Kiprah Pemain asal Sulsel di Ajang Toulon Tournament Prancis

Nurhidayat dan Julyano hadir dalam skuat debut edisi 2017

Makassar, IDN Times - Setelah melalui pemusatan latihan sejak 16 Mei lalu, Timnas U-19 mengumumkan tim definitif yang akan terjun ke ajang Toulon Tournament 2022. Dalam pengumuman resmi PSSI pada Kamis (26/5/2022), ada 22 pemain yang bakal berangkat ke Prancis.

Dalam skuat pilihan duet pelatih Dženan Radončić dan Bima Sakti, terdapat tiga pemain akademi PSM. Mereka adalah bek kiri Edgard Amping, gelandang serang M. Rafli Asrul dan striker Ricky Pratama.

Ketiganya bisa meneruskan "tradisi" pemain asal Sulsel dan binaan PSM yang menjejakkan kaki ke Toulon, kota di selatan Prancis yang berhadapan dengan Laut Mediterania.

Baca Juga: Disurati Suporter PSM, Tavares: Saya Bukan Pesulap

1. Nurhidayat Haji Haris jadi andalan sektor belakang Indonesia saat itu

Kiprah Pemain asal Sulsel di Ajang Toulon Tournament PrancisNurhidayat Haji Haris saat tampil untuk Timnas Indonesia U-19 di ajang AFF Cup U-19 2017 di Myanmar. (Instagram.com/nurhidayatnh32)

Ini jadi kali kedua Indonesia tampil dalam helatan bernama resmi Tournoi Maurice Revello tersebut. Dalam debut edisi 2017, Garuda Nusantara dikomandoi oleh pelatih kepala Indra Sjafri. Egy Maulana Vikri dkk bersiap sebelum ajang AFF Cup U-18 pada tahun yang sama, dengan Myanmar sebagai tuan rumah.

Dua nama pemain kelahiran Makassar turut terselip dalam daftar skuat Timnas U-19 untuk Toulon Tournament 2022. Pertama yakni Nurhidayat Haji Haris. Ia dipromosikan dari level junior ke tim utama PSM pada musim 2017 oleh pelatih kepala Robert Rene Alberts.

Kedua adalah Julyano Pratama. Bek tengah yang biasa disapa Nono tersebut kala itu masih menimba ilmu di Diklat Ragunan bersama Witan Sulaeman, Egy Maulana serta kiper Gianluca Pagliuca Rossy.

2. Dalam daftar skuat, terselip pula nama Julyano Pratama

Kiprah Pemain asal Sulsel di Ajang Toulon Tournament PrancisJulyano Pratama, pemain yang direkrut PSMS dari PSM (IDN Times/Doni Hermawan)

Namun, Nurhidayat didapuk sebagai andalan Indra Sjafri selama turnamen. Memakai nomor punggung 5, pemain kelahiran 5 April 1999 tersebut tak tergantikan di sektor belakang Timnas U-19. Total waktu bermain Nurhidayat mencapai 240 menit sepanjang tiga pertandingan, sebab masih memakai format 2x40.

Di sisi lain, Julyano lebih banyak dicadangkan. Padahal, pemilik postur 1,84 meter itu hanya kerap turun sebagai starter dalam sejumlah laga uji coba sebelum bertolak ke Prancis.

Indonesia finis di peringkat terbawah Grup C tanpa sekalipun kantongi poin. Mereka dibekuk Brasil 1-0, kalah 2-0 dari Republik Ceko, sebelum takluk 2-1 kala berjumpa Skotlandia.

3. Toulon Tournament 2022 jadi ajang unjuk gigi para binaan Akademi PSM

Kiprah Pemain asal Sulsel di Ajang Toulon Tournament PrancisPotret Muhammad Rafli Asrul dan Edgard Amping, dua penggawa Akademi PSM Makassar yang lolos program Garuda Select III. (Instagram.com/psm_makassar)

Pasukan Ramang turut gembira dengan pemanggilan ketiga produk akademinya. Menurut Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, Toulon Tournament 2022 jadi kesempatan emas Edgard dkk unjuk gigi di panggung internasional.

"Kita support pemain yang dipanggil. Karena ini untuk kepentingan negara dan Timnas," ujarnya dalam pesan singkat yang diterima IDN Times pada 15 Mei lalu.

"Mudah-mudahan mereka bisa berkontribusi maksimal dan kembali ke klub tetap dalam kondisi bugar," lanjut Sulaiman. Timnas U-19 sendiri tergabung di Grup B bersama Venezuela, Ghana dan Meksiko.

Seperti apa kiprah Rafli, Edgard dan Ricky di Negeri Eiffel? Saksikan perjuangan mereka mulai Senin besok (30/5/2022) sampai 5 Juni mendatang.

Baca Juga: PSM Berpotensi Jalani Laga AFC Cup dan Pramusim Sekaligus

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya