Belum Pulih dari Cedera, Anco Jansen Absen hingga Akhir Musim Liga 1

Masa recovery masih butuh waktu dua pekan

Makassar, IDN Times - Penyerang PSM Makassar Anco Jansen kemungkinan besar harus menutup musim lebih cepat. Cedera yang ia dapatkan pada laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2021/22 rupanya masih butuh waktu lama untuk pulih.

Dalam partai melawan Persita Tangerang, 19 Februari 2022, ia mengalami masalah di kaki kanan pada menit ke-16, saat coba memotong umpan kiriman Altalariq Ballah dengan menjulurkan kakinya. Alhasil, Anco tak mampu melanjutkan laga tersebut.

1. Kans Anco merumput di tiga laga sisa sangat kecil

Belum Pulih dari Cedera, Anco Jansen Absen hingga Akhir Musim Liga 1Pemain Madura United FC Jaimerson Da Silva Xavier (kiri) berebut bola dengan pemain PSM Makassar Anco Jansen (Kanan) dalam lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (12/9/2021). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kabar tentang kondisi Anco dikonfirmasi langsung oleh dokter tim PSM, Ardiansyah Muslimin. Kepada IDN Times, ia menyebut peluang penyerang asal Belanda tersebut untuk pulih sebelum musim rampung sangat tipis.

"Untuk kondisi Anco Jansen, saya tidak bisa jelaskan spesifik. Yang pasti dia sudah kecil kemungkinan untuk main di sisa laga. Karena waktu recovery yang dibutuhkan masih sekitar 2 minggu lagi," kata pria yang biasa disapa Arga tersebut melalui pesan singkat pada Sabtu malam (19/3/2022).

2. Sudah dibekap cedera sejak 19 Februari lalu

Belum Pulih dari Cedera, Anco Jansen Absen hingga Akhir Musim Liga 1Anco Jansen (kiri) dan Adam Mitter (kanan) dalam sesi latihan PSM Makassar di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, Sabtu 5 Februari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Ini adalah cedera keempat Anco sejak memperkuat PSM. Yang pertama yakni masalah di jari kaki kanan pada Juli 2021, saat Juku Eja sedang bersiap jelang musim baru. Kedua ia alami masalah pada lutut kiri di September 2021, kala seri pertama sedang berjalan.

Lalu yang ketiga mendera engkelnya pada November 2021. Tapi, seluruh masalah tahun lalu tergolong ringan dan Anco bisa pulih dalam hitungan hari. Cederanya kali ini memakan waktu pemulihan lebih dari sebulan, dan yang paling berat.

Baca Juga: Liga 1 di Mata Anco Jansen: Heran Kualitas Wasit, Kagum pada Suporter

3. Minim opsi penyerang, PSM rajin utak-atik formasi

Belum Pulih dari Cedera, Anco Jansen Absen hingga Akhir Musim Liga 1Pertandingan PSIS Semarang melawan PSM Makassar pada laga pekan ke 29 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (6/3/2022). (Dok. PSIS)

Sejak beberapa laga terakhir, pelatih Joop Gall rajin mengutak-atik formasi sebagai solusi atas terbatasnya opsi penggedor. Taktik 4-4-2 sempat dicoba, dengan Yakob Sayuri serta Golgol Mebrahtu menjadi tandem. Lalu sempat pula trio Ilham Udin - Prince Patrick - Yakob dicoba, yang berbuah kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang.

Selanjutnya, PSM akan meladeni perlawanan Persija Jakarta pada lanjutan gameweek ke-32 yang dihelat pada Senin sore besok (21/3/2022).

Baca Juga: "Hilang" dari Dua Laga PSM Makassar, di Mana Anco Jansen?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya