Antarlini Barito Putera Vs PSM, Para Penentu Misi Menang di Denpasar

Siapa yang berhasil mendaki papan klasemen?

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berambisi mendaki papan klasemen Liga 1 Indonesia saat berjumpa Barito Putera pada Jumat malam (28/1/2022). Berlangsung di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Juku Eja dituntut merengkuh tiga poin dalam laga pekan ke-21 tersebut.

Namun, misi tersebut bakal berjalan sulit. Sang lawan adalah momok bagi anak-anak Makassar. Laskar Antasari cuma sekali menelan kekalahan dari PSM sejak musim 2018. Dengan posisi di zona degradasi, tim asuhan Rahmad Darmawan juga mengusung target menang.

Sebagai pengantar, berikut IDN Times menyajikan para pemain penting masing-masing kesebelasan. Mereka adalah penentu hasil akhir duel ini.

1. Kiper: Muhammad Riyandi - Hilman Syah

Antarlini Barito Putera Vs PSM, Para Penentu Misi Menang di DenpasarKiper Barito Putera, Muhammad Riyandi - Kiper PSM Makassar, Hilman Syah (Instagram.com/psbaritoputeraofficial - Instagram.com/psm_makassar)

Muhammad Riyandi : 4 kali main, 4 kebobolan

Setelah kembali dari Timnas, kiper 22 tahun ini kembali mendapat kepercayaan dari Rahmad Darmawan. Meski Barito Putera imbang 1-1 kala jumpa Persikabo di pekan terakhir, Riyandi bisa lakukan sejumlah penyelamatan krusial. Lantaran kebijakan rotasi Shin Tae-yong, pemilik nomor punggung 1 ini bisa mengasah kemampuan di laga kontra PSM. Total ia sudah melakukan 18 saves atau, 4,5 per laga.

Hilman Syah : 15 kali main, 16 kebobolan

Meski imbang 0-0 kontra Persik pekan lalu, Hilman catatkan cleansheet keempat sekaligus perkecil rasio kebobolan jadi 0,9 per laga. Empat kali ia mematahkan peluang emas milik Macan Putih, sekaligus menambah jumlah penyelamatannya jadi 48 (3,2 per laga). Apakah performa moncer kembali ditunjukkan pekan ini?

2. Belakang: Kim Jin-sung - Hasyim Kipuw

Antarlini Barito Putera Vs PSM, Para Penentu Misi Menang di DenpasarBek Barito Putera, Kim Jin-sung - Bek PSM Makassar, Hasyim Kipuw (Instagram.com/psbaritoputeraofficial - Instagram.com/psm_makassar)

Kim Jin-sung : 3 kali main

Didatangkan dari Madura United pada jendela transfer tengah musim, Kim Jin-sung langsung mendapat tempat di barisan belakang Barito. Sejauh ini, stopper asal Korea Selatan tersebut masih berusaha nyetel dengan tim. Tapi, pemain 24 tahun itu sudah bukukan 90 operan sukses dalam tiga laga yang ia mainkan. Dengan postur 1,83 meter, Kim cukup unggul dalam situasi duel udara.

Hasyim Kipuw : 19 kali main

Salah satu dari segelintir pemain yang jarang tergeser dari tim utama. Di usia 34 tahun, Hasyim semakin kokoh sebagai bek tengah. Ia menambah determinasi di sektor belakang. Total Hasyim sudah melepas 746 operan sukses (39,26 per laga), 33 tekel, 72 intersep dan 24 clearances. Tapi dalam laga ini, ia harus waspada dengan eksplosifnya para pemain sayap Barito.

3. Tengah: Bayu Pradana - Muhammad Arfan

Antarlini Barito Putera Vs PSM, Para Penentu Misi Menang di DenpasarGelandang Barito Putera, Bayu Pradana - Gelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan (Instagram.com/psbaritoputeraofficial - Instagram.com/psm_makassar)

Bayu Pradana : 17 kali main, 1 asis

Makin tua, makin jadi. Kendati pelatih kepala bergonta-ganti, Bayu Pradana masih awet di lapangan tengah Barito. Bertindak sebagai dirigen permainan, jebolan Diklat Salatiga tersebut punya umpan-umpan panjang akurat yang kerap mengejutkan bek-bek lawan. Sejauh ini, Bayu sudah membuat 626 umpan sukses atau 36,82 per laga. Ia pun cukup kokoh saat bertahan. Gelandang nomor 13 itu telah melakukan 20 tekel, 39 intersep plus 7 clearances.

Muhammad Arfan : 19 kali main, 2 gol

Perlahan tapi pasti, Muhammad Arfan mulai menahbiskan diri sebagai gelandang jangkar. Berkat jam terbang yang ia dapat sejak tahun 2020, Appang kian nyaman dengan peran tersebut. Penampilannya cukup konsisten, bahkan kerap lebih ngotot ketimbang rekan-rekan setim. Total 585 operan sukses (30,79 per laga) sejauh ini membuat Appang jadi pemain "paling rajin" kedua di PSM setelah Hasyim Kipuw. Selain itu, ia telah bukukan 23 tekel, 46 intersep, ditambah 3 clearances.

Baca Juga: Lawan Barito Putera, Pemain PSM Diminta Tak Buang Peluang 

4. Depan: Ambrizal Umanailo - Anco Jansen

Antarlini Barito Putera Vs PSM, Para Penentu Misi Menang di DenpasarPenyerang Barito Putera, Ambrizal Umanailo - Penyerang PSM Makassar, Anco Jansen (Instagram.com/psbaritoputeraofficial - Instagram.com/psm_makassar)

Ambrizal Umanailo : 15 kali main, 2 asis

Meski fokus lebih banyak ditujukan pada Aleksandar Rakic, peran Ambrizal Umanailo tak kalah pentingnya di sektor depan Laskar Amtasari. Winger 25 tahun itu dibekali kecepatan dan kemampuan olah bola. Kombinasi dua hal tersebut membuat jebolan akademi Villa 2000 tersebut amat berbahaya. Sejauh ini ia sudah membuat 140 operan sukses (9,33 per laga), 4 tembakan dan sepasang asis.

Anco Jansen : 18 kali main, 5 gol, 1 asis

Juru taktik PSM Makassar, Joop Gall, masih mencari cara agar sektor depan bisa lebih menggigit. Ia mengakui bahwa para pemain masih sering membuang peluang. Dalam laga kontra Barito Putera, bisa jadi sebuah eksperimen dilakukan, termasuk menempatkan Anco di posisi baru. Anco saat ini sudah mencetak 5 gol dan 1 asis, tapi catatan tersebut masih belum cukup. Tapi, ia sangat aktif saat menyerang. Eks pemain NAC Breda tersebut telah melepas 397 successful passes (22,06 per laga) dan melepas 17 tembakan tepat sasaran.

Siapa yang bisa mengantar timnya naik beberapa tingkat di tangga klasemen? Saksikan duel Barito Putera versus PSM pada Jumat malam ini (28/1/2022) pukul 21.00 WITA.

Baca Juga: 5 Duel Terakhir Barito Putera Vs PSM, Siapa Unggul?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya