Ezra Walian Hengkang dari PSM Makassar, Bakal Dipinang Persib?

Disebut telah jalin komunikasi dengan Robert Rene Alberts

Makassar, IDN Times - Eksodus pemain dari PSM Makassar rupanya belum selesai. Kali ini, Ezra Walian menambah daftar nama yang hengkang. Dia mengonfirmasi kepergian dari Juku Eja melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @ezrawalian, pada Kamis (11/3/2021) malam.

"Terima kasih untuk waktu yang luar biasa dengan kalian semua, (inilah) klub pertama saya di Indonesia. Sungguh disayangkan, waktu saya di PSM harus berakhir," tulis pemilik nomor punggung 10 tersebut.

Di unggahan tersebut, Ezra juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang di PSM dan suporter yang menyambutnya dengan baik. "Semoga kita dapat bertemu di waktu yang akan datang. Terima kasih untuk semua momen yang takkan pernah terlupakan," tutupnya.

1. Usai dilepas Almere City, Ezra Walian didaratkan oleh PSM pada September 2019

Ezra Walian Hengkang dari PSM Makassar, Bakal Dipinang Persib?Ezra Walian saat diperkenalkan oleh CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, sebagai pemain baru Juku Eja pada September 2019. (Dok. PSM Makassar)

Penyerang 23 tahun tersebut direkrut pada September 2019, atau ketika bursa transfer tengah musim Liga 1. PSM sukses mengamankan tanda tangannya pasca dilepas oleh klub Eerste Divisie Belanda, Almere City.

Dengan durasi kontrak tiga setengah tahun atau baru habis pada akhir tahun 2022, sang Amsterdamer merupakan bagian dari proyek jangka panjang peremajaan skuad Juku Eja yang dicanangkan manajemen.

Saat diperkenalkan, Darije Kalezic --pelatih PSM di Liga 1 2019-- menjelaskan bahwa jebolan Akademi Ajax Amsterdem tersebut diplot sebagai pengisi salah satu pos di sektor depan. Mulai dari winger kiri, kanan hingga ujung tombak.

2. Bersama Juku Eja, Ezra tampil sebanyak 19 kali dan mencetak 3 gol

Ezra Walian Hengkang dari PSM Makassar, Bakal Dipinang Persib?Ezra Walian di dalam sesi latihan bersama PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, September 2019. (Instagram.com/ezrawalian)

Selama berseragam merah marun, Ezra Walian tampil di 19 pertandingan atau 1.095 menit. Pada era Darije Kalezic, sosok yang sempat membela Timnas Belanda U-17 itu hanya tiga kali turun sebagai pemain pengganti dari total 16 laga yang ia mainkan. Koleksi 4 gol dan sebiji asis bersama PSM pun lahir di kurun waktu tersebut.

Ketika Bojan Hodak didapuk sebagai juru taktik untuk musim 2020, Ezra tak pernah dipasang sebagai starter di AFC Cup. Ia baru diberi kesempatan unjuk gigi di tiga partai Liga 1, dengan total waktu tampil mencapai 247 menit. Namun tak ada gol atau asis tercipta dari kakinya, sebelum pentas bal-balan nasional tiarap akibat pandemik.

Baca Juga: Rumor Terjawab, Ezra Walian Resmi Gabung ke PSM Makassar

3. Disebut-sebut segera merapat ke Persib Bandung

Ezra Walian Hengkang dari PSM Makassar, Bakal Dipinang Persib?Ezra Walian, ketika masih membela PSM Makassar, dalam pertandingan Liga 1 2020 melawan PS Sleman medio Maret 2020. (Instagram.com/ezrawalian)

Ezra Walian jadi pemain kedelapan yang angkat kaki dari kubu Pasukan Ramang di tahun 2021. Sebelumnya ada Asnawi Mangkualam, Ferdinand Sinaga, Dedi Gusmawan serta Leo Guntara. Turut pula kiper Miswar Saputra, Firza Andika kemudian gelandang bertahan Ahmad Agung.

Sejumlah pihak yakin Persib Bandung bakal jadi tujuan Ezra selanjutnya. Terlebih arsitek Pangeran Biru, Robert Rene Alberts, mengaku telah menjalin komunikasi dengan pemain bersangkutan.

Dankuwel, Ezra! Terima kasih atas satu setengah tahun bersama PSM!

Baca Juga: Ezra Walian Ingin Cetak Banyak Gol buat PSM di Musim 2020

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya