Bojan Hodak, Eks Pelatih Malaysia U-19 dan JDT Jadi Nahkoda Baru PSM

Baru diperkenalkan secara resmi pada 5 Januari mendatang

Makassar, IDN Times - Seperti yang dijanjikan, PSM Makassar mengumumkan nama sang pelatih baru tepat sebelum tahun baru. Bertempat di kediaman pribadinya pada Selasa (31/12) sore, CEO PSM Makassar yakni Munafri Arifuddin akhirnya buka suara terkait sang pengganti Darije Kalezic.

"Kami melakukan pencarian berdasarkan kriteria yang disusun. Lalu kami sama-sama menyepakati bahwa pelatih baru kita adalah sosok berkewarganegaraan Kroasia bernama Bojan Hodak," ungkapnya.

1. Bojan Hodak (kiri) menghabiskan dua tahun belakangan sebagai pelatih Timnas Malaysia U-19

Bojan Hodak, Eks Pelatih Malaysia U-19 dan JDT Jadi Nahkoda Baru PSMTwitter.com/TeamMsia

Bojan Hodak adalah peracik taktik yang menghabiskan banyak karier melatihnya di Malaysia. Sempat merumput sebagai pemain di sejumlah klub Yugoslavia dan Singapura sepanjang dekade 1990-an, Hodak banting setir menjadi pelatih pada 2006.

"Beliau ini (Hodak) adalah pelatih yang pernah menukangi Johor Darul Ta'zim (2014-2015), head coach di Kelantan FA (2012-2013), dan pelatih Timnas U-19 Malaysia (2017-2019)," lanjut sosok yang biasa disapa Appi' tersebut.

2. Kapasitas Hodak sudah terbukti di Kelantan FA dan Johor Darul Ta'zim

Bojan Hodak, Eks Pelatih Malaysia U-19 dan JDT Jadi Nahkoda Baru PSMJohorSouthernTogers.com.my

Appi' mengaku banyak nama yang sempat disodorkan, entah melalui agen atau yang langsung menghubunginya. Beberapa nama pun mencuat. Akan tetapi, pihaknya menyaring berdasarkan kriteria yang ditetapkan bersama manajemen.

"Pertama, calon pelatih ini harus mengerti iklim sepak bola di Asia Tenggara. Ada beberapa yang mirip-mirip dengan Indonesia seperti Malaysia dan Thailand. Kedua, pelatih ini harus punya rekam jejak pernah membawa timnya juara. Ketiga, punya pengalaman bermain di AFC," paparnya.

Baca Juga: Diwarnai Suka Duka, 5 Momen Spesial Darije Kalezic Bersama PSM

3. Hodak akan menemani langkah Rizky Pellu dkk di musim 2020

Bojan Hodak, Eks Pelatih Malaysia U-19 dan JDT Jadi Nahkoda Baru PSMANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Appi' mengaku telah bertemu dengan Hodak di Surabaya, Jawa Timur. Pelatih 48 tahun tersebut dijadwalkan sudah diperkenalkan di hadapan awak media pada 2 Januari mendatang. Namun karena terhalang agenda lain, rencana tersebut diundur menjadi 5 Januari.

"Kami sudah berkomunikasi (dengan Hodak) perihal persiapan kami di AFC Cup, Liga 1 dan sebagainya. Mulai hari ini, PSM sudah punya pelatih kepala baru," tutup Appi'.

Baca Juga: Pelatih Baru PSM Makassar Diumumkan Sebelum Tahun Baru

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya