Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)

Torehan mentereng di babak grup AFC Cup bersama pelatih baru

Makassar, IDN Times Tahun 2019 jadi masa penuh suka duka bagi hampir semua klub sepakbola Tanah Air, termasuk PSM Makassar. Meski finis di peringkat 12 Shopee Liga 1 2019 --sangat jauh dari target papan atas-- sejumlah hasil mentereng berhasil dicapai. Ada babak semifinal AFC Cup Zona ASEAN, serta tentu saja trofi Piala Indonesia 2018/19. Gelar tersebut membuat Kota Daeng kembali berpesta setelah menunggu selama nyaris 19 tahun.

Darije Kalezic memang hanya menemani Pasukan Ramang selama 10 bulan lebih. Dengan masa bakti yang amat singkat, ia mengaku terkesan dengan keramahan dan antusiasme publik Makassar setiap mendukung PSM.

Pasang surut iringi langkah Wiljan Pluim beserta kolega sepanajng tahun, dengan sepasang capaian yang saling bertolak belakang. Berikut ini kilas balik sepak terjang  PSM sepanjang tahun 2019, seperti dihimpun oleh IDN Times.

Baca Juga: Diwarnai Suka Duka, 5 Momen Spesial Darije Kalezic Bersama PSM

1. Januari : Terjun ke Piala Indonesia 2018/19 dengan para pemain baru

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)IDN Times / Aan Pranata

12 Januari : Di tengah antusiasme menyambut para pemain baru jelang musim 2019 bergulir, PSM Makassar mengumumkan bahwa Robert Rene Alberts meletakkan jabatan sebagai pelatih kepala. Kesehatan jadi alasan utama sang meneer berpisah dengan klub yang sudah ditukanginya sejak tengah musim 2016.

13 Januari : Para rekrutan baru diperkenalkan. Mereka adalah Bayu Gatra (winger, Madura United),Taufik Hidayat (bek kiri, Bali United), Benny Wahyudi (bek kanan, Madura United), Yandi Sofyan Munawar (striker, Bali United), Munhar (bek tengah, Madura United) dan Hery Prasetyo (kiper, Madura United). Namun beberapa hari berselang, Yandi Sofyan memilih mundur.

14 Januari : Yang ditunggu akhirnya datang juga. PSM mengumumkan dua legiun asingnya. Mereka adalah ujung tombak Eero Markkanen (penyerang, Dalkurd FK, Finlandia) serta Aaron Evans (bek tengah, Barito Putera, Australia).

16 Januari : Dua musim berseragam PSM, Marc Klok meneken perpanjangan kontrak hingga 2023.

22 Januari : Sepekan jalani masa latihan pasca libur, PSM mengadakan dua uji coba di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. Mereka menjajal dua klub lokal yakni PSAD Hasanuddin (menang 3-0) dan Khaka FC (imbang 0-0).

26 Januari : Melawat ke Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya, menantang Kalteng Putra dalam Babak 32 Besar Piala Indonesia 2018/19. Menang dengan skor tipis 1-2.

2. Februari : Pelatih baru yang mengawal PSM kembali ke pentas Asia

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)IDN Times / Aan Pranata

2 Februari : Usai desas-desus selama nyaris sebulan, PSM akhirnya memperkenalkan sosok pengganti Robert Rene Alberts. Dia adalah Darije Kalezic, pelatih berkebangsaan Bosnia-Herzegovina namun berpaspor Swiss. Sama seperti Robert, Darije telah mencicipi asam-garam sepak bola Belanda. Klub terakhir yang dilatihnya adalah Wellington Phoenix, tim asal Selandia Baru namun bermain di A-League Australia.

3 Februari : Leg kedua Babak 32 Besar Piala Indonesia kontra Kalteng Putra di kandang sendiri. PSM menang dengan skor 1-0 (agregat 3-1). Eero mencetak gol pertamanya, sekaligus penentu kemenangan PSM atas Laskar Isen Mulang. Darije juga pertama kali melihat dan merasakan langsung atmosfer Mattoanging di laga ini meski hanya dari bangku penonton.

7 Februari : Bertolak ke Yogyakarta untuk pemusatan latihan tahap pertama selama satu minggu.

16 Februari : Darije Kalezic jalani debut sebagai juru taktik PSM pada leg pertama Babak 16 Besar Piala Indonesia, menjamu Perseru Serui di Mattoanging. Cendrawasih Jingga dilibas dengan skor 9-0 tanpa balas. Eero sarangkan empat gol, Zulham Zamrun berhasil hattrick.

20 Februari : Perseru memilih tetap di Makassar di leg kedua alih-alih menjamu PSM di Stadion Marora, Serui. Keuangan jadi alasan utama. Mereka dilibas tiga gol tanpa balas, agregat akhir menjadi 12-0 untuk PSM.

27 Februari : Menghilang sejak 2005, PSM akhirnya menjajal pentas tingkat Asia lagi. Mereka tergabung di Grup H bersama Home United (Singapura), Kaya FC-Iloilo (Filipina) dan Lao Toyota (Laos). Di laga pembuka babak penyisihan grup, PSM melawat ke Singapura. Berjumpa Home United di Stadion Jalan Besar, mereka harus puas dengan skor sama kuat 1-1.

28 Februari : Kembali ke Yogyakarta untuk pemusatan latihan tahap kedua sekaligus mengikuti turnamen pra-musim Piala Presiden.

3. Maret : Cerita Piala Presiden yang kembali terulang

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)Dok. PSSI

6 Maret : Di helatan Piala Presiden 2019, PSM tergabung di Grup C (diadakan di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah) bersama tim promosi Kalteng Putra, Persipura Jayapura dan PSIS Semarang selaku tuan rumah. Pada partai pembuka, PSM harus mengakui keunggulan Kalteng Putra dengan skor 0-1.

10 Maret : Lantaran agenda Piala Presiden dan AFC Cup yang mepet, Darije harus membagi tim membagi tim menjadi dua. Seluruh pemain utama terbang ke Bogor untuk menantang Lao Toyota, dengan tim lapis dua tetap di Magelang. Jumpa Persipura, anak-anak muda ternyata sanggup repotkan tim Mutiara Hitam. Sayang, mereka kebobolan di menit-menit akhir. Skor 1-0 untuk Persipura.

13 Maret : Melindas Lao Toyota dengan skor 7-3 kala saling jajal di Stadion Pakansari, Bogor, dalam matchday kedua Grup H AFC Cup. Lima pemain berbeda catatkan namanya di papan skor. PSM masih membayangi Kaya FC-Iloilo dari posisi runner-up.

16 Maret : Dibekuk 1-0 oleh PSIS Semarang dalam matchday pamungkas Grup C Piala Presiden. PSM finis sebagai juru kunci tanpa sekalipun menang, mengulang hasil di dua edisi terakhir.

21 Maret : Kembali berlatih di Mattoanging setelah lebih dari dua pekan di Jogja. PSM tanpa agenda apapun sampai awal April.

4. April : AFC Cup yang sangat menguras tenaga

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

2 April : Matchday ketiga Grup H AFC Cup, PSM ditahan imbang Kaya FC-Iloilo dengan skor 1-1 ketika saling jajal di Stadion Pakansari. Wiljan Pluim dkk pun gagal menggeser sang jawara Piala Filipina lantaran kalah dalam urusan selisih gol.

17 April : Puncak klasemen Grup H AFC Cup berhasil diambil alih! Melawat ke Panaad Stadium, Bacolod, Juku Eja berhasil menekuk Kaya FC dengan skor tipis 1-2. Pertandingan berlangsung keras. Wasit memberi kedua tim masing-masing satu kartu merah.

18 April : Hasil undian perempat final Piala Indonesia 2018/19 mempertemukan PSM dengan Bhayangkara FC.

27 April : Leg pertama perempat final Piala Indonesia kontra Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta Selatan. Rapuhnya lini belakang, ditambah Aaron Evans yang belum padu, masih menjadi masalah utama. Hasilnya? The Guardian menang dengan skor akhir 4-2.

30 April : PSM wajib menang di matchday kelima AFC Cup jika ingin memastikan satu tiket ke babak semifinal Zona ASEAN. Namun lawannya adalah Home United, tim yang saat itu menggeser Kaya FC dari posisi runner-up. Publik Pakansari disuguhkan drama. The Protectors sempat unggul dua gol. Beruntung senjata ampuh bernama comeback kembali unjuk gigi. Sepasang gol Marc Klok ditambah satu angka sumbangan Guy Junior sukses mengirim PSM ke babak gugur. Dramatis!

5. Mei : Menyongsong kerasnya persaingan Liga 1 2019

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

3 Mei : Di leg kedua perempat final Piala Indonesia, PSM dihadapkan misi sulit. Mereka wajib menang minimal dua gol tanpa kebobolan saat menerima lawatan Bhayangkara FC. Beruntung misi tercapai. M Rahmat dan Rizky Pellu catatkan nama di papan skor. PSM menang 2-0. Agregat akhir imbang 4-4, namun mereka unggul gol tandang. Tiket ke babak semifinal pun digenggam.

5 Mei : Skuad PSM Makassar musim 2019 diperkenalkan dalam acara launching di Nipah Mall. Turut diperkenalkan juga sejumlah sponsor dan jersey baru.

14 Mei : Matchday terakhir Grup H AFC Cup. Lawatan ke Vientiane --ibu kota Laos-- tanpa sejumlah pemain inti yang diistirahatkan untuk pekan pembuka Shopee Liga 1 2019. Hasilnya? Lao Toyota dibekuk tiga gol tanpa balas. PSM finis sebagai pemuncak klasemen grup dengan koleksi 14 poin. Hasil dari empat kali menang dan sepasang hasil imbang.

20 Mei : PSM menjamu Semen Padang di Mattoanging dalam laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Gol semata wayang Zulham Zamrun sudah cukup untuk mengawali langkah PSM di liga dengan cemerlang. Kabau Sirah takluk 1-0. (Posisi di klasemen : 7)

24 Mei : Di pekan kedua Liga 1, PSM kembali mendulang tiga poin dalam dua laga beruntun. Ditantang Badak Lampung FC --dulu Perseru Serui-- mereka sukses mengoyak jala gawang Laskar Saburai sebanyak empat kali. Namun pesta ternoda oleh cederanya Wiljan Pluim dan Eero Markkanen. (Posisi di klasemen : 2)

29 Mei : Pekan ketiga Liga 1. Melawat ke Pakansari untuk menantang PS TIRA-Persikabo, PSM tanpa playmaker dan ujung tombak. Meski sama-sama bermain ofensif, kedua tim harus puas dengan skor kacamata. Ini jadi laga terakhir sebelum masuk libur Ramadan-Lebaran. Liga baru kembali dihelat pada 14 Juni. (Posisi di klasemen : 3)

Baca Juga: Darije Kalezic Bantah Mundur dari PSM Makassar

6. Juni : Pahitnya gugur di semifinal AFC Cup Zona ASEAN

Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

2 Juni : Hasil undian babak semifinal AFC Cup 2019 mempertemukan PSM dengan Becamex Binh Duong, runner-up Grup G. Masalah sempat mencuat. Laga pekan keempat, di mana PSM melawat ke kadang Persipura pada 16 Juni, hanya berselang tiga hari dari leg pertama. Apalagi PSM harus bertandang lebih dulu ke Vietnam. Beruntung PT Liga Indonesia memutuskan seluruh laga pekan keempat Liga 1 ditunda atas pertimbangan agenda internasional milik Timnas Indonesia.

9 Juni : Undian babak semifinal Piala Indonesia 2018/19. Madura United, tim bertabur bintang, menjadi lawan PSM selanjutnya.

15 Juni : PT LIB memutuskan menunda laga pekan kelima PSM kontra Arema FC (21 Juni) demi memberi anak asuh Darije Kalezic waktu istirahat cukup saat menjamu Becamex di Pakansari, pada 26 Juni.

19 Juni : PSM bertandang ke Go Dau Stadium di kota Thu Dau Mot, dalam leg pertama semifinal AFC Cup Zona ASEAN. Mereka sanggup menguasai aliran bola, namun kalah dalam urusan agresivitas di depan gawang. Becamex justru berhasil memecah kebuntuan di menit ke-80. Skor akhir 1-0 untuk tuan rumah. Pulang dengan tangan hampa dari Negeri Paman Ho, PSM bertekad membalas di Pakansari.

26 Juni : Tak ada keajaiban di leg kedua babak semifinal AFC Cup Zona ASEAN. Meski menang 2-1, PSM tersisih lantaran Becamex unggul perolehan gol tandang. Sebagai catatan, PSM jadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos dari babak penyisihan grup AFC Cup 2019. Fokus langsung dialihkan ke semifinal Piala Indonesia.

(Dengan dua pertandingan tunda, posisi PSM di klasemen Liga 1 2019 melorot ke peringkat 6)

30 Juni : PSM menjamu Madura United dalam leg pertama semifinal Piala Indonesia. Kompak turunkan tim terbaik, anak asuh Dejan Antonic sanggup mengimbangi agresifitas tuan rumah. Beruntung, gol cantik Zulham Zamrun memberi kemenangan 1-0 untuk PSM. Satu kaki PSM berada di babak puncak.

(Bersambung)

Baca Juga: Eero Markkanen, Sang Ujung Tombak PSM, dalam Rentetan Angka

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya