Comscore Tracker

AFC Cup: PSM Vs Home United, Jibaku Para "Raksasa" Terluka

Sama-sama dalam kondisi kurang ideal

Selasa 30 Maret 2019, Stadion Pakansari Cibinong, 16:00 WITA (Live MNC TV dan Fox Sports 2)

Makassar, IDN Times - Partai matchday kelima Grup H AFC Cup ini punya makna krusial bagi kedua tim. PSM mengejar poin penuh demi amankan satu tiket ke semifinal Zona ASEAN. Adapun Home United berusaha mencuri poin lantaran bertandang dengan tujuan serupa. Posisi keduanya di papan klasemen pun berdempetan. PSM duduk di puncak dengan koleksi poin 8, sedang sang tamu sudah mengantongi 7 angka.

Namun, hasil terakhir di kompetisi domestik agak memberatkan langkah keduanya. PSM baru saja menelan kekalahan 4-2 dari Bhayangkara FC pada leg pertama perempat final Piala Indonesia, Sabtu (27/4). Di hari yang sama, Home United dicukur empat gol tanpa balas oleh Albiirex Niigata, dalam lanjutan Singapore Premier League. Tak salah jika menyebut partai ini sebagai duel para gergasi terluka.

Baca Juga: PSM Keok, Kalezic: Kami Tak Bermain dengan Baik

1. Wiljan Pluim cs diminta fokus oleh sang pelatih demi merebut tiket ke babak gugur

AFC Cup: PSM Vs Home United, Jibaku Para Raksasa TerlukaInstagram.com/psm_makassar

Pelatih PSM, Darije Kalezic, meminta pasukannya segera bangkit. "Singkat saja, kami memimpin di klasemen grup. Kami ingin status itu tak berubah setelah pertandingan ini. Finis sebagai juara grup adalah sebuah langkah yang besar. Besok adalah kesempatan kami untuk melakukannya," ujar pelatih berpaspor Swiss tersebut dalam sesi jumpa pers pra pertandingan pada hari Senin (29/4).

Sayangnya, skuat Juku Eja sedikit terkendala. Tidak ada nama Eero Markkanen lantaran kena sanksi akumulasi kartu kuning. Alhasil kedalaman lini depan kian tergerus, mengingat Ferdinand Sinaga pun belum pulih dari cedera. Rotasi sudah pasti dilakukan coach Darije lantaran pada Jumat (3/5) ini, mereka kembali ke Makassar untuk menjamu BFC.

Belum lagi menyoal masalah keroposnya lini belakang yang belum usai. Munhar dan Aaron Evans masih menjadi sorotan atas performa inkonsiten. Situasi terasa kian sulit sebab bek tengah Abdul Rahman juga jalani skorsing satu laga akibat kartu merah.

Baca Juga: Piala Indonesia: PSM Gagal Petik Kemenangan di Kandang Bhayangkara FC

2. Terseok di kompetisi domestik, Home United berusaha bangkit

AFC Cup: PSM Vs Home United, Jibaku Para Raksasa TerlukaFacebook.com/HomeUnitedFC

Kondisi sang tamu juga pincang. Selain terseok di papan tengah klasemen sementara liga, mereka baru saja ditinggal oleh sang pelatih. Saswadimata Dasuki resmi mundur dari skuat The Protectors pada Jumat (19/4/2019) dua pekan lalu. Noh Rahman, asisten pelatih sekaligus caretaker, harus menanggung beban berat kendati hanya bekerja untuk sementara waktu.

"AFC Cup sangat berbeda dengan Liga Primer Singapura, tapi keduanya sama-sama penting. Laga ini akan menjadi kesempatan para pemain untuk membuktikan diri. PSM adalah tantangan sulit, tapi kami ingin segera bangkit," tandas Noh dalam kesempatan yang sama, seperti dikutip dari the-afc.com. Hasil positif di Bogor, berarti asa ke babak gugur masih terjaga.

Sejumlah pemain yang baru pulih dari cedera turut diboyong ke Bogor, seperti penjaga gawang utama Rudy Khairullah dan winger lincah Song Ui-yong. Sektor kiper jadi titik rawan selama Rudy menepi. Ada 19 gol yang bersarang dalam 11 laga terakhir.

3. Dua kali bersua The Protectors, Juku Eja belum terkalahkan

AFC Cup: PSM Vs Home United, Jibaku Para Raksasa Terlukathe-afc.com

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-2-3-1) :

Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Aaron Evans, Munhar, Taufik Hidayat; M. Arfan, Marc Klok; Zulham Zamrun, Wiljan Pluim, Bayu Gatra; Guy Junior

Home United (4-4-2) :

Rudy Khairullah; Faritz Abdul Hameed, Faizal Roslan, Juma'at Jantan, Ho Wai Loon; Hami Syahin, Izzdin Shafiq, Hariz Nor, Adam Swandi; Isaka Cernak, Song Ui-yong

Catatan dua pertemuan terakhir :

27/2/2019 Home United 1-1 PSM (AFC Cup)

19/1/2018 PSM 4-0 Home United (Makassar Super Cup Asia)

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya