Comscore Tracker

Berlaga di Piala AFC, Pemain PSM Makassar Lewatkan Pemilu

Mereka tidak sempat mencoblos di KBRI Manila, Filipina

Makassar, IDN Times - PSM Makassar tengah bersiap menghadapi pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2019. Mereka dijadwalkan bertamu ke markas Kaya FC Iloilo di Stadion Pana-ad Park and Football Stadium, Filipina, Rabu (17/4) mendatang.

Dari 18 pemain yang diboyong dari Makassar, 15 di antaranya merupakan pemain berkebangsaan Indonesia. Sayangnya, mereka dipastikan tidak dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum tahun 2019. Selain waktu pertandingan bertepatan dengan pemungutan suara di dalam negeri, pemain juga tidak sempat ikut mencoblos di Filipina.

Media Officer PSM Makassar Sulaiman Karim mengungkapkan, para pemain, pelatih, dan jajaran staf klub tiba di Manila, Filipina, pada Minggu (14/4). Di saat yang sama digelar pemungutan suara bagi WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Filipina. Namun pemain tidak sempat menyalurkan hak pilih, karena harus mengejar jadwal penerbangan ke markas Kaya FC di Bacolod City.

“Tidak jadi (mencoblos), waktunya mepet. Karena tim setelah tiba di Manila langsung menuju Bacolod City,” kata Sulaiman melalui pesan tertulis, Senin (15/4).

Baca Juga: Bawaslu Makassar Kesulitan Turunkan Alat Peraga Kampanye

1. Manajemen klub sudah persiapkan administrasi pendukung

Berlaga di Piala AFC, Pemain PSM Makassar Lewatkan PemiluDok. PSM Makassar

Sulaiman menyatakan, sebelum bertolak dari Makassar, manajemen klub PSM telah mempersiapkan administrasi bagi pemain agar bisa ikut Pemilu. Dalam hal ini klub berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan.

Pemain dan jajaran staf klub sejatinya dapat ikut serta pada pemilihan di KBRI Manila, berbekal surat pindah memilih atau formulir A5 dari KPU. Namun formulir itu urung digunakan karena tidak ada waktu luang.

“Segala hal dan sesuatunya sudah diurus. Hanya ya itu, persoalan waktu yang mepet,” ujar Sulaiman.

2. PSM minus tiga pemain kunci

Berlaga di Piala AFC, Pemain PSM Makassar Lewatkan PemiluLiga-Indonesia.id

Menantang Kaya FC, PSM harus rela tak diperkuat tiga pemain penting di tim. Dua di antaranya, yakni Aaron Evans dan Zulham Zamrun menjalani hukuman larangan bertanding karena akumulasi kartu kuning. Sedangkan Ferdinand Sinaga dilaporkan menderita cedera pada bagian paha.

Pelatih Darije Kalezic memboyong Munhar untuk mengisi posisi Evans sebagai bek tengah. Sedangkan Zulham kemungkinan akan digantikan pemain sayap Bayu Gatra.

“Kami mengerti apa yang harus dilakukan dalam kondisi seperti ini,” kata Kalezic di Makassar, Sabtu (13/4) pekan lalu.

3. Pertandingan bakal menentukan siapa pemimpin grup

Berlaga di Piala AFC, Pemain PSM Makassar Lewatkan Pemiluthe-afc.com

Pertandingan antara PSM melawan Kaya akan menjadi perjumpaan kedua mereka di babak kualifikasi Grup H Piala AFC 2019. Sebelumnya, dua pekan lalu, mereka main imbang 1-1 saat PSM bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Pakansari, Bogor.

Saat ini PSM dan Kaya sama-sama mengantongi lima poin dari tiga kali bermain. Pemenang pada pertandingan Rabu mendatang akan menentukan siapa yang memimpin klasemen grup.

Di pertandingan lain, Home United asal Singapura yang menempati peringkat tiga klasemen dengan empat poin, akan bermain melawan Lao Toyota asal Laos. Lao menjadi juru kunci dengan satu poin.

4. Ini daftar pemain PSM yang berangkat ke markas Kaya FC Iloilo

Berlaga di Piala AFC, Pemain PSM Makassar Lewatkan Pemiluthe-afc.com

Selain tiga pemain yang absen, daftar skuat PSM di Piala AFC hampir tanpa perubahan berarti. Ujung tombak lini serang tetap dipercayakan kepada Eero Markkanen, yang sejauh ini telah mencetak empat gol di level Asia.

Duo gelandang Belanda, Marc Klok dan Wiljan Pluim tetap jadi motor di lini tengah. Winger Tim Nasional M Rahmat juga kemungkinan bakal bermain sejak menit awal.

Berikut daftar pemain PSM untuk pertandingan melawan Kaya FC:

Kiper
Rivky Mokodompit
Hilman Syah

Bek
Abdul Rahman
Munhar
Taufik Hidayat
Benny Wahyudi
Reva Adi Utama
Hasim Kipuw

Gelandang
Arfan
Rasyid Bakri
Wiljan Pluim
Marc Klok
Asnawi Mangkualam
Rizki Pellu

Penyerang
Bayu Gatra
Eero Markkanen
Guy Junior
M Rahmat

Baca Juga: Pemilu di Hong Kong Ricuh, Ini Klarifikasi Bawaslu

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You