Jelang Tantang PSM, JFT Beberkan Resep Kebangkitan Persipura

Tim Mutiara Hitam saat ini bertengger di peringkat kedua

Makassar, IDN Times - Persipura Jayapura datang melawat ke kandang PSM Makassar dengan harapan mampu mendulang poin. Hal tersebut ditegaskan oleh sang pelatih kepala, Jacksen F. Tiago, dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, pada Minggu (17/11) sore.

Berbicara dalam kesempatan tersebut, coach Jacksen mengaku merasa senang kembali ke arena yang pernah menjadi tempatnya berlabuh. Mattoanging pernah menjadi saksi magis Jacksen semasa masih berkarier sebagai pemain antara tahun 1996 hingga 1998.

"Senang bisa kembali ke sini. Selama beberapa hari ini, kami lebih fokus ke recovery (pemulihan). Ada beberapa pemain kelelahan pascalawan Bali United. Harapan besarnya, agar kami bisa menampilkan permainan terbaik," ujarnya.

1. Datang dengan skuad lengkap, Persipura baru saja menahan imbang Bali United dengan skor 2-2 pekan silam

Jelang Tantang PSM, JFT Beberkan Resep Kebangkitan PersipuraANTARA FOTO/Umarul Faruq

Melawat ke Makassar, komposisi skuad Persipura relatif lengkap walaupun tanpa Boaz Solossa. Sang kapten tim harus absen di laga ini akibat akumulasi kartu kuning. Sementara itu tak ada penggawa yang dipanggil ke Timnas baik itu level senior atau U-23. Tak menghitung gelandang Muhammad Tahir yang gagal ke Malaysia akibat belum mengantongi paspor.

Coach Jacksen sendiri mengaku punya jadwal yang lebih padat ketimbang PSM. "Publik fokus hanya ke pertandingan terakhir PSM lawan Persebaya. Tapi dalam rentang waktu hampir sepuluh hari, kita cuma bermain dua kali di saat PSM hanya sekali. Jadi saya rasa, kita sama-sama lelah" lanjutnya.

Kendati demikian, ia menyebut anak asuhnya tetap melakukan tugasnya dengan baik dengan sokongan penuh dari tim kepelatihan. "Tidak ada masalah apapun. Dengan segala kekurangan, kami siap bertanding," paparnya.

2. Status sebagai tim musafir tak menjadi perkara penghalang kebangkitan Persipura

Jelang Tantang PSM, JFT Beberkan Resep Kebangkitan PersipuraANTARA FOTO/Umarul Faruq

Situasi musim ini memang cukup sulit bagi Persipura. Mereka terpaksa menjadi tim musafir lantaran Stadion Mandala Jayapura harus direnovasi untuk keperluan Pekan Olahraga Nasional yang digelar di ibu kota Provinsi Papua tersebut tahun depan.

"Itu jelas berat. Namun kita mampu bersaing meskipun sudah hampir empat bulan kita bermain di Tenggarong dan Sidoarjo. Beruntung kita punya pemain yang luar biasa komitmen dalam melakukan tugas mereka. Sekali lagi, anak-anak punya kesadaran dan komitmen," ujar sosok yang sempat menangani Barito Putera tersebut.

Menyoal kekuatan sang lawan, Jacksen beranggapan bahwa PSM adalah tim terbaik di Indonesia dengan tolak ukur pencapaian di AFC Cup. Untuk laga esok, ia meminta barisan beknya bekerja lebih keras. "Sebisa mungkin kesalahan di lini pertahanan diperkecil karena PSM punya penyerang bagus."

Baca Juga: Derby Indonesia Timur! Ini 5 Pertemuan Terakhir PSM vs Persipura

3. Bertengger di peringkat kedua klasemen sementara sama sekali tak diduga oleh pelatih kepala Persipura, Jacksen F. Tiago

Jelang Tantang PSM, JFT Beberkan Resep Kebangkitan PersipuraLiga-Indonesia.id

Ketika ditanya soal grafik menanjak nan konsisten milik tim Mutiara Hitam sejak kembali ia tangani pada pertengahan Juli, Jacksen sama sekali tak menduganya. Sosok berpaspor Brasil itu mengatakan bahwa ia hanya dibebankan target realistis yakni mendongkrak posisi Persipura, dari posisi ke-17 menuju 10 besar.

Namun seiring waktu, dewi fortuna yang sempat menjauh justru kembali akrab dengan Boaz Solossa cs. Tujuh kali kemenangan berhasil diraih dari sebelas laga terakhir. Mereka bahkan tengah bertengger sebagai runner-up, menguntit Bali United sang pemuncak klasemen sementara.

Lantas apakah target 10 besar sudah direvisi menjadi target jawara Liga 1 2019? Pria 51 tahun itu memilih tetap menjejak bumi. "Itu bukan sebuah perkara mudah. Saya tidak mau mendahului Tuhan. Tapi jika kami bertahan di posisi kedua, ini jadi hal yang luar biasa buat saya."

4. Rasa optimis juga ditunjukkan oleh para penggawa tim Mutiara Hitam

Jelang Tantang PSM, JFT Beberkan Resep Kebangkitan PersipuraANTARA FOTO/Umarul Faruq

Ian Louis Kabes, yang juga hadir dalam kesempatan yang sama, sudah siap untuk mendulang poin di Mattoanging bersama rekan-rekan setimnya, entah satu atau bahkan tiga. Eks gelandang serang Timnas era 2010 ini turut menuturkan perubahan sejak Jacksen kembali ke dapur taktik Persipura.

"Ada kebersamaan dan saling dukung. Ia turut memperbaiki posisi yang selama ini jadi kelemahan. Ia punya keinginan besar. Yang terpenting, kami fokus untuk mempertahankan (posisi yang sekarang)," pungkas pemain veteran berusia 33 tahun tersebut.

Baca Juga: Preview PSM Vs Persipura: Buru Kemenangan demi Kado Ultah ke-103

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya