Preview Persebaya Vs PSM: Tarung Sengit di Tanah Pahlawan

Sanggupkah Juku Eja wujudkan ambisi raih 3 poin?

Sabtu 10 November 2018, Stadion Gelora Bung Tomo - Surabaya, 18:30 WIB (Live Indosiar)

Lawatan PSM ke markas Surabaya dijamin takkan berjalan mudah. Selain lini tengah timpang, Juku Eja harus dihadapkan dengan fakta jika Persebaya sedang moncer-moncernya di rumah sendiri. Madura United dilibas empat gol tanpa balas (Pekan 27), sedang Persija tumbang dengan skor 3-0 sepekan silam.

Tak hanya reputasi angker GBT, Green Force juga tetap berbahaya kendati tanpa sebagian besar pemain utama akibat cedera. Tengoklah Osvaldo Haay yang membuktikan kapasitas sebagai pengganti sepadan David da Silva. Bisa jadi ini akan menjadi kerikil bagi perjalanan sang tamu menuju tangga juara.

1. Kendati punya catatan mentereng di GBT, skuat Persebaya tetap diminta waspada

Preview Persebaya Vs PSM: Tarung Sengit di Tanah PahlawanPersebaya.id/Satrio Wicaksono

Persebaya sendiri menghadapi partai ini dengan motivasi ganda. Pertama, poin maksimal dibidik sebagai syarat lepas dari ancaman kembali terjungkal ke zona degradasi. Kedua, peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November cuatkan kembali memori Surabaya sebagai tanah perjuangan.

Kendati demikian, Djadjang Nurdjaman selaku pelatih kepala enggan langsung merasa besar kepala dengan catatan mentereng. Pria 53 tahun tersebut tetap menyebut semuanya tetap harus dicapai melalui kerja keras.

"Kami tidak merasa sebagai giant killer. Namun, yang pasti kami punya kepercayaan diri bisa bertanding melawan tim-tim kuat. Semua itu tetap diperjuangkan dengan kerja keras. Tetap waspada, selalu menganggap tim lawan itu berbahaya," tegasnya dalam sesi jumpa pers pada Jumat (9/11) kemarin seperti dilansir Persebaya.id.

2. PSM melawat ke Surabaya dengan ambisi pertahankan puncak klasemen

Preview Persebaya Vs PSM: Tarung Sengit di Tanah PahlawanPSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Sementara itu, Robert Rene Alberts dari kubu lawan mengaku takkan gentar. Perlawanan sengit sudah dijanjikan, kans juara pantang lepas lagi dari genggaman Pasukan Ramang. Lebih jauh, juru taktik berpaspor Belanda tersebut sudah mewanti-wanti Zulkifli Syukur cs agar menjaga disiplin selama 90 menit.

"Kami datang dan bertekad untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen. Kami harus fokus pada permainan dan disiplin. Mereka (pemain yang menjadi starter) sudah tahu tugas seperti apa yang harus dilakukan," tandas meneer Robert dalam kesempatan terpisah seperti dikutip dari laman PSMMakassar.co.id.

Untuk perkara krisis di lapangan tengah, M. Arfan berpotensi bakal lengkapi duet Wiljan Pluim - Rasyid Bakri. Gelandang 20 tersebut memang jadi opsi tunggal meski masih ada nama Agi Pratama atau Ardan Aras sebagai 'rencana cadangan'.

3. Pada pertemuan pertama, kemenangan Pasukan Ramang harus diraih dengan susah payah

Preview Persebaya Vs PSM: Tarung Sengit di Tanah PahlawanLiga-Indonesia.id

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Persebaya (4-3-3)

Miswar Saputra; Fandry Imbiri, Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Fandi Eko Utomo, Misbakhus Solikin, Rendi Irwan; Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Fernando Pahabol

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal; Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, Wiljan Pluim; Muhammad Rachmat, Guy Junior, Ferdinand Sinaga

Catatan pertemuan terakhir :

09/06/2018 PSM 1-0 Persebaya (Liga 1)

 

 

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya