Fakta Menarik MotoGP 2021: Mulai dari Pembalap hingga Sirkuit

MotoGP 2021 akan segera dimulai!

Jakarta, IDN Times - MotoGP musim 2021 hanya tinggal menghitung hari saja. Baru-baru ini, tes MotoGP sesi pertama sudah terlaksana di Sirkuit Losail, Qatar, tepatnya pada 5 dan 6 Maret 2021.

Tes dilanjutkan pada 10 dan 12 Maret 2021 nanti. Uji coba MotoGP 2021 sesi kedua kembali digelar di Sirkuit Losail. Setelahnya, pada 28 Maret 2021, persaingan para pembalap motor kelas premium mulai dipanaskan di sirkuit tersebut.

Menyambut gelaran MotoGP 2021 yang sudah semakin dekat, mari kita menilik serba-serbi balapan edisi ke-73 ini.

Baca Juga: 2 Calon Juara MotoGP 2021 Versi Marc Marquez, Siapa Saja?

1. Diikuti 11 tim dan enam pabrikan

Fakta Menarik MotoGP 2021: Mulai dari Pembalap hingga SirkuitSuzuki Ecstar di MotoGP 2021. motogp.com

Tidak jauh beda dengan yang lalu, MotoGP musim 2021 ini akan diikuti oleh 11 tim. Seluruh tim peserta terbagi lagi menjadi enam pabrikan utama, yaitu Yamaha, Suzuki, KTM, Honda, Ducati, dan Aprilia.

Yamaha memiliki dua tim, yaitu Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha sebagai satelit. Pun dengan Honda, yang membawahi Repsol Honda dan LCR Honda. KTM juga sama, mereka membawahi dua tim, yakni Red Bull KTM dan Tech3 KTM.

Lain hal dengan Honda, Yamaha, dan KTM, Suzuki dan Aprilia hanya membawahi satu tim saja. Suzuki membawahi tim Suzuki Ecstar, sedangkan Aprilia membawahi Aprilia Racing Team Gresini. Ducati sedikit unik, karena mereka membawahi tiga tim, yaitu Ducati Lenovo Team, Pramac Racing, dan Esponsorama Racing.

2. Diikuti oleh 22 pembalap

Fakta Menarik MotoGP 2021: Mulai dari Pembalap hingga SirkuitTim Lenovo di MotoGP 2021. motogp.com

MotoGP 2021 diramaikan oleh persaingan dari 22 pembalap. Jadi, setiap tim akan diisi oleh sepasang pembalap, bisa jadi berasal dari satu negara yang sama atau tidak. Beberapa tim yang diisi oleh pembalap dari negara yang sama adalah Suzuki Ecstar, Petronas Yamaha, Repsol Honda, dan Esponsorama Racing.

Suzuki Ecstar diperkuat duet Spanyol, Joan Mir dan Alex Rins. Sedangkan, Esponsorama Racing serta Petronas kental aroma Italia. Kedua tim itu masing-masing diperkuat Enea Bastianini dan Luca Marini (Esponsorama), serta Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (Petronas). Repsol Honda juga diisi duo Spanyol, Pol Espargaro dan Marc Marquez.

Sejatinya, tidak banyak perubahan yang terjadi di susunan pembalap untuk musim 2021. Hanya saja, beberapa pembalap ada yang memutuskan berlabuh bersama tim baru, seperti Pol yang menyeberang dari KTM ke Repsol, hingga Rossi yang hijrah dari Monster Energy ke Petronas.

Ada juga beberapa nama yang dipromosikan dari Moto2, dan yang diprediksi bakal menarik perhatian, seperti duet Bastianini dan Marini. Meski keduanya merupakan pesaing di ajang Moto2, nyatanya mereka disatukan dalam satu tim di MotoGP 2021 ini.

3. Total 19 sirkuit siap gelar MotoGP 2021

Fakta Menarik MotoGP 2021: Mulai dari Pembalap hingga Sirkuitmotogp.com

Menurut jadwal yang sudah dirilis oleh Dorna, ada 19 sirkuit yang menjadi arena adu cepat para pembalap MotoGP di musim 2021. Balapan akan dimulai dari Qatar dan Doha pada 28 Maret serta 4 April 2021. Setelahnya, perhelatan MotoGP akan berlanjut ke Portugal di Algarve, 18 April 2021.

Mulai Mei sampai September, gelaran MotoGP akan berfokus di Eropa, mulai dari Spanyol, Le Mans, Mugello, Catalunya, Jerman, Assen, Finlandia, Austria, Inggris, Aragon, dan San Marino. Baru setelahnya, MotoGP bergeser ke Asia.

Dimulai dari Motegi, MotoGP akan berlanjut ke Buriram, Australia, dan Malaysia. Setelahnya, gelaran MotoGP 2021 akan ditutup di Valencia.

Ada beberapa sirkuit yang mengalami penundaan di MotoGP 2021 ini, yakni Amerika Serikat dan Argentina. Sementara itu, MotoGP Mandalika, Indonesia, masih masuk ke dalam daftar cadangan.

4. Hal-hal menarik yang patut ditunggu di MotoGP 2021

Fakta Menarik MotoGP 2021: Mulai dari Pembalap hingga SirkuitLuca Marini bersama Valentino Rossi. Twitter @Luca_Marini_97

Beberapa hal menarik juga patut ditunggu di MotoGP 2021. Untuk pertama kalinya sejak awal 2000-an silam, Rossi kembali membalap untuk tim satelit, yakni Petronas. Kekisruhan pun sempat melanda selepas tes hari kedua MotoGP 2021. Rossi mencak-mencak soal kondisi motornya yang buruk.

Tidak cuma itu, persaingan kakak-adik di MotoGP 2021 yang biasanya melibatkan Pol dan Aleix Espargaro, kini melibatkan juga Alex dan Marc Marquez, serta Luca Marini versus Valentino Rossi. Menarik juga menunggu performa Joan Mir, juara MotoGP 2020. Apakah dia mampu mengulangi capaian apik musim lalu?

Baca Juga: Beda Nasib Quartararo dan Rossi di Tes MotoGP 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya