imbuh pemilik nomor punggung 48 itu.

Di sisi lain, ia mengaku sudah move on dari hasil putaran pertama. Saat itu Barito bisa membungkam PSM dua gol tanpa balas.

"Kita pastinya akan fokus. Hasil-hasil sebelumnya itu kita lupakan saja, kita fokus ke pertandingan besok," tutup Arfan.

Apakah Pasukan Ramang bisa memetik hasil positif? Saksikan laga PSM kontra Barito Putera pada Jumat besok (28/1/2022), pukul 21.00 WITA.

Baca Juga: Kisah Dua Eks Bintang di Piala Afrika yang Pernah Membela PSM Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya