Antarlini Persela Vs PSM, Adu Cerdik Dua Gelandang Senior

Kedua tim sama-sama membidik kemenangan di laga ini

Makassar, IDN Times - Pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/22 mempertemukan Persela Lamongan dan PSM Makassar pada laga Kamis malam (2/12/2021). Pertandingan yang berlangsung di Stadion Moch. Soebroto Magelang tersebut bak duel dua tim terluka.

Persela saat ini tercecer di peringkat 15 klasemen, satu strip dari zona degradasi. Laskar Joko Tingkir bahkan kalah 4 kali secara beruntun. Hasil ini membuat Iwan Setiawan didepak dari posisi pelatih kepala pada Senin lalu (29/12/2021).

Sedangkan PSM berusaha lepas dari papan tengah. Pasukan Ramang belum mampu lepas dari performa naik-turun, dan Milomir Seslija pun harus angkat kaki pekan kemarin.

Meski begitu, Persela kontra PSM berpotensi berlangsung keras seperti sejumlah pertemuan mereka sebelumnya. Misi wajib menang menambah tensi bagi bentrok kali ini.

Sebagai pengantar, berikut IDN Times menyajikan para pemain penting dari kedua kubu yang bakal jadi penentu hasil akhir.

Baca Juga: Termasuk Mario Gomez, 4 Pelath Asing Ini Layak Menukangi PSM Makassar

1. Kiper: Dwi Kuswanto - Hilman Syah

Antarlini Persela Vs PSM, Adu Cerdik Dua Gelandang SeniorKiper Persela Lamongan, Dwi Kuswanto - Kiper PSM Makassar, Hilman Syah (Instagram.com/perselafc - Instagram.com/psm_makassar)

Dwi Kuswanto: 13 kali main, 19 kebobolan

Sejak Syahrul Trisna (Persikabo) dipanggil ke Timnas, Dwi Kuswanto berstatus kiper "paling rajin." Ia jadi penjaga gawang dengan penyelamatan terbanyak di Liga 1 sejauh ini, yakni mencapai 41 saves atau 3,15 per laga. Sosok jebolan Persibo Bojonegoro tersebut seolah membuktikan bahwa ia dan seluruh rekan setimnya memang sudah mengerahkan segala daya dan upaya.

Hilman Syah: 10 kali main, 10 kebobolan

Catatan Hilman Syah selama tampil memang terdengar cukup baik, cuma kebobolan 10 gol dalam 10 laga. Pemuda asal Jeneponto itu juga sudah melakukan 30 penyelamatan (3,33 per laga). Tapi, pertandingan lawan Persela berpotensi membuatnya harus kerja keras. Sebab, sejumlah penggawa tim lawan dikenal punya kemampuan tembakan jarak jauh berbahaya.

2. Belakang: Andri Muliadi - Erwin Gutawa

Antarlini Persela Vs PSM, Adu Cerdik Dua Gelandang SeniorBek Persela Lamongan, Andri Muliadi - Bek PSM Makassar, Erwin Gutawa (Instagram.com/perselafc - Instagram.com/psm_makassar)

Andri Muliadi: 11 kali main

Pekan lalu ia tampil sejak menit pertama, dan kemungkinan besar Andri bakal jadi pendamping Demerson Bruno sebagai duo palang pintu. Kalaupun ternyata dicadangkan, bek tengah asal Aceh itu juga akan turun sebagai pemain pengganti. Eks penggawa Peesebaya itu amat disiplin, sesuatu yang dibutuhkan sektor belakang Persela di menit akhir. Andri sendiri sudah melakukan 97 operan sukses, 19 intercept, 13 clearance, 8 tekel bersih, dan cuma 5 pelanggaran selama 388 menit bermain.

Erwin Gutawa: 9 kali main

Tanpa tiga bek penting, praktis cuma tersisa Erwin Gutawa yang bisa diandalkan coach Syamsuddin Batolla. Pria asal Bone tersebut memang selalu tampil spartan. Tercatat ia sudah melakukan 18 tekel bersih, 16 intercept, 35 clearance dan 10 kali pelamggaran. Erwin bak petarung di sektor belakang PSM. Tapi yang menjadi pertanyaan para suporter, siapa para pendamping si nomor punggung 5 itu dalam laga kontra Persela?

3. Tengah: Ahmad Bustomi - Wiljan Pluim

Antarlini Persela Vs PSM, Adu Cerdik Dua Gelandang SeniorGelandang Persela Lamongan, Ahmad Bustomi - Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim (Instagram.com/perselafc - Instagram.com/psm_makassar)

Ahmad Bustomi: 13 kali main, 1 asis

Gelandang Timnas dekade 2010-an ini layak disebut sebagai tua-tua keladi. Dengan umur menginjak 36 tahun, Ahmad "Cimot" Bustomi menjadi jenderal di lini tengah. Buktinya, ia sudah melepas 408 operan sukses, atau yang paling banyak di tim Persela. Selain itu, Bustomi juga tetap lugas dalam bertahan: 27 intercept, 2 clearance dan 8 tekel bersih. Tak lupa, ia sudah catatkan 4 tembakan on target.

Wiljan Pluim: 14 kali main, 2 gol 4 asis

Peran Pluim di laga ini amat krusial. Misi menang PSM amat butuh sosok pengatur serangan dan pengirim umpan-umpan berbahaya. Dan pemilik nomor punggung 80 itu adalah motor setiap ofensif Juku Eja. Sejauh ini, Pluim sudah melepas 415 operan sukses serta 11 shot on target. Kalau diperlukan, ia punya senjata rahasia yakni tendangan bebas akurat.

4. Depan: Ivan Carlos - Rizky Eka Pratama

Antarlini Persela Vs PSM, Adu Cerdik Dua Gelandang SeniorPenyerang Persela Lamongan, Ivan Carlos - Penyerang PSM Makassar, Rizky Eka Pratama (Instagram.com/perselafc - Instagram.com/psm_makassar)

Ivan Carlos: 11 kali main, 4 gol

Di laga kontra Persikabo pekan silam, Ivan Carlos sempat ditarik keluar akibat cedera. Tapi dokter tim Persela menyatakan kondisi juru taktik itu sudah membaik. Si pemilik nomor punggung 10 memang sangat dibutuhkan tim. Gerakannya licin, berbahaya di dalam kotak penalti. Dari 7 shot on target sejauh ini, Ivan Carlos sudah mencetak 4 gol. Terbilang sedikit, mengingat ia juga berbagi peluang dengan para gelandang atas nama kerja kolektif.

Rizky Eka Pratama: 12 kali main

Kondisi Yakob Sayuri yang diragukan tampil membuat kans Rizky Eka jadi starter menguat. Pemuda 22 tahun itu selalu turun sebagai pemain pengganti di babak kedua untuk menambah intensitas serangan. Dengan waktu bermain sebanyak 293 menit, Rizky Eka baru melepas 2 tembakan dan 106 operan sukses. Kemampuan individu, crossing dan "hobi" cut inside bisa jadi senjata berbahayanya saat PSM butuh gol.

Siapa yang akan mengantar timnya mendulang tiga poin? Saksikan pertandingan Persela kontra PSM pada Kamis malam (2/12/2021) pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: PSM Respons Positif Keputusan Jadwal Liga 1 Digeser

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya