Comscore Tracker

PSM Belum Bergerak di Bursa Transfer, Suporter Menduga Karena Ini

Padahal, sektor belakang masih butuh pelapis yang mumpuni

Makassar, IDN Times - Meski berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara, PSM Makassar sejauh ini masih adem ayem di bursa transfer Liga 1 Indonesia. Hingga artikel ini ditulis, Juku Eja memang belum mengumumkan perekrutan pemain baru.

Sejauh ini, sudah ada selusin pemain yang dipanggil untuk jalani trial. Tapi rupanya belum ada yang sesuai dengan kriteria sang pelatih kepala, Bernardo Tavares. Yang terbaru, ada lima pemain kembali dicoba yakni Raka Okta Ernanda, Hadi Ardiansyah, Dhanu Syahputra, Dedi Irwandi dan Muhammad Ilham.

1. Red Gank sebut kondisi tim saat ini jadi alasan utama

PSM Belum Bergerak di Bursa Transfer, Suporter Menduga Karena IniSekretaris Jenderal kelompok suporter PSM Makassar, Red Gank. (Instagram.com/sadatredgank)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Red Gank, kelompok suporter PSM Makassar, Sadakati Sukma, menduga bahwa ini tak lepas dari kondisi skuat sekarang. Sempat diragukan, pemain-pemain muda dan yang pernah berlaga di Liga 2 ternyata jadi pemain penting dalam keberhasilan menyabet status juara paruh musim.

"Saya kira mungkin karena PSM selama ini selama putaran pertama menganggap skuat yang ada sudah mampu menjawab keinginan pelatih dan manajemen," tuturnya saat dihubungi IDN Times pada Rabu siang (18/1/2023).

2. Padahal, pembelian pemain baru diperlukan agar tetap bersaing di papan atas

PSM Belum Bergerak di Bursa Transfer, Suporter Menduga Karena IniPesepak bola Barito Putera Ferdiyansyah (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Safrudin Tahar (kiri) dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (10/1/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.

Namun, ia juga mengatakan kalau hal tersebut bukan alasan untuk berleha-leha. Harus ada penyegaran dan tenaga baru yang didatangkan mengingat persaingan di putaran kedua akan lebih sulit.

"Menurut saya ada beberapa lini yang perlu diperhatikan juga dalam menghadapi putaran kedua. Karena kita tahu tim-tim juga melakukan pembelian pemain baru untuk bersaing papan atas klasemen dan menuju juara," sambung sosok yang biasa disapa Sadat tersebut.

Baca Juga: Kembali Berlatih, Yuran Fernandes Turun Lawan Bali United?

3. Sektor belakang jadi yang paling disoroti sepanjang putaran pertama

PSM Belum Bergerak di Bursa Transfer, Suporter Menduga Karena IniWinger Persebaya Sho Yamamoto (kiri) dan bek PSM Yuran Fernandes (kanan) sedang berebut bola dalam pertandingan pekan kesembilan BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Sabtu 10 September 2022. (Dok. Persebaya.id)

Selama ini, sektor belakang jadi salah satu kelemahan terbesar, terutama saat Yuran Fernandes harus absen. Mereka belum punya sosok pelapis yang bertugas sebagai breaker, penyalur bola dan sama tenangnya dengan bek tengah asal Cape Verde tersebut.

Contohnya dalam kemenangan 4-0 atas PSS Sleman pada Sabtu lalu (14/1/2023), lini tengah harus bahu membahu dengan para pemain belakang untuk menahan gelombang serangan lawan. Beberapa kali bek PSM terlihat gelagapan saat menghalau upaya crossing dan memotong operan.

Baca Juga: Tanpa Pluim, PSM Makassar Menang Telak 4-0 atas PSS Sleman

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya