Antarlini PSM Vs Persib: Adu Cekatan Kiper Beda Generasi

PSM menjamu Persib di Stadion BJ Habibie Parepare malam ini

Makassar, IDN Times - Laga sengit akan menutup pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23. PSM Makassar akan menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Senin malam ini (29/8/2022). 

Terlepas dari kekalahan di AFC Cup, PSM masih belum tak terkalahkan di Liga 1. Wiljan Pluim dkk belum berniat keluar dari persaingan papan atas. Sedangkan Persib masih tertatih di papan tengah, dan baru saja dibekuk 2-3 oleh Bali United di kandang sendiri. Sama-sama termotivasi, duel ini bakal berjalan dalam tensi tinggi.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times menyajikan para pemain sentral di masing-masing kubu. Mereka akan menentukan hasil akhir pertandingan dua alumnus Perserikatan tersebut.

Baca Juga: PSM Vs Persib, Tavares Waspadai Kebangkitan Maung Bandung

1. Kiper: Reza Arya Pratama - I Made Wirawan

Antarlini PSM Vs Persib: Adu Cekatan Kiper Beda GenerasiKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama - Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan (Instagram.com/psm_makassar - Instagram.com/persib)

Reza Arya Pratama: 9 kali main, 10 kebobolan

Reza baru saja mengalami partai pahit. Lima gol digelontorkan para pemain Kuala Lumpur City FC ke gawangnya di final AFC Cup 2022 Zona ASEAN. Meski begitu, ia tak boleh berlama-lama larut dalam hasil di Malaysia. PSM masih memegang catatan sebagai tim yang paling sedikit kebobolan sejauh ini: cuma tiga kali dari lima pertandingan. Anak muda 22 tahun asal Parepare tersebut juga catatkan 9 penyelamatan (1,8 per laga) di Liga 1.

I Made Wirawan: 3 kali main, 4 kebobolan

Ia membuktikan bahwa usia hanyalah angka. Meski sudah berusia senja, I Made Wirawan masih dipercaya mengawal benteng terakhir tim sekelas Persib. Tampil di tiga pertandingan, ia harus 4 kali memungut bola dari gawang sendiri. Tapi itu juga tak lepas dari performa para bek yang masih belum memuaskan. Kiper kelahiran Gianyar tersebut juga ingin membuktikan ke pelatih anyar, Luis Milla, bahwa dirinya masih layak tampil sejak menit pertama.

2. Belakang: Yuran Fernandes - Achmad Jufriyanto

Antarlini PSM Vs Persib: Adu Cekatan Kiper Beda GenerasiBek PSM Makassar, Yuran Fernandes - Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto (Instagram.com/psm_makassar - Instagram.com/persib)

Yuran Fernandes: 8 kali main, 2 gol

Tak bermain di partai terakhir membuat Yuran lebih bugar ketimbang rekan-rekan setimnya. Kembalinya bek tengah asal Cape Verde ini jadi angin segar bagi sektor belakang PSM yang babak belur di Kuala Lumpur. Pemain dengan karakter bermain nyentrik ini sudah catatkan 6 tekel sukses, 14 intersep dan 17 clearances di Liga 1. Belum menghitung gol semata wayangnya ke gawang Arema FC pada pekan lalu.

Achmad Jufriyanto: 4 kali main

Absennya Nick Kuipers karena kelelahan membuat Achmad "Jupe" Jufriyanto kehilangan tandem di sektor belakang. Meski begitu, bek 35 tahun tersebut masih punya pasangan lain yakni Victor Igbonefo. Dengan postur mencapai 1,8 meter, Jupe punya kelebihan dalam duel bola udara. Ia bisa menjadi lawan sepadan bagi Yuran yang kerap mengancam dari skema sepak pojok dan tendangan bebas.

3. Tengah: Muhammad Arfan - Marc Klok

Antarlini PSM Vs Persib: Adu Cekatan Kiper Beda GenerasiGelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok (Instagram.com/psm_makassar - Instagram.com/persib)

Muhammad Arfan: 8 kali main, 1 asis

Mesin tempur Appang --panggilan akrabnya-- masih panas selepas laga kontra KL City FC. Terlepas dari kekalahan, tampil di hadapan publik sendiri bisa menjadi motivasi tambahan. Sejauh ini ia sudah melakukan 107 operan, 6 tekel sukses, 8 intersep dan 4 clearances di Liga 1. Jika dibutuhkan, pemain asli Antang ini juga bisa merangsek masuk ke kotak penalti lawan untuk mencari peluang.

Marc Klok: 6 kali main, 1 asis

Llawan PSM selalu emosional bagi Marc Klok, sebab ia pernah berseragam merah marun selama dua musim. Kali ini, ia tak ke Mattoanging melainkan ke GBJH Parepare yang suasananya nyaris mirip dengan Makassar. Luis Milla sendiri agaknya susah menggeser gelandang 29 tahun ini dari sektor tengah Persib. Ia sudah melepas 9 tembakan (3 di antaranya tepat sasaran), 107 operan, 9 tekel, 12 intersep dan 4 clearances.

4. Depan: Yakob Sayuri - Ciro Alves

Antarlini PSM Vs Persib: Adu Cekatan Kiper Beda GenerasiPenyerang PSM Makassar, Yakob Sayuri - Penyerang Persib Bandung, Ciro Alves (Instagram.com/psm_makassar - Instagram.com/persib)

Yakob Sayuri: 9 kali main, 3 gol, 1 asis

Sukar bagi Bernardo Tavares untuk mengistirahatkan pemilik nomor punggung 22 ini. Saat melawat ke Kuala Lumpur, Yakob jadi pemain yang tak pernah berhenti berlari sepanjang pertandingan. Ia terbilang agresif dalam menyerang. Terbukti dari statistiknya di Liga 1 yakni 4 shots on target dari 9 percobaan, termasuk tiga gol yang sudah ia bukukan sejauh ini. Terlebih ia sudah paham cara "melayani" Everton Nascimento.

Ciro Alves: 4 kali main

Sudah mendapat 4 kesempatan merumput, Ciro belum sekalipun menjebol gawang lawan. Ia sempat digadang-gadang bisa langsung nyetel dengan kompatriotnya yakni David da Silva. Pemain yang melejit bersama Persikabo 1973 ini agaknya masih butuh waktu untuk membuktikan diri. Ia baru melepas dua tembakan dan 40 operan selama tampil. Suporter jelas berharap pada Luis Milla untuk bisa memaksimalkan duet Ciro - da Silva.

Siapa yang bisa membawa timnya memetik poin penuh? Saksikan pertandingan PSM Makassar versus Persib Bandung pada Senin malam (29/8/2022) pukul 21.00 WITA.

Baca Juga: PSM Vs Persib: Juku Eja Lupakan Kelelahan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya