Marc Klok Ikut Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Pemain asal Belanda masih dalam proses naturalisasi

Makassar, IDN Times - Dua gelandang PSM Makassar, yakni Rizky Pellu dan Marc Klok masuk daftar 26 pemain yang bakal mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia. Mereka akan bergabung dengan tim asuhan Pelatih Timnas Simon McMenemy di Cikarang, Jawa Barat, mulai 30 Mei mendatang.

Pemusatan latihan kali ini sebagai persiapan untuk dua pertandingan uji coba pada FIFA Match Day. Skuad Garuda akan melawan tuan rumah Yordania pada 11 Juni, serta menjamu Vanuatu empat hari berselang.

“Ada pemain yang baru bergabung di 1 Juni. Proses latihan kami mulai dari 31 Mei. Kami berencana berangkat ke Yordania pada 6 Juni mendatang,” kata Simon melalui situs resmi PSSI, Rabu (22/5).

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

1. Klok hanya ikut latihan bersama

Marc Klok Ikut Pemusatan Latihan Timnas IndonesiaDok.IDN Times/Istimewa

Berbeda dengan Rizky Pellu, Marc Klok tidak akan bermain untuk Timnas Indonesia pada dua pertandingan mendatang. Sebab pemain asal Belanda masih dalam proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

Simon menyebut, Klok dipanggil khusus untuk mengikuti latihan bersama. Dia dipersiapkan untuk skuat Timnas pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023, September mendatang.

“Khusus Marc Klok, kami tim pelatih ingin melihat secara langsung dia berlatih bersama dengan Timnas Indonesia," kata Simon.

Baca Juga: Marc Klok dan Titik Cerah Kariernya yang Justru Terjadi di Indonesia

2. “Mimpiku jadi kenyataan,” kata Klok

Marc Klok Ikut Pemusatan Latihan Timnas IndonesiaInstagram / marcklok

Pemanggilan ke Timnas turut diungkapkan Marc Klok melalui akun pribadinya di Instagram. Dia mengunggah sebuah foto mengenakan kaus merah Timnas Indonesia berlambang Garuda. Pada keterangan foto, pemain berusia 26 tahun menyampaikan rasa syukur dan bahagia.

“Hari ini, mimpiku menjadi kenyataan. Dan saya tidak bisa ungkapkan dengan kata kata betapa bangganya, bersyukur dan bahagianya saya,” tulisnya melalui akun @marcklok.

Lewat unggahan itu, Klok sekaligus menekankan dia sedang menyelesaikan proses naturalisasi sebagai WNI. Dia menyatakan Indonesia sebagai rumahnya, sekaligus mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak selama ini.

“Kapan dan jika nanti selesai, saya akan diberikan sebuah kehormatan untuk bisa membela Pasukan Garuda. Saya ingin sampaikan bahwa saya akan memberikan segalanya untuk negara ini. Saya saya harap bisa membayar kepercayaan itu dengan performaku.”

3. Pelatih PSM dukung dua gelandangnya ke Timnas

Marc Klok Ikut Pemusatan Latihan Timnas IndonesiaDok. PSM Makassar

PSM Makassar membenarkan kabar pemanggilan dua pemainnya ke Tim Nasional. Perihal itu juga sudah diterima PSM melalui surat resmi PSSI kepada manajemen klub.

Di PSM, Marc Klok dan Rizky Pellu merupakan pemain penting. Setidaknya dalam tiga tahun terakhir, mereka hampir tidak tergantikan sebagai gelandang dalam tim utama.

“Saya senang dengan pemanggilan Klok dan Pellu. Mereka layak dipanggil karena performanya musim ini,” kata Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic.

4. Daftar pemain Timnas diisi pemain populer

Marc Klok Ikut Pemusatan Latihan Timnas IndonesiaDok. PSSI

Dari daftar pemain yang dipanggil Simon McMenemy, ada beberapa pemain yang kembali dipanggil Timnas Indonesia seperti Irfan Bachdim (Bali United), Ricardo Salampessy (Persipura), Ramdani Lestaluhu (Persija), dan Achmad Jufriyanto (Persib).

Selain itu, nama-nama beken langganan Timnas Indonesia juga masih ada seperti Andritany (Persija), Hansamu Yama (Persebaya), Rizky Pora (Barito Putera), Evan Dimas (Barito Putera), Andik Vermansah (Madura United), Stefano Lilipaly (Bali United), dan lain-lain.

Tim Persija Jakarta menyumbang pemain paling banyak di TC kali ini sebanyak empat pemain yakni Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, dan Ramdani Lestaluhu. Lalu diikuti Persebaya dan Madura United yang masing-masing menyumbang tiga pemain.

Daftar 25 Pemain Timnas Indonesia di TC Cikarang

Kiper
Andritany Ardhiyasa, Teja Paku Alam, Awan Setho,

Belakang
Ricardo Salampessy, Novri Setiawan, Ruben Sanadi, Yustinus Pae, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Yanto Basna, Achmad Jufriyanto, Rizky Pora

Tengah
EvanDimas,Zulfiandi, ArthurBonai, RizkyPellu, FebriHariyadi, RamdaniLestaluhu, AndikVermansah, Riko Simanjuntak, StefanoLilipaly, IrfanJay

Depan
Dedik Setiawan, Alberto Goncalves, Irfan Bachdim


Pemain tambahan (ikut latihan bersama)
MarcKlok

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya