Comscore Tracker

PSM vs Persipura di Piala Presiden 2019, Laga Reuni Luciano Leandro

Pertandingan kedua keduanya di Piala Presiden 2019

Makassar, IDN Times - Pertandingan kedua Grup C Piala Presiden 2019 mempertemukan PSM Makassar dengan Persipura Jayapura, di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu (10/3) besok. Laga ini jadi ajang reuni bagi Luciano Leandro, pelatih anyar tim Mutiara Hitam.

Luciano kembali bertualang di Indonesia setelah hengkang di tahun 2016. Saat itu dia dipecat setelah PSM terpuruk di kompetisi Indonesia Soccer Championship. Kariernya sebagai pelatih tim Juku Eja tak sampai setahun, meski sebelumnya berstatus legenda saat berstatus pemain di klub yang sama.

Pelatih berusia 53 tahun tak ingin banyak komentar jelang pertemuan dengan mantan klubnya. Dia pun cukup paham bahwa PSM akan datang dengan fokus terpecah, karena juga akan menghadapi Lao Toyota FC di Piala AFC, tiga hari berselang.

''PSM merupakan klub yang kuat, seperti kita semua tahu. Namun saya tidak usah pikirkan siapa saja pemain mereka yang turun. Seluruh pemain PSM bagus, yang terpenting saat ini persiapan kami dan pemain harus mau usaha dan siap melawan mereka,'' kata Luciano melalui situs resmi PSSI, Sabtu (9/3).

1. Luci optimistis timnya menang

PSM vs Persipura di Piala Presiden 2019, Laga Reuni Luciano Leandropssi.org

Luciano Leandro mulai melatih Persipura sejak Februari 2019 lalu. Hal yang tidak jauh berbeda dengan Darije Kalezic, pelatih yang bergabung di PSM pada awal Januari. Kedua pelatih beberapa kali mengakui belum mengetahui secara keseluruhan potensi tim yang mereka miliki.

Persipura jelas menargetkan kemenangan di pertandingan kedua. Tambahan tiga poin akan memastikan mereka lolos dari kualifikasi grup, setelah menang 3-1 atas PSIS di pertandingan perdana. Pemanggilan Yustinus Pae ke tim nasional dinilai tidak akan terlalu berdampak terhadap kekuatan tim.

''Skuat yang ada kami minta mereka semua untuk berusaha memenangkan pertandingan melawan PSM. Biar nanti Tuhan yang menentukan siapa yang menang. Tentu kami tetap optimistis dalam setiap pertandingan karena mereka sudah menjalani latihan intensif sejak sebulan lalu,'' ucap Luciano.

Baca Juga: Prioritas di AFC Cup, PSM Punya Agenda Lain di Piala Presiden 2019

2. PSM terancam tersingkir

PSM vs Persipura di Piala Presiden 2019, Laga Reuni Luciano LeandroTwitter/@AFCCup

PSM menatap pertandingan melawan Persipura dengan rekor negatif. Mereka kalah 0-1 dari Kalteng Putra di laga perdana dan kini menempati peringkat ketiga di Grup C. Jika kalah lagi, mereka sudah pasti akan tersingkir dari turnamen.

Pelatih Darije Kalezic, sebelumnya telah mengungkapkan bahwa Piala Presiden bukan prioritas. Mereka ingin lebih fokus mewakili Indonesia di kompetisi level Asia. PSM dijadwalkan menjamu Toyota Lao FC di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3) mendatang.

3. Penyelesaian akhir jadi masalah PSM

PSM vs Persipura di Piala Presiden 2019, Laga Reuni Luciano LeandroIDN Times / Istimewa

Saat kalah dari Kalteng Putra, PSM Makassar bukannya bermain buruk. Mereka banyak menghasilkan peluang, namun gagal mencetak gol. Sementara lawannya mampu memanfaatkan satu-satunya peluang emas sehingga mampu menang tipis 0-1.

Kalezic menyatakan penyelesaian lini depan jadi salah satu masalah timnya. Saat itu dia memang tidak memainkan ujung tombak andalan, Eero Markkanen. Pelatih asal Bosnia itu berharap timnya bisa tampil lebih baik di pertandingan berikutnya. "Saya inginkan pemain tetap fokus untuk pertandingan selanjutnya melawan Persipura,” ujarnya.

Penyerang lokal, Ferdinand Alfred Sinaga, kemungkinan kembali jadi tumpuan di lini depan. Dia menyatakan akan mengikuti setiap arahan pelatih di lapangan.

"Tak ada intruksi khusus dari pelatih. Kita berusaha untuk jadi lebih baik dari pertandingan kemarin demi meraih kemenangan,” kata Ferdinand.

Baca Juga: Skuat Unggulan PSM Takluk di Tangan Kalteng Putra

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You