Jelang Jamu TIRA-Kabo, Kalezic Soroti Pemain Muda dan Kondisi Lapangan

Skuad Juku Eja dalam kondisi compang-camping

Makassar, IDN Times - PSM harus menang. Itu yang disiratkan sang pelatih kepala, Darije Kalezic, jelang berjumpa PS TIRA-Persikabo. Poin penuh memang mutlak didulang dalam laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung pada Kamis (19/9) malam esok. Puasa kemenangan di dua partai terakhir membuat mereka kembali melorot ke papan tengah. Otomatis, posisi harus kembali dikerek. Namun, lawan mereka bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata.

"Mereka (PS TIRA-Persikabo) adalah runner-up klasemen sementara. Ini menjanjikan pertandingan sengit antara kami. PSM butuh pertandingan seperti itu. Kita tahu harus mengerahkan seratus persen untuk laga esok. Dan saya kira para pemain yang bermain esok juga melakukan hal serupa," pungkas Kalezic dalam sesi jumpa media jelang pertandingan pada Rabu (18/9) sore.

1. Pasca lawatan dari markas Badak Lampung FC, empat pemain harus absen dari kubu PSM

Jelang Jamu TIRA-Kabo, Kalezic Soroti Pemain Muda dan Kondisi LapanganInstagram.com/psm_makassar

Namun, Juku Eja menghadapi partai ini dengan skuad compang-camping. Total ada empat nama yang menyusul Bayu Gatra dan Guy Junior dalam daftar absen. Asnawi Mangkualam Bahar, Beny Wahyudi dan Zulham Zamrun harus menepi akibat hukuman kartu. Sementara Amido Balde didera cedera hamstring.

Menyoal potensi memainkan Taufik Hidayat sebagai bek kiri mengganti Beny, coach Kalezic mengaku harus melihat lebih jauh. Pasalnya, ia sudah memberi menit bermain kepada eks penggawa Bali United tersebut. Sayang, penampilan Taufik belum memenuhi ekspektasi sang pelatih kepala.

Pelatih berpaspor Swiss itu rupanya tengah membidik beberapa pemain muda untuk diplot sebaga starter. "Saya ingin melihat pemain muda bermain, karena banyak pemain muda meninggalkan tim ini terlalu cepat. Saya percaya bahwa bagian pembinaan sudah melakukan pekerjaan maksimal. Harusnya kita memberi kesempatan lebih kepada mereka untuk lebih bersinar."

Baca Juga: Didominasi Juku Eja, Ini Catatan 5 Pertemuan Terakhir PSM vs PS TIRA

2. Ferdinand Sinaga (kanan) diplot sebagai ujung tombak serangan

Jelang Jamu TIRA-Kabo, Kalezic Soroti Pemain Muda dan Kondisi LapanganLiga-Indonesia.id

Lebih jauh, absennya Balde sebagai ujung tombak membuat Ferdinand Sinaga otomatis masuk sebagai starter. Alhasil strategi mengandalkan bola atas harus diubah. "Saya tidak bisa menambah tinggi Ferdinand setengah meter lagi untuk laga besok. Jadi kami harus memainkan bola-bola bawah," seloroh Kalezic.

Permainan dari kaki ke kaki sejatinya ditunjang oleh kondisi lapangan mumpuni. Sayangnya sang juru taktik menyoal kondisi lapangan Mattoanging. "Saya harap kondisi lapangan lebih baik ketimbang saat PSM melawan PSIS. Sebab jika kondisinya tak membaik, artinya kami punya masalah besar," tuturnya.

Absennya Osas Saha dari kubu PS TIRA-Persikabo memang membuatnya sedikit lega kendati tak serta merta menjadi keuntungan. Pada akhirnya, eks pelatih Wellington Phoenix itu tetap harus membaca situasi pada pertandingan besok. Sulit menerka seperti apa sektor depan Laskar Pajajaran kala sedang timpang. 

Baca Juga: Didominasi Juku Eja, Ini Catatan 5 Pertemuan Terakhir PSM vs PS TIRA

3. Wiljan Pluim (kedua dari kiri) hendak buktikan bahwa Pasukan Ramang pantas berada di papan atas

Jelang Jamu TIRA-Kabo, Kalezic Soroti Pemain Muda dan Kondisi LapanganIDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan yang sama, sang kapten Wiljan Pluim rupanya tak sabar menanti laga tersebut. Ia memuji PS TIRA-Persikabo lantaran meruntuhkan prediksi banyak pecinta sepak bola lantaran bisa bersaing di papan atas. Akan tetapi, ambisi kembali mengantar Pasukan Ramang kembali ke tangga juara tetap menggelora.

"Mereka (TIRA-Kabo) telah melakukan pekerjaan bagus sejauh ini. Dan kita akan melawan TIRA besok. Kita harus mengerahkan usaha terbaik. Kita harus tunjukkan kepada mereka bahwa kami ingin naik ke papan atas dan layak berada di sana," tandas playmaker jangkung berpaspor Belanda itu.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya