Bekuk PSS Sleman 2-1, PSM Makassar Awali Musim Baru dengan Poin Penuh

Ferdinand Sinaga dan Hussein El-Dor jadi aktor kemenangan

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berhasil mengawali langkah mereka di Liga 1 2020 dengan sempurna. Menjamu PSS Sleman di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, pada Minggu (1/3) malam, mereka berhasil menekuk sang tamu dengan skor tipis 2-1.

Kubu tuan rumah turun dengan kekuatan penuh. Beberapa pemain yang sempat absen dalam laga pramusim kembali menjadi starter seperti Serif Hasic, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim dan Ezra Walian. Sementara itu Ferdinand Sinaga langsung turun sejak menit pertama.

Tak didampingi pelatih Dejan Antonic yang baru ditunjuk dalam hitungan hari, PSS Sleman memainkan banyak rekrutan baru. Mulai dari palang pintu Aaron Evans, gelandang Fitra Ridwan serta Irfan Bachdim. Selebihnya adalah para pemain peninggalan Seto Nurdiyantoro di musim kemarin.

Usai peluit sepak mula ditiup oleh Mochammad Adung, PSM langsung tancap gas mengirim serangan. Lini tengah tim tuan rumah lebih hidup berkat kehadiran Pluim. Sementara itu, Giancarlo cukup rajin turun menjemput bola dan menyisir sisi sayap. Adapun PSS hanya mengandalkan umpan-umpan lambung dan serangan balik.

Kesempatan datang di menit ke-24, saat tendangan bebas mendatar kiriman Giancarlo masih jauh dari sasaran. Selanjutnya, berturut-turut ada percobaan sundulan dari Hussein El-Dor dan Serif Hasic memanfaatkan skema sepak pojok. Kendati demikian, usaha duo palang pintu itu belum buahkan hasil.

Usai serangkaian ancaman, Juku Eja berhasil unggul pada menit ke-39. Tendangan bebas Ferdinand Sinaga bersarang di pojok kiri atas gawang Ega Rizky Permana. Gol The Dragon mengantar kedua tim masuki jeda antar babak.

Usai pertandingan dimulai kembali, permainan PSS mulai tertata. Lini tengah yang dimotori Guilherme Batata dan Fitra Ridwan sedikit lebih hidup ketimbang babak pertama. Beberapa kali sektor belakang PSM mendapat ujian. Menit ke-54, tembakan Yevhen Bokhashvili bisa ditepis Hilman Syah. Namun asisten wasit sudah mengangkat bendera offside lantaran sepakan Yevhen mengenai Jefri Kurniawan.

Asik menyerang, gawang Ega Rizky justru jebol untuk kali kedua. Menit ke-58, tendangan bebas Ferdinand Sianga berhasil dikonversi menjadi gol lewat sundulan Hussein El-Dor. Ini adalah gol perdana bek berpaspor Lebanon sejak resmi berseragam merah marun pada Januari silam.

Ezra Walian mendapat kredit. Perannya di lapangan jauh lebih terasa ketimbang musim kemarin. Penyerang 22 tahun itu aktif membantu serangan dengan lakoni peran sebagai penyerang lubang di babak pertama, kemudian berganti menjadi winger kiri pada babak kedua. Salah satu peluangnya ada di menit ke-67, ketika solo run Ezra diakhiri menjadi tembakan spekulasi. Sayang masih melambung.

Super Elja berhasil memperkecil defisit angka pada menit ke-73. Wasit menunjuk titik putih setelah Leo Guntara melakukan handball di kotak terlarang. Yevhen yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Bola bersarang di pojok kanan bawah gawang tanpa bisa dicegah Hilman.

Kendati kedua kubu kompak melakukan beberapa pergantian pemain pada sepuluh menit terakhir, tak ada gol tambahan tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Tiga poin di Mattoanging pada pekan perdana mengantar Pasukan Ramang saat ini bertengger di posisi 5 klasemen sementara. Sementara Bagus Nirwanto dkk terdampar pada peringkat ke-15.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-3-3)

Hilman Syah (GK); Asnawi Mangkualam Bahar, Hussein El-Dor, Serif Hasic, Leo Guntara; Muhammad Arfan, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; Ferdinand Sinaga (Osas Saha, 74'), Giancarlo Lopes (Ahmad Agung, 90+1'), Ezra Walian (Yakob Sayuri, 81')

PSS Sleman (4-3-3)

Ega Rizky Permana (GK); Bagus Nirwanto, Aaron Evans, Asyraq Gufran, Arthur Irawan (Derry Rachman, 67'); Wahyu Sukarta (Ocvan Chanigio, 85'), Guilherme Batata, Fitra Ridwan; Jefri Kurniawan (Irkham Zahrul Milla, 80'), Yevhen Bokhashvili, Irfan Bachdim

Baca Juga: Liga 1: Antar Lini PSM vs PSS, Para Rekrutan Anyar dan Sosok Andalan 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya