Head to Head PSM vs Persela, Sang Tamu Punya Penyerang Ulung

Menanti adu cerdik Aaron Evans lawan Alex dos Santos

Makassar, IDN Times - Duel PSM vs Persela Lamongan dalam lanjutan pekan ke-17 Liga 1 2019 pada Minggu (1/9) esok sarat dengan kepentingan. Si penghuni Stadion Andi Mattalatta Mattoanging hendak mengerek posisi lebih tinggi dari peringkat 8 klasemen sementara, pasca tur Jawa --ke kandang PSS Sleman dan Persija Jakarta-- yang berakhir kurang maksimal.

Namun sang tamu bukanlah tim yang bisa dipandang sebelah mata. Walau bergeming di posisi ke-14, anak asuh Nil Maizar baru saja melindas habis tim papan atas PS TIRA-Persikabo dengan skor 6-1. Laskar Joko Tingkir menyambangi Kota Daeng dengan koper berisi rasa percaya diri. Mereka masih terkenang memori manis semusim silam: membungkam publik Mattoanging dengan menang tipis 2-3.

Nah, sebagai pengantar bentrok pasukan merah marun dan kesebelasan biru langit, berikut ini IDN Times menyajikan kekuatan inti milik kedua kubu.

1. Belakang: Aaron Evans - Mochammad Zaenuri

Head to Head PSM vs Persela, Sang Tamu Punya Penyerang UlungInstagram.com/psm_makassar / Instagram.com/m.zaenuri02

Aaron Evans : 27 kali main, 3 gol, 2 assist

Aaron Evans bekerja cukup keras sewaktu PSM bertamu ke markas Persija pada Rabu (28/8) kemarin. Pasca kekalahan pahit dari PSS Sleman, evaluasi dari coach Kalezic ternyata berjalan ampuh. Meski sudah hafal bagaimana sistem penyerangan Macan Kemayoran bekerja, Evans --dan Abdul Rahman si tandem setia-- kembali sukses mengunci Marko Simic. Tantangan selanjutnya? Alex dos Santos.

Mochammad Zaenuri : 13 kali main, 2 gol

Sempat absen lama akibat cedera, Mochammad Zaenuri rupanya masih penting dalam skema racikan Nil Maizar. Pengalaman palang pintu 34 tahun tersebut jadi pertimbangan utama sang pelatih pengganti Aji Santoso. Kini pertanyaan terbesar, siapa duet Zaenuri di Mattoanging esok. Apakah Mawouna Amevor atau Arif Satria? Amevor masih duduk manis di bangku cadangan, padahal ia sudah pulih dari cedera.

Baca Juga: Gubernur Tegaskan Kandang PSM Makassar Milik Pemprov 

2. Tengah: Wiljan Pluim - Rafinha

Head to Head PSM vs Persela, Sang Tamu Punya Penyerang UlungInstagram.com/psm_makassar / Instagram.com/persela.fc

WIljan Pluim : 16 kali main, 4 gol, 2 asis

Pluim harus kepayahan kala menjamu Laskar Joko Tingkir. Sang playmaker andalan kehilangan dua tandem andalannya yakni Marc Klok yang absen karena akumulasi kartu kuning dan Rizky Pellu dipanggil Timnas. Bisa jadi beban di pundak The Dutchman malah berlipat. Harapan kini ada pada Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, dan Raphael Maitimo, siapa pun yang dipilih coach Kalezic. Seperti kata orang-orang, bahkan seorang jenius tak bisa bekerja sendirian.

Rafinha : 15 kali main, 3 gol, 1 asis

Pemilik nama lengkap Rafael Gomes de Oliviera ini adalah "kartu truf" warisan Aji Santoso. Sebagai rekrutan terakhir Persela jelang musim 2019 bergulir, Rafinha bisa lakoni beberapa peran di lapangan. Jebolan akademi Sao Paulo tersebut bisa beroperasi sebagai second striker, winger kiri atau kanan hingga gelandang serang. Dia bahkan disokong oleh Delvin Rumbino, yang siap mengambil alih tugasnya sebagai penyuplai Alex dos Santos.

3. Depan: M Rahmat - Alex dos Santos

Head to Head PSM vs Persela, Sang Tamu Punya Penyerang UlungInstagram.com/psm_makassar / Instagram.com/persela.fc

M Rahmat: 21 kali main, 2 gol, 5 asis

Kapan terakhir kali M Rahmat mencetak gol? Partai pekan ke-2, saat Juku Eja melibas Badak Lampung 4-0 di pekan kedua Liga 1 2019. Kapan terakhir kali winger 30 tahun tersebut memberi assist berbuah gol? Partai pekan ke-9, ketika Wiljan Pluim cs menekuk Persebaya dengan skor 2-1. Cukup lama rasanya Rahmat tak turut andil dalam kemenangan PSM. Akankah pekan ini dia kembali tunjukkan taji?

Alex dos Santos: 14 kali main, 15 gol

Inilah pemain tersubur di Liga 1 2019 untuk sementara. Alex dos Santos meneruskan tradisi "berjodohnya" Persela dengan para striker berpaspor Brasil. Pria 29 tahun ini termasuk predator ulung. Instingnya di kotak penalti di atas rata-rata. Taktis, lincah, tak ragu berduel. Kaki Alex penuh magis, namun teror sesungguhnya selalu berasal dari sundulan kepala. Produk akademi Gremio ini siap menguji ketangguhan sektor belakang PSM.

Baca Juga: PSM Makassar vs Persela Lamongan, Krisis Pemain Juku Eja Kian Gawat

Baca Juga: Jamu Madura United, PSM Makassar Menang Tipis 1-0

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya