PSM Rekrut Aaron Evans dan Striker Timnas Finlandia 

Mananajemen klub sebelumnya memperkenalkan enam pemain lokal

Makassar, IDN Times - Manajemen PSM Makassar memperkenalkan dua pemain asing rekrutan anyar, jelang musim kompetisi 2019. Mereka adalah eks bek Barito Putera Aaron Evans dan striker asal Finlandia Eero Makkanen.

Kedua pemain ini melengkapi kuota asing PSM Makassar di Liga 1. Mereka menyusul duo Belanda Marc Klok dan Willjan Pluim, yang telah lebih dulu diperpanjang kontraknya.

“Mereka sudah datang ke Makassar sejak tadi malam, dan sudah melakukan tes kesehatan. Durasi kontrak satu tahun,” kata CEO Klub PSM Makassar Munafri Arifuddin, pada konferensi pers di Makassar, Senin (14/1/2019).

1. Markkanen diharap jadi solusi lini depan

PSM Rekrut Aaron Evans dan Striker Timnas Finlandia IDN Times / Aan Pranata

Munafri menyatakan perekrutan dua pemain asing berdasarkan kebutuhan tim, serta merupakan rekomendasi tim pelatih. Khusus Markkanen, pemain tim nasional Finlandia itu diharapkan jadi solusi masalah lini depan PSM.

Selama beberapa musim terakhir, tim Ayam Jantan dari Timur memang sulit mendapatkan striker tajam. Alhasil, sejumlah pemain yang didatangkan dari luar negeri rata-rata hanya mampu bertahan selama setengah musim. Striker lokal Ferdinand Sinaga jadi pemain PSM tersubur di Liga 1 musim 2018 dengan sepuluh gol, namun jauh tertinggal dari top skor PS Tira Aleksandar Rakic dengan 21 gol.

“Saya cukup berada di sini. Tidak sabar bekerja dan bertemu dengan para pemain. Saya harap bisa membantu tim mencetak gol-gol yang dibutuhkan,” kata Markkanen. “Saya berusaha mencetak sebanyak yang saya bisa,” dia menambahkan.

Baca Juga: RESMI! Persib Bandung 'Bajak' Tiga Bintang PSMS Medan

2. Aaron Evans gantikan peran Steven Paulle

PSM Rekrut Aaron Evans dan Striker Timnas Finlandia IDN Times / Aan Pranata

Akhir musim lalu, manajemen PSM Makassar melepas bek Prancis Steven Paulle. Meski tampil apik dua tahun terakhir, Paulle harus dikorbankan agar klub bisa mendatangkan pemain berpaspor non Asia pada posisi penyerang. Sesuai regulasi, klub Liga 1 diperkenankan memiliki empat pemain asing dengan komposisi tiga non Asia dan satu Asia.

Selepas peninggalan Paulle, PSM bergerak cepat mencari pengganti. Dari sejumlah nama yang tersiar, akhirnya pilihan jatuh pada Aaron Evans. Pemain berpaspor Australia itu merapat ke Makassar, meski sempat diisukan bergabung dengan Persib Bandung.

Evans optimistis menyambut tahun ketiganya bermain bersama klub Indonesia. Dia siap memberikan kemampuan terbaiknya untuk mengawal lini pertahanan PSM, setidaknya hingga akhir musim nanti.

“Sangat senang berada di sini. Semua berjalan dengan baik. Saya berharap bisa berkontribusi untuk menghasilkan apa yang tim layak dapatkan,” kata Evans.

3. PSM sudah datangkan delapan pemain musim ini

PSM Rekrut Aaron Evans dan Striker Timnas Finlandia IDN Times / Aan Pranata

Bergabungnya dua legiun asing melengkapi daftar rekrutan baru PSM di awal tahun. Sebelumnya, Minggu (13/1/2019), manajemen klub memperkenalkan enam pemain lokal yang baru diikat kontrak.

Empat pemain lokal didatangkan dari Madura United, yakni Bayu Gatra, Benny Wahyudi, Munhar, dan Herry Prasetyo. Dua lainnya mantan pemain Bali United, yakni Yandi Sofyan dan Taufik Hidayat.

“Ini belum final. Masih ada pemain lagi yang akan datang. Juga ada slot yang kami sisakan, jika pelatih baru nanti minta didatangkan pemain baru,” kata Munafri.

Baca Juga: Robert Alberts Tinggalkan PSM Makassar

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya