Comscore Tracker

Langsung Tancap Gas, PSM Mulai Bersiap untuk AFC Cup

Target finis di papan atas Liga 1 sebagai modal ke AFC Cup

Makassar, IDN Times - Di balik cuci gudang skuad jelang putaran kedua Liga 1, PSM juga menyiapkan rencana untuk AFC Cup. Mereka ditunjuk sebagai salah satu wakil Indonesia di kompetisi tingkat benua, berkat status jawara Piala Indonesia 2018/19.

Dalam sesi konferensi pers Selasa (4/1/2022), Direktur Utama PSM Munafri Arifuddin menjelaskan bahwa pihaknya sudah merancang tim sejak awal tahun ini.

"Jadi, pemain-pemain ini lah yang juga akan kami bawa berlaga ke AFC Cup," ungkapnya di hadapan awak media ketika mengumumkan para amunisi baru.

Baca Juga: Datangkan 13 Pemain Baru, PSM Makassar Target Finis Lima Besar Liga 1

1. Masa persiapan lebih panjang, PSM langsung merekrut 12 amunisi baru

Langsung Tancap Gas, PSM Mulai Bersiap untuk AFC CupSesi perkenalan pemain baru PSM Makassar di Hotel Aryaduta pada Selasa 4 Januari 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Di bawah asuhan Joop Gall dan masuknya belasan pemain baru, termasuk striker asing, Munafri berharap laju Juku Eja di panggung benua bisa lebih jauh dari sebelumnya.

"Tentu kita berharap hasilnya bisa lebih baik daripada pencapaian kita di tahun 2019. Kita bisa berharap ini, karena waktu yang diberikan juga relatif masih panjang," papar sosok yang biasa disapa Appi' tersebut.

"Kita berharap mudah-mudahan di dalam proses yang berjalan ini, kita mendapat tim terbaik yang membawa nama PSM dan mewakili Indonesia di kompetisi Asia," sambungnya.

2. Munafri Arifuddin berharap PSM finis di papan atas Liga 1 musim ini

Langsung Tancap Gas, PSM Mulai Bersiap untuk AFC CupPesepakbola PSM Makasar Zulkifli Syukur berpelukan dengan Erwin Gutawa usai berlaga pada lanjutan BRI Liga 1 antara PSM Makasar melawan Persebaya Surabaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/9/2021). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebagai bekal mengarungi AFC Cup, Appi' menargetkan PSM bangkit dan bisa finis di papan atas BRI Liga 1 2021/22. Perombakan skuad besar-besaran diharap bisa membuat PSM tampil lebih garang sepanjang putaran kedua.

Secara spesifik, ia optimis Wiljan Pluim dkk mampu mendaki hingga zona tiga atau lima besar pada akhir musim.

"Akan tetapi, namanya permainan sepak bola tidak ada yang tidak mungkin. Kita lihat saja. Target kita memang sudah harus ada di papan atas, sebagai modal awal untuk ikut di AFC Cup," ujarnya.

3. Beredar rumor bahwa Juku Eja langsung tampil di babak grup AFC Cup 2022

Langsung Tancap Gas, PSM Mulai Bersiap untuk AFC CupPesepak bola PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kanan) memeluk rekannya, Yakob Sayuri usai menjebol gawang Shan United dalam pertandingan Grup H Piala AFC di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sementara itu, beredar rumor bahwa PSM langsung lolos ke fase grup AFC Cup 2022 alih-alih jalani play-off lebih dulu. Alasannya, salah satu kontestan berstatus jawara liga di negara Asia Tenggara terpaksa mundur lantaran COVID-19.

Saat dikonfirmasi oleh IDN Times, Asisten Manajer PSM yakni Syahrir Nawir Nur mengaku belum menerima pemberitahuan resmi.

"Sejauh ini saya belum terima update dari PSSI. Biasanya info langsung dari mereka. Kita tunggu saja ya," ujarnya dalam pesan singkat, Rabu pagi (5/1/2022).

Sesi latihan di Bosowa Sport Center (BSC) pada Selasa kemarin (4/1/2022) sudah diikuti 10 pemain anyar. Ferdinand Sinaga baru bertolak ke Makassar hari ini, sedang striker asing disebut berangkat dari Australia pada dua-tiga hari ke depan.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya