Kalah Tipis Dari Bali United, Kalezic: Kami Sudah Berusaha

Pekan ke-13 dijalani tanpa Aaron Evans dan Eero Markkanen

Makassar, IDN Times - Niat PSM memetik poin di kandang Bali United dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan ke-12 harus dikubur dalam-dalam. Saling jajal di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Kamis (2/8) malam, sang tamu dari Makassar dibungkam lewat skor tipis 0-1.

Bermain tanpa jenderal lapangan tengah di masing-masing kubu --Wiljan Pluim dan Paulo Sergio-- membuat laga berjalan dalam tempo cepat. Meski saling mengancam jantung pertahanan, gol sundulan Melvin Platje di menit ke-60 memaksa PSM bertekuk lutut untuk kali kesekian saat melawat ke Pulau Dewata.

Baca Juga: Liga 1 2019: Bali United vs PSM, No Pluim No Problem!

1. PSM berhasil menekan Bali United sepanjang 20 menit babak pertama

Kalah Tipis Dari Bali United, Kalezic: Kami Sudah BerusahaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Dalam sesi jumpa pers selepas waktu normal rampung, pelatih kepala PSM, yakni Darije Kalezic menyebut anak asuhnya memulai pertandingan dengan baik. Tekanan demi tekanan dilancarkan sepanjang 20 menit pertama. Guy Junior dan M Rahmat silih berganti menekan dari sisi sayap, namun kendali justru direbut Bali United jelang turun minum.

"Sepanjang 10 menit terakhir babak pertama, Bali United mendapat banyak peluang dari (Ilija) Spasojevic (menit ke-39 dan 45+2'). Semua itu peluang yang harusnya menjadi gol," ujarnya.

Sayang, niatan melihat taktik permainan cepat berjalan lancar ternyata harus pupus. Dua pemain penting yakni winger M Rahmat dan bek kanan Asnawi Mangkualam Bahar ternyata harus ditarik keluar sebelum turun minum lantaran cedera.

2. Keteteran selepas turun minum, gawang Rivky bobol pada menit ke-60

Kalah Tipis Dari Bali United, Kalezic: Kami Sudah BerusahaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Masuk paruh kedua pertandingan, momentum berbalik menjadi milik Serdadu Tridatu. PSM sendiri mulai sering kehilangan bola. Sejumlah umpan panjang berhasil dipatahkan sebelum mencapai sektor depan. Menilik statistik, angka posession ball berimbang 50-50. Akan tetapi, para penyerang Bali United lebih agresif dengan bukukan 18 peluang berbanding 11 milik tamu.

Gol Melvin Platje tercipta usai manfaatkan umpan silang kiriman Fadhil Sausu. "Bali United membuat beberapa tendangan bebas di wilayah kita dan akhirnya mencetak gol. Setelahnya kita sudah mencoba bangkit. Akan tetapi tak cukup kuat mengembalikan performa (seperti di babak pertama)," tandas eks pelatih Wellington Phoenix itu.

3. Juku Eja belum keluar dari jerat papan tengah

Kalah Tipis Dari Bali United, Kalezic: Kami Sudah BerusahaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Selain masih tertahan di peringkat 10 klasemen sementara (13 poin dari 7 laga), Pasukan Ramang juga dipastikan kehilangan dua pemain penting untuk gameweek selanjutnya. Palang pintu Aaron Evans dan striker Eero Markkanen diganjar kartu merah oleh wasit Mustofa Umarella di pertandingan ini. Sementara belum ada kabar terbaru perihal kondisi cedera M Rahmat dan Asnawi.

Untuk pekan ke-13 Liga 1, PSM akan terbang ke Samarinda untuk menantang Borneo FC, Sabtu (10/8). Namun sebelum berjumpa Pesut Etam, mereka lebih dulu jalani partai leg kedua final Piala Indonesia 2018/19 kontra Persija di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada Selasa (6/8) mendatang.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya