Ditantang Madura United, Pelatih PSM: Kami Siap Bermain Terbuka

Juku Eja enggan kembali mengobral poin secara cuma-cuma

Makassar, IDN Times - PSM Makassar enggan mengobral poin secara cuma-cuma ketika bersua Madura United di lanjutan pekan ke-24 Shopee Liga 1 2019, di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada Kamis (24/10) sore. Sang pelatih, Darije Kalezic, menekankan pentingnya produktivitas sektor depan dalam memburu gol.

"Dalam dua pertandingan terakhir kita main di kandang, kali ini jadi kali ketiga. Kita sangat produktif ketika bermain melawan Arema, lalu saat melawan Persija kita malam membuang banyak peluang. Saya berharap ketika melawan Madura United, kita kembali produktif," tutur Kalezic dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu (23/10) sore.

1. Pelatih PSM, telah kumpulkan peta kekuatan sang lawan dari tiga pertemuan sebelumnya

Ditantang Madura United, Pelatih PSM: Kami Siap Bermain TerbukaInstagram.com/psm_makassar

Lebih jauh, ia mengatakan Laskar Sape Kerrab sudah hafal dengan karakter permainan PSM lantaran sudah saling jumpa dalam tiga kesempatan. Rinciannya, dua kali di babak semifinal Piala Indonesia dan sekali di Liga 1. Akan tetapi, dirinya juga telah mengantongi peta rinci kekuatan sang lawan.

Kalezic pun meminta Wiljan Pluim cs bermain maksimal sepanjang 90 menit mengingat MUFC dikenal dengan taktik menyerang. "Tim saya bereaksi berbeda ketika melawan tim yang memberi tekanan dan ketika melawan tim yang hanya menunggu serangan balik. Saya kira kita harus perhatikan hal tersebut lalu beradaptasi dengan lebih baik lagi jika situasi tersebut terjadi," lanjutnya.

2. Bemain agresif ketika ditekuk Persija pekan silam, coach Kalezic mengaku siap terapkan taktik serupa kala bersua Madura United

Ditantang Madura United, Pelatih PSM: Kami Siap Bermain TerbukaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Berkaca dari catatan pertemuan, Madura United memang tak pernah memetik poin kala melawat ke Mattoanging sejak tahun 2016. Namun sang tamu pantas merasa jumawa lantaran status sebagai runner-up klasemen sementara, plus kemenangan di kandang Semen Padang pekan kemarin. Besar kemungkinan anak asuh Rasiman langsung peragakan permainan terbuka sejak menit pertama.

"Kita siap meladeni permainan terbuka Madura United. Kita sukses menang atas tim kuat seperti Arema FC lalu (bermain agresif dengan) membukukan sembilan peluang ketika ditantang Persija. Saya kira tak ada alasan untuk tak siap sama-sama menjajal taktik ofensif milik Madura United," tegas pelatih berpaspor Swiss tersebut.

Baca Juga: Catatan Pertemuan PSM vs Madura United, Bentrok Sengit Dua Raksasa

3. Juku Eja wajib menang atas Laskar Sape Kerrab demi perbaiki posisi di klasemen sementara

Ditantang Madura United, Pelatih PSM: Kami Siap Bermain TerbukaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Menilik komposisi skuad, Juku Eja dipastikan kehilangan gelandang muda Muhammad Arfan lantaran harus jalani sanksi akumulasi kartu kuning. Di sisi lain, Kalezic sudah menemukan pengganti tandem Aaron Evans di jantung pertahanan. Pemain tersebut tak lain adalah Raphael Maitimo yang cukup tenang mengawal sektor belakang pekan silam.

Saat ini, Pasukan Ramang masih bergeming di peringkat 9 klasemen sementara dengan koleksi 30 poin. Mereka hanya terpaut satu angka saja dari Persebaya yang duduk setingkat lebih tinggi. Intinya, PSM wajib menang demi lanjutkan misi lepas dari papan tengah.

Baca Juga: Sudah Saling Tahu, Berikut 5 Pertemuan Terakhir PSM vs Madura United

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya