PSM Tunggu Kesiapan Pluim untuk Final Piala Indonesia

Gelandang asal Belanda sudah mulai ikut dalam latihan tim

Makassar, IDN Times - PSM Makassar tengah menanti kesiapan gelandang Wiljan Pluim pada pertandingan final kedua Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Minggu (28/7). Pemain Belanda itu tengah dibekap cedera dan tidak bisa membela tim Ayam Jantan dari Timur pada partai final pertama di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, pekan lalu.

Pada latihan resmi Sabtu petang (27/7), Pluim sudah terlihat berbaur dengan skuat PSM. Dia juga nampak menjajal sejumlah program latihan. Meski begitu, pelatih Darije Kalezic belum bisa memastikan dia turun sebagai starter pada pertandingan final melawan Persija Jakarta.

"Hari ini tes terakhir bagi Pluim. Jika kondisinya positif, berarti semua pemain dalam keadaan fit. Sejauh ini mental seluruh pemain sangat bagus," kata Kalezic pada konferensi pers jelang laga di Makassar, Sabtu (27/7).

Baca Juga: Jelang Final Leg Kedua, Kaca Bus Persija Dilempari hingga Pecah

1. Belasan ribu pendukung jadi pemompa semangat tim

PSM Tunggu Kesiapan Pluim untuk Final Piala IndonesiaIDN Times/Aan Pranata

Persija dalam kondisi lebih diuntungkan jelang final kedua di Makassar. Sebab mereka bermodal kemenangan 1-0 pada final pertama. Namun kondisi itu tidak menyurutkan semangat Kalezic. Dia menyebut PSM sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi pertandingan.

Kalezic mengatakan, para pemain sudah mengevaluasi penampilan mereka di pertandingan final pertama. Dia tidak sabar menanti partai puncak yang digelar di kandang sendiri.

"Kita cukup baik di pertandingan kandang sejauh ini. Dan ditambah bantuan ekstrem dari fans, kita akan memiliki kepercayaan diri tersendiri," kata dia.

2. PSM hindari kemasukan gol

PSM Tunggu Kesiapan Pluim untuk Final Piala IndonesiaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

PSM Makassar bisa membawa pulang piala jika berhasil menang dengan selisih lebih dari satu gol. Hal itu tidak mudah, mengingat mereka tidak akan diperkuat gelandang jangkar Marc Klok.

Kalezic mengungkapkan, para pemain yang tersedia siap memberikan performa seratus persen di atas lapangan. Dia menekankan kepada tim agar tidak kemasukan gol.

"Kita harus waspada agar tidak kemasukan lagi. Tapi saya katakan, persiapan beberapa hari terakhir ini cukup bagus," ujar Kalezic.

Baca Juga: Laga Final PSM vs Persija Dijaga 2.500 Aparat Keamanan

3. Pemain perbanyak istirahat jelang partai final

PSM Tunggu Kesiapan Pluim untuk Final Piala Indonesiainstagram.com/rizkypellu19

Gelandang PSM Rizky Pellu berjanji akan mengerahkan kemampuan terbaik pada partai final. Dia mengaku motivasinya berlipat ganda saat bermain di depan pendukung tim sendiri.

Sehari jelang pertandingan, Pellu mengaku tidak banyak persiapan khusus. Dia hanya fokus menjaga kondisi kebugaran tubuh.

"Sebagai pemain kita mesti menjaga kondisi. Menjaga makan, dan istirahat juga. Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang baik," kata Pellu.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya