Comscore Tracker

Bidik PON 2020, FPTI Sulsel Gandeng Pelatih Timnas Panjat Tebing 

Sulsel tuan rumah Pra PON Panjat Tebing

Makassar, IDN Times - Federasi Panjat Tebing (FPTI) Sulawesi Selatan menggelar pelatihan pelatih panjat tebing di Makassar, pada 7-9 Januari 2019. Kegiatan diikuti pelatih panjat tebing dari sejumlah kabupaten/kota se-Sulsel.

Pelatihan ini jadi ancang-ancang FPTI Sulsel menghadapi agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan digelar di Papua. Selama ini Sulsel jadi salah satu daerah yang berprestasi di cabang olahraga panjat tebing.

1. Diharapkan mendongkrak prestasi atlet

Bidik PON 2020, FPTI Sulsel Gandeng Pelatih Timnas Panjat Tebing IDN Times / Istimewa

Ketua Umum FPTI Sulsel Imam Subekti mengatakan, pelatihan pelatih menjadi salah satu upaya pengembangan sumber daya manusia panjat tebing. Rutinnya kegiatan semacam ini diharap mampu membawa tim panjat tebing asal Sulsel bersaing dengan daerah lain.

“Ini upaya meningkatkan kapasitas pelatih panjat tebing Sulsel, agar ke depan mampu melahirkan dan mendorong lahirnya atlet-atlet berprestasi yang bisa membawa nama Sulsel di tingkat nasional maupun internasional,” kata Imam di Makassar, Rabu (9/1/2019).

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perempuan Juga Boleh Olahraga Panjat Tebing

2. Terinspirasi prestasi Timnas Indonesia di Asian Games

Bidik PON 2020, FPTI Sulsel Gandeng Pelatih Timnas Panjat Tebing IDN Times / Istimewa

FPTI Sulsel menyatakan serius dalam pengembangan SDM panjat tebing. Buktinya, mereka menggandeng Hendra Basir, pelatih tim nasional panjat tebing Indonesia. Hendra terlibat dalam pelatihan pelatih yang secara berkala berbagi pengalaman dan ilmunya kepada para pegiat panjat tebing di Sulsel.

Hendra Basir merupakan pelatih Timnas yang mengantarkan atlet Indonesia menjuarai Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2018 di Cina. Dia juga berperan besar dalam prestasi Indonesia yang meraih tiga medali emas, satu perak dan dua perunggu di Asian Games 2018.

“Setelah ini peningkatan SDM atlet dan pelatih melalui Pelatda harus segera dimulai. Tentu bukan hal mudah, dan butuh dukungan penuh dari berbagai pihak,” ujar Imam.

3. Sulsel persiapkan Pra PON

Bidik PON 2020, FPTI Sulsel Gandeng Pelatih Timnas Panjat Tebing IDN Times / Istimewa

Imam mengatakan, Sulsel masih harus menempuh jalan panjang menuju PON 2020. Sebab sebelumnya, kontingen harus lebih dulu menghadapi Pra PON sebagai babak kualifikasi. Kebetulan, Sulsel ditunjuk menjadi tuan rumah Zona 3 (Sulawesi, Kalimantan, dan Papua), pada penyelenggaraan September 2019.

FPTI Sulsel sejak jauh hari menyatakan tekad meraih prestasi maksimal, baik ajang Pra Pon maupun PON. “Maka, semua upaya akan kita maksimalkan juga. Khususnya mengenai pembangunan venue panjat tebing sesuai standar,” Imam menambahkan.

Baca Juga: Menegangkan, Ini 6 Lokasi Panjat Tebing Paling Seru di Jawa Timur

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You