Kesan Duo Ramang Muda Rafli - Edgard Lolos Lagi Garuda Select ke Eropa

Duo Akademi PSM siap menimba ilmu sepak bola di Inggris lagi

Makassar, IDN Times - Setelah melalui proses seleksi selama satu pekan, program Garuda Select Jilid III telah menentukan para talenta terpilih. Dari daftar yang diumumkan oleh PSSI pada Minggu, 8 November 2020, total ada 21 nama bakal diboyong menimba ilmu bal-balan di Eropa.

Sebanyak 17 pemain hasil seleksi duo Dennis Wise - Des Walker adalah anak muda yang baru pertama kali lolos. Empat sisanya adalah alumnus program Garuda Select II tahun lalu.

Mereka adalah Fernando Pamungkas (Persebaya Surabaya), Kakang Rudianto (Persib Bandung) ditambah dua anggota Akademi PSM Makassar, yakni Muhammad Rafli Asrul serta Edgard Amping,.

1. Lolos untuk kali kedua, Muhammad Rafli Asrul diminta tetap rendah hati

Kesan Duo Ramang Muda Rafli - Edgard Lolos Lagi Garuda Select ke EropaGelandang serang Akademi PSM Makassar, Muhammad Rafli Asrul, saat masih berada di Inggris untuk program Garuda Select II. (Dok. Istimewa/Isidorus Rio Turangga)

Kepada IDN Times, Rafli Asrul mengaku bangga bisa kembali lolos. Kerja keras selama seleksi terbayar tuntas dengan kepercayaan dari duo mantan penggawa Timnas Inggris. Di sisi lain, ada dukungan besar orangtua kepada pemuda kelahiran Enrekang, 19 Februari 2003, tersebut. Mereka meminta sang buah hati tetap membumi.

"Keluarga saya sangat senang. Mereka tetap mendukung saya dengan mengatakan (agar saya tetap) rendah hati. Ini baru awal sehingga saya harus tetap bekerja keras. (Orangtua juga mengatakan) tetap melakukan kewajiban salat lima waktu," ungkap si gelandang serang saat dihubungi pada Rabu (11/10/2020) sore.

Selama di Eropa, Rafli berhasil catatkan torehan 9 gol dan 9 asis. Tak cuma itu, ia bahkan didapuk sebagai penggawa Garuda Select dengan mobilitas paling tinggi di lapangan. Dalam seluruh laga yang dilakoni, Rafli tercatat berlari sejauh 132,69 km atau rata-rata 16,58 km per satu pertandingan.

2. Edgard Amping (kanan) tak ingin menyia-nyiakan kesempatan "berguru" di Inggris lagi

Kesan Duo Ramang Muda Rafli - Edgard Lolos Lagi Garuda Select ke EropaBek sayap Akademi PSM, Edgard Amping, saat beraksi dalam laga Garuda Select vs Huddersfield Town U-18 pada Selasa (18/2/2020). (Dok. PSSI)

Edgard Amping pun gembira kembali lolos. Pemain yang rutin jadi starter di seluruh 18 pertandingan Garuda Select II itu mengaku siap kembali menimba pengalaman di Negeri Ratu Elizabeth.

"Perasaan saya pasti sangat senang dan bangga bisa terpilih untuk Garuda Select. Apalagi bisa berangkat untuk kedua kalinya. Ini kesempatan yang benar-benar langka dan berharga buat saya," tutur pemuda 17 tahun asal Mamuju, Sulawesi Barat tersebut.

Lantas bagaimana persiapan keduanya jelang program jilid ketiga? Rafli mengaku hanya menjaga kondisi lewat program latihan sembari tetap menaati protokol kesehatan.

Edgard pun demikian. "Untuk persiapan, saya tetap menjaga kebugaran fisik. Saya tetap latihan tapi dengan porsi yang agak lebih dari biasanya," jelas sang bek sayap.

Baca Juga: [KLASIK] Memori Sarat Gol Aldo "Dodo" Barreto Bersama PSM Makassar

3. Keduanya berharap Garuda Select bisa membuka kesempatan bermain di Eropa

Kesan Duo Ramang Muda Rafli - Edgard Lolos Lagi Garuda Select ke EropaPara pemain Garuda Select II berpose jelang bertanding melawan tim Juventus U-17 di Juventus Training Center, Turin, Italia, Kamis (16/1/2020). (Dok. PSSI)

Di Garuda Select III, baik Rafli dan Edgard kompak berharap bisa menimba banyak pengalaman. Tak lupa, ada impian bermain di luar negeri yang turut dipanjatkan.

"Semoga saya bisa membantu Garuda Select ketiga ini. Semoga ilmu yang saya peroleh tambah banyak. Dan semoga lewat Garuda Select saya bisa mencapai cita-cita bermain di luar negeri," papar Rafli.

"Harapannya bisa terus menampilkan yang terbaik di sana (Inggris), bisa semakin berkembang sebagai pesepak bola. Semoga saya bisa dilihat oleh pencari bakat, dan bisa masuk di klub Eropa," tandas Edgard.

Sesuai rencana, seluruh pemain terpilih untuk Garuda Select III akan berangkat ke Inggris pada akhir tahun 2020 atau awal 2021. Pemusatan latihan intensif rencananya bakal berlangsung hingga Mei 2021.

Baca Juga: Termasuk "Jorginho", 5 Pemain PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya