Arema FC Vs PSM Makassar, Misi Singa Menjegal Laju Juku Eja

PSM selalu gagal meraih poin di Stadion PTIK Jaksel

Makassar, IDN Times - Misi PSM Makassar untuk terus bersaing di papan atas mendapat ujian dari Arema FC. Kedua tim akan berjumpa di laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion PTIK Jakarta Selatan (Jaksel), Sabtu sore (4/2/2023), tanpa penonton.

Setelah ditolak sana-sini, Singo Edan akhirnya menemukan kandang definitif untuk sisa musim ini. Arena berkapasitas 3 ribu penonton tersebut pernah menjadi markas Bhayangkara FC sebelum pindah ke Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Meski begitu, stadion yang berada di dalam area Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tersebut menjadi momok bagi PSM. Wiljan Pluim masih ingat bahwa tiga kali lawatan mereka ke situ selalu berakhir dengan kekalahan. Apakah kali ini Stadion PTIK Jaksel bisa bersahabat?

Baca Juga: PSM Makassar Resmi Perpanjang Kontrak Tavares hingga 2026

1. PSM enggan memandang remeh sang lawan

Arema FC Vs PSM Makassar, Misi Singa Menjegal Laju Juku EjaPara pemain PSM Makassar merayakan gol ke gawang Bali United dalam laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Sultan Agung Bantul, 20 Januari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, mengakui masa recovery timnya tak sebanyak kubu lawan. Tapi, ia enggan ambil pusing. Tavares tetap yakin bahwa hasil akhirnya ditentukan oleh kerja keras para pemain di atas lapangan. Ia pun mewanti-wanti anak asuhnya bahwa Arema FC tetaplah tim berbahaya meski menelan empat kekalahan beruntun.

Saat ditanya tentang segudang masalah yang kini dialami Singo Edan, Tavares justru menyebutnya bisa menjadi motivasi tambahan. Situasi tak bersahabat berpotensi membuat mereka all out alias tampil habis-habisan.

"Saya pikir pemain-pemain Arema akan bekerja keras untuk menunjukkan bahwa mereka bisa memenangkan pertandingan tersebut. Ini akan menjadi energi ekstra buat mereka, bukan malah sebaliknya. Tentu saja mereka akan bekerja keras dan mencoba untuk menang," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Jumat kemarin (3/2/2023).

2. Arema FC ingin lepas dari tren negatif

Arema FC Vs PSM Makassar, Misi Singa Menjegal Laju Juku EjaSalah satu momen pertandingan pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 antara PSS Sleman versus Arema FC di Stadion Maguwoharjo Sleman, 20 Januari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sementara itu, Javier Roca selaku juru latih Arema FC memancang misi khusus. Momen kebangkitan ingin diraih demi lepas dari tren negatif sejak Desember 2022. Poin sangat penting untuk memulihkan mental bermain Jayus Hariono dkk, sekaligus jadi obat untuk singa yang sedang terluka.

"Pelan-pelan kita mulai fokus ke pertandingan, mulai ambil poin. Kita tahu kalau sudah ambil poin kepercayaan diri mulai bangkit lagi," ujarnya dalam kesempatan terpisah.

Lebih jauh, Javier Roca mengaku sudah mengantongi resep untuk membendung permainan kolektif PSM. Kemungkinan besar mereka akan bermain ofensif, dengan tumpuan serangan pada sayap-sayap lincah.

"Kolektivitas tim lawan harus kita imbangi, kita menjadi tim kompetitf untuk meraih kemenangan," kata pelatih kelahiran Chili itu.

3. Juku Eja memenangi tiga dari lima pertemuan dengan Singo Edan

Arema FC Vs PSM Makassar, Misi Singa Menjegal Laju Juku EjaSalah satu momen pertandingan Grup D Piala Presiden 2022 antara Arema FC versus PSM Makassar di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, Sabtu 11 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Arema FC (4-1-3-2)

Adilson Maringa (GK); Rizky Dwi Febrianto, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizie; Jayus Hariono; Dendi Santoso, Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn; Muhammad Rafli, Abel Camara

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Rizky Eka Pratama, Ananda Raehan Alif, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim, Kenzo Nambu; Yakob Sayuri, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

20/08/2022 PSM 1-0 Arema FC (Liga 1)

11/06/2022 Arema FC 0-1 PSM (Piala Presiden)

30/03/2022 Arema FC 1-0 PSM (Liga 1)

05/09/2021 PSM 1-1 Arema FC (Liga 1)

16/10/2019 PSM 6-2 Arema FC (Liga 1)

Apakah Juku Eja akhirnya bisa membawa pulang poin dari PTIK? Saksikan pertandingan Arema FC versus PSM Makassar pada Sabtu sore ini (4/2/2023), pukul 16.30 WITA.

Baca Juga: Javier Roca Girang Arema FC akan Berkandang di Stadion PTIK Jaksel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya