Dipersingkat, Pemusatan Latihan PSM di Yogyakarta Hanya Tiga Hari

Bersiap menghadapi Perseru di Piala Indonesia

Makassar, IDN Times - Skuat PSM Makassar menyudahi program pemusatan latihan di Yogyakarta lebih cepat dari rencana awal. Tim asuhan Darije Kalezic harus kembali ke Makassar, Senin (11/2) untuk mempersiapkan diri jelang pertandingan Babak 16 Besar Piala Indonesia melawan Perseru Serui.

PSM memulai pemusatan latihan di lapangan Yogyakarta International School (YIS), kabupaten Sleman, Yogyakarta, sejak 8 Februari lalu. Tim Juku Eja sedianya berlatih di sana hingga menjelang pertandingan perdana di Piala AFC, 27 Februari mendatang. Namun kenyataannya program hanya berlangsung tiga hari.

“Sore ini balik ke Makassar. Tim besok libur dan lusa mulai latihan untuk persiapan 16 besar Piala Indonesia melawan Serui,” kata Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim.

1. PSM bertindak sebagai tuan rumah di leg pertama

Dipersingkat, Pemusatan Latihan PSM di Yogyakarta Hanya Tiga Haripssi.org

Hasil pengundian Piala Indonesia mempertemukan PSM Makassar dengan Perseru Serui di Babak 16 Besar. Pertandingan leg pertama akan digelar di kandang PSM, Stadion Andi Mattalatta Makassar, 16 Februari. Sedangkan Perseru jadi tuan rumah di Stadion Marora, Serui, pada 20 Februari.

PSM lolos ke Babak 16 Besar setelah melewati adangan Kalteng Putra di fase sebelumnya. Piala Indonesia kemungkinan dilanjutkan dengan Babak 8 Besar setelah agenda Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden, 17 April nanti.

“Kita mau menghabiskan babak 16 besar ini di bulan Februari, setelah itu di bulan Juni akan kembali kita gelar pertandingan babak 8 besar, yang mekanismenya diundi lagi,” kata Marsal Masita, Deputi Sekjen PSSI di laman resminya.

2. Rumor Perserui bubar tidak mempengaruhi persiapan PSM

Dipersingkat, Pemusatan Latihan PSM di Yogyakarta Hanya Tiga HariIDN Times / Istimewa

Jelang pertemuan di Piala Indonesia, beredar rumor tentang Perserui yang bubar dan mundur dari Liga 1 musim 2019. Dikabarkan, klub asal Papua itu mengalami kesulitan dalam urusan finansial. Jika benar, ada kemungkinan Perseru tidak akan bermain melawan PSM pada jadwal terdekat.

Asisten pelatih PSM Makassar Herman Kadiaman menyatakan tak memikirkan rumor tentang calon lawan. Pihaknya tetap berfokus mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan sesuai jadwal. Buktinya, tim dipulangkan lebih cepat dari pemusatan latihan.

“Kita tetap fokus dengan persiapan tim. Sesuai agenda, kita pulang ke Makassar untuk mempersiapkan diri,” ucap Herman.

Baca Juga: PSM Makassar Singkirkan Kalteng Putra di Kompetisi Piala Indonesia

3. PSM layak lebih diunggulkan

Dipersingkat, Pemusatan Latihan PSM di Yogyakarta Hanya Tiga HariLiga-Indonesia.id

Pertandingan PSM Makassar melawan Perseru Serui di Piala Indonesia melanjutkan rivalitas kedua tim sesama peserta Liga 1. Namun berdasarkan lima pertemuan terakhir, PSM layak lebih diunggulkan.

Sejak September 2016, Wiljan Pluim dan kawan-kawan tercatat tiga kali menang atas Perseru. Dua pertandingan lain berakhir imbang, termasuk pada pertemuan terakhir dengan skor 2-2 di Makassar, Agustus 2018. Dengan kata lain, Perseru tidak pernah menang atas PSM dalam lima pertandingan terakhir.

Baca Juga: Sambut Piala AFC, PSM Makassar Gelar Pemusatan Latihan di Yogyakarta

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You