Appi Tinjau Lapangan Andi Makkasau Parepare untuk Tempat Latihan PSM

Direncanakan jadi tempat latihan skuad Juku Eja

Makassar, IDN Times - CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin kembali mengunjungi Parepare, Sulawesi Selatan. Ia melihat progres kesiapan Kota Bandar Madani jadi markas sementara Juku Eja. Yang ditinjau pada Minggu pagi (14/11/2021) adalah renovasi Lapangan Andi Makkasau.

"Ada pekerjaan yang sangat serius yang dilakukan oleh wali kota Parepare dan kami sangat berterima kasih," urai sosok yang biasa disapa Appi' itu dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

"Insyaallah bisa selesai tepat waktu dan kita akan memulainya untuk menjadikan Parepare menjadi homebase," sambungnya.

1. Appi' yakin stadion dan lapangan Parepare akan memenuhi standar

Appi Tinjau Lapangan Andi Makkasau Parepare untuk Tempat Latihan PSMFoto udara proses revitalisasi Lapangan Andi Makkasau Parepare, medio November 2021. (Dok. Humas Pemkot Parepare)

PSM berancang-ancang memindahkan homebase ke Stadion Gelora BJ Habibie jika Liga 1 musim depan sudah menerapkan sistem kandang-tandang. Appi' pun sudah lebih dulu melihat kondisi terkini arena berkapasitas 20 ribu penonton itu pada September lalu.

Pemkot Parepare memulai revitalisasi Lapangan Andi Makkasau, sebagai tempat latihan skuad Juku Eja, sejak 15 September. Appi' yakin, baik lapangan dan stadion akan memenuhi standar.

"Walaupun ini tetap di dalam progres untuk disurvei oleh tim liga (PT LIB). Mudah-mudahan bisa menjadi standar yang disesuaikan termasuk lapangan latihan dan stadion," tuturnya.

"Ini pilihan yang sangat baik dan rasional. Stadion sudah siap, sisa dibenahi sedikit fasilitas penunjang sudah ada, infrastruktur sudah ada, jarak dari Makassar tidak terlalu jauh," sambung Appi'.

2. Parepare amat serius bersolek untuk jadi "rumah sementara" PSM

Appi Tinjau Lapangan Andi Makkasau Parepare untuk Tempat Latihan PSMFoto suasana Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada malam hari. (Dok. Humas Pemkot Parepare)

Di sisi lain, Taufan Pawe selaku Wali Kota Parepare mengatakan pihaknya serius membenahi Stadion Gelor BJ Habibie dan Lapangan Andi Makkasau. Apalagi sudah ada dana yang dianggarkan dari APBD 2022 untuk perbaikan dan pemeliharaan.

Bagi Taufan, perlu usaha besar agar Parepare layak menjadi "rumah sementara" bagi PSM yang menunggu kejelasan Stadion Mattoanging.

"Kami sebagai penentu kebijakan dalam penganggaran pasti merasionalisasi. Kita tidak main-main karena selera Pak Appi' itu mendunia. Saya mau mau hadirkan Stadion BJ Habibie itu sesuai ekspektasinya beliau," ungkapnya.

Baca Juga: PSM Tanpa Kandang, Wali Kota Parepare Tawarkan Stadion Gelora Habibie

3. Wali Kota Parepare Taufan Pawe (kanan) memandang positif efek industri sepak bola

Appi Tinjau Lapangan Andi Makkasau Parepare untuk Tempat Latihan PSMCEO PSM Makassar Munafri Arifuddin bersama Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat meninjau progres revitalisasi Lapangan Andi Makkasau, Minggu 14 November 2021. (Dok. Humas Pemkot Parepare)

Sosok 56 tahun itu yakin kehadiran PSM di Parepare akan memberi efek domino nan positif bagi perekonomian masyarakat Parepare. Perkembangan industri sepak bola nasional kini menurutnya sukar untuk diabaikan.

"Industri sepak bola ini sangat menjanjikan. Seperti inilah yang saya maksud. Dengan semangat ini, saya meyakini pada sektor kepariwisataan Kota Parepare bakal meningkat," paparnya.

"Berapa puluh ribu orang yang akan datang, kafe akan sesak. Karena industri sepak bola memiliki multiplier efek yang positif bagi perekonomian," tutup Taufan.

Baca Juga: PSM Pilih Stadion BJ Habibie Parepare untuk Markas Sementara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya