Comscore Tracker

Piala AFC: PSM Pesta Gol di Gawang Lao Toyota FC

Tim Juku Eja menempati peringkat dua klasemen Grup H

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengamankan tiga poin pada pertandingan kedua Grup H Piala AFC, dengan mengalahkan Lao Toyota FC 7-3 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/3).

Playmaker Wiljan Pluim dan striker Eero Markkanen masing-masing mencetak dua gol. Sedangkan tiga gol lain dicetak Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, dan Marc Klok. Tim tamu membalas melalui dua gol Kazuo Homma, dan tambahan dari Rafael.

Kemenangan membawa PSM untuk sementara menempati peringkat dua klasemen grup H, dengan empat poin. Tim Filipina Kaya FC-Iloilo menempati peringkat teratas dengan poin yang sama, namun jumlah selisih gol lebih banyak. Sebab di pertandingan lain, mereka menang 5-0 atas Home United.

1. Eero gagal manfaatkan peluang di babak pertama

Piala AFC: PSM Pesta Gol di Gawang Lao Toyota FCthe-afc.com

PSM membuka keunggulan melalui gol kapten Wiljan Pluim di menit ke-12. Menerima umpan pendek Bayu Gatra di dalam kotak penalti, pria Belanda itu melepaskan bola menyentuh jaring gawang.

Skor 1-0 hanya bertahan dua menit, sebelum Lao Toyota mencetak gol penyeimbang lewat kaki Kazuo. Dia memanfaatkan kesalahan bek PSM mengontrol bola, lalu mengelabui kiper Rivky Mokodompit.

Di menit ke-21, Zulham Zamrun kembali membawa PSM unggul. Kerja satu-duanya dengan Markkanen berakhir dengan tendangan keras yang tak terbendung. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Sebelum jeda, Markkanen berpeluang mencetak tambahan gol lewat dua kesempatan emas. Namun sundulannya di menit ke-37 tepat mengenai mistar gawang, sedangkan tendangannya dua menit kemudian hanya membentur tiang. Eksekusi penalti Marc Klok di menit ke-45 juga berhasil diblok kiper Lao Toyota Outthilath Nammakhoth.

Baca Juga: Tampil Full Team, PSM Makassar Justru Kalah dari Kalteng Putra

2. PSM manfaatkan lebar lapangan

Piala AFC: PSM Pesta Gol di Gawang Lao Toyota FCthe-afc.com

Kembali dari ruang ganti, PSM semakin beringas. Tim asuhan pelatih Darije Kalezic berhasil mencetak lima gol tambahan hingga peluit akhir, yang dibalas dua gol lawan.

Pluim mencetak gol kedua sekaligus membawa PSM unggul 3-1 di menit ke-58. Sepakannya diawali umpan silang dari Zulham di sayap kiri. Dua menit berikutnya, giliran sundulan Markkanen yang berubah gol, usai menerima umpan silang Taufik Hidayat dari sisi yang sama.

Markkanen menebus kesalahannya di babak pertama, dengan mencetak gol kedua di menit ke-69. Dia lolos dari jebakan offside saat meneruskan umpan terobosan Bayu Gatra ke dalam gawang. Namun pada menit ke-77, tim tamu memperkecil jarak menjadi 5-2 lewat gol jarak jauh Rafael.

Hujan gol tak berhenti meski Markkanen ditarik keluar. Sang pengganti, Ferdinand Sinaga, mencetak gol di menit ke-80. The Dragon berhasil melewati adangan dua pemain bertahan lawan. Dan di menit ke-85, giliran tendangan first time gelandang Marc Klok yang berbuah gol pelengkap.

Asyik menyerang, PSM kerepotan menghadapi serangan balik Layo Toyota. Kazuo berhasil mencetak gol penghibur bagi timnya jelang laga bubar. Pertandingan pun berakhir dengan skor 7-3.

3. Tuan rumah lebih unggul menurut statistik

Piala AFC: PSM Pesta Gol di Gawang Lao Toyota FCTwitter/PSM_Makassar

Sepuluh gol tercipta dalam pertandingan PSM melawan Lao Toyota. Namun merujuk statistik, gol seharusnya bisa lebih banyak. Sebab masing-masing tim punya sejumlah peluang yang gagal dimanfaatkan dengan baik.

PSM, misalnya, mencatatkan 32 tembakan sepanjang laga. Dua belas di antaranya mengarah ke gawang, dan tujuh jadi gol. Sebaliknya, Lao Toyota 14 kali melepaskan tembakan, dan enam tepat mengarah ke gawang.

Statistik menunjukkan pertandingan lebih banyak dikuasai PSM, dengan penguasaan bola 59,3% berbanding 40,7%.

Pada pertandingan ketiga kualifikasi grup, PSM akan kembali bertindak sebagai tuan rumah, menghadapi Kaya FC-Iloilo, pada 2 April mendatang.

Berikut daftar susunan pemain kedua tim:

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi, Taufik Hidayat, Marc Klok, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim, Bayu Gatra, Zulham Zamrun, Eero Markkanen

Lao Toyota FC: Outthilath Nammakhoth; Sayfa Aphideth, Saison Khounsamnan, Thipphachanh Inthavong, Ketsada Souksavanh, Somsavath Sophabmixay, Rafael, Soma Otani, Victor Amaro, Manolom Phetphakdy, Kazuo Amaro

Baca Juga: Gagal di Piala Presiden 2019, PSM akan Full Power Saat Jamu Lao Toyota

Topic:

  • Dwi Agustiar

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 03:45:04

Progress: 765.195 dari 813.350 TPS (94.07942%)

Just For You