Baru 5 Bulan di PSM, Darije Kalezic Dilirik Klub Eredivisie Belanda

Masuk di antara 30 kandidat manajer baru De Graafschap

Makassar, IDN Times - Belum penuh setengah tahun bersama PSM Makassar, Darije Kalezic sudah dibidik oleh salah satu klub Eredivisie--kasta teratas liga sepak bola negeri Belanda. Menurut berita yang dilansir laman Omroep Gelderland pada Senin (6/5), Kalezic masuk dalam daftar kandidat pelatih De Graafschap.

Sosok kelahiran Swiss tersebut adalah salah satu dari lima nama yang mencuat sebagai suksesor pelatih De Graafschap. Sang juru taktik mereka saat ini, Henk de Jong, sudah memastikan diri hengkang begitu musim 2018/19 rampung.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

1. Darije Kalezic bukanlah sosok asing di jajaran kepelatihan De Graafschap

Baru 5 Bulan di PSM, Darije Kalezic Dilirik Klub Eredivisie BelandaIDN Times / Aan Pranata

Hubungan antara Kalezic dan De Graafschap sebetulnya sudah pernah terjalin. Di penghujung karier sebagai pemain profesional, klub berjuluk Superboeren alias Super Farmers tersebut diperkuatnya selama dua musim. Selama berseragam biru-putih dari tahun 2004-2006, ia tampil sebagai salah satu tembok belakang dalam 24 laga. Sebiji gol berhasil diciptakannya.

Banting setir ke dunia kepelatihan, De Graafschap pula yang menjadi batu loncatan pertamanya sebagai juru taktik. Tercatat Kalezic menjadi pelatih tim muda dari 2006-2008, sebelum naik pangkat menjadi asisten manajer tim utama di musim 2008/09.

2. Bersama Super Farmers, Kalezic meraih trofi juara Eerste Divisie musim 2009/10

Baru 5 Bulan di PSM, Darije Kalezic Dilirik Klub Eredivisie BelandaIDN Times / Istimewa

Pada 25 Februari 2009, pria 49 tahun tersebut kemudian ditunjuk sebagai manajer interim setelah manajer sebelumnya, yakni Henk van Stee didepak lantaran rentetan hasil buruk. Kendati De Graafschap harus turun kasta di akhir musim 2008/09, Kalezic tetap menjabat sebagai nakhoda tim.

Pada 2009/10, ia mengantar De Graafschap kembali ke Eredivisie dengan status juara Eerste Divisie. Namun klub yang bermarkas di kota Doetincheim itu harus berkutat di papan bawah semusim berselang. Kendati selamat dari ancaman degradasi dengan finis di posisi 14 klasemen akhir musim, Kalezic memilih hengkang.

3. Kalezic hanya salah satu dari total 30 kandidat pelatih

Baru 5 Bulan di PSM, Darije Kalezic Dilirik Klub Eredivisie BelandaInstagram.com/psm_makassar

Selain Kalezic terdapat sejumlah nama lain, seperti Andries Ulderink (eks manajer klub Inggris, Reading FC), Ruud Brood (mantan asisten pelatih PSV Eindhoven) serta Peter Hyballa yang pernah mengasuh Borussia Dortmund U-19.

"Kami tak terburu-buru. Tapi semakin cepat menunjuk manajer baru, semakin bagus. Kami sudah mengantongi sejumlah nama, ada sekitar 30 kandidat. Banyak di antaranya yang sudah bekerja untuk De Graafschap di masa lalu," pungkas manajer teknis De Graafschap, Peter Hofstede.

De Graafschap sendiri tertatih-tatih di Eredivise musim ini. Sisakan dua partai krusial, mereka masih berjuang lepas dari zona degradasi  setelah tertahan di posisi ke-16 klasemen sementara.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya